Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik Saat Berwisata ke Kampung Adat Baduy

Dari kearifan lokal sampai survival skills

Banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan pelajaran dan hikmah yang bisa kamu petik, di antaranya adalah kampung adat yang banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kampung adat Baduy adalah salah satunya.

Jika kamu beniat untuk berwisata ke tempat ini, kamu harus betul-betul mempersiapkan fisik kamu dengan rajin berolahraga dari jauh-jauh hari agar tubuh kamu tidak kaget ketika menghadapi medan yang begitu menantang.

Sebagai kampung adat yang letaknya jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, banyak sekali pelajaran yang akan kamu dapatkan setelah kembali dari kegiatan wisatamu mengunjungi kampung adat Baduy.

Penasaran dengan apa saja pelajaran dan hikmah yang bisa kamu ambil dari kampung adat Baduy? Simak 5 ulasannya di bawah ini!

1. Menghargai kearifan lokal

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik Saat Berwisata ke Kampung Adat Baduydiscoveryourindonesia.com

Sebagai kampung adat, banyak sekali kearifan lokal yang ada di kampung adat Baduy yang sangat dilestarikan. Salah satunya adalah rumah bambu dan leuit atau tempat penyimpanan padi pasca panen.

Leuit sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan berupa padi bagi masyarakat Baduy. Untuk membangun rumah bambu di atas tanah yang tidak rata, masyarakat setempat tidak akan meratakan tanah tersebut, tapi kayu-kayunya dan material lainnya yang akan dipotong sesuai dengan kontur tanah.

2. Melatih ketahanan fisik

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik Saat Berwisata ke Kampung Adat Baduymoondoggiesmusic.com

Tak bisa dipungkiri, akses untuk menuju kampung adat Baduy begitu menguras tenaga dan kesabaran. Ketahanan fisik kamu akan diuji di sini. Jalan-jalan yang curam dan menanjak akan memberikan sensasi tersendiri pada lutut kamu saat menapakinya.

Terlebih jika kamu mengunjungi kampung adat Baduy saat musim hujan, kamu harus betul-betul mempersiapkan alas kaki yang aman dan nyaman agar tidak mudah terpeleset.

Baca Juga: Berencana ke Kampung Baduy? Begini Tipsnya Agar Aman & Nyaman!

3. Sejenak melepaskan diri dari teknologi

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik Saat Berwisata ke Kampung Adat Baduymoondoggiesmusic.com

Ada beberapa peraturan yang diberlakukan oleh warga setempat kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke kampung adat Baduy, salah satunya kamu tidak diperbolehkan membawa barang-barang digital termasuk kamera yang biasanya kamu gunakan untuk mengambil gambar.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menitipkan barang-barangmu di wilayah Baduy luar. Daripada kena sanksi, lebih baik patuhi aturan yang ditetapkan, ya!

4. Meningkatkan keterampilan bertahan hidup

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik Saat Berwisata ke Kampung Adat Baduymoondoggiesmusic.com

Kampung adat Baduy sangat berbeda dengan lingkungan sehari-hari di perkotaan, tidak ada toilet yang bentuknya seperti toilet yang sering kita lihat pada umumnya. Jangan bermimpi untuk menemukan minimarket atau supermarket yang siap memanjakanmu selama berwisata ke kampung adat Baduy. Minimarket hanya ada di terminal Ciboleger sebagai pemberhentian akhir bagi kendaraan yang kamu tumpangi.

Kalau kamu ingin berurusan dengan toilet, jangan kaget karena kamu akan disarankan pergi ke sungai yang tidak disediakan penutup atau pergi ke pancuran yang terbuat dari bambu tanpa atap, hanya ditutup oleh kain sebagai pintunya. Kondisi seperti ini pastinya akan memaksa kamu untuk memiliki keterampilan bertahan hidup.

5. Mensyukuri keindahan ciptaan-Nya

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik Saat Berwisata ke Kampung Adat Baduysharingdisini.com

Saat kamu melakukan perjalanan ke kampung adat Baduy, kamu akan melihat banyak sekali bukit hijau di samping kiri dan kanan. Selain itu, kamu juga akan menemukan sungai-sungai yang menjadi tempat bagi masyarakat Baduy untuk membersihkan diri dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Hal-hal ini tentunya jarang kamu temukan di wilayah perkotaan, karena lahan-lahannya sudah digunakan untuk pembangunan berbagai gedung dan infrastruktur. Kamu akan merasa bersyukur dapat menikmati keindahan ciptaan-Nya saat mengunjungi kampung adat baduy.

Nah, itu dia 5 pelajaran yang akan bisa kamu petik saat berwisata ke kampung adat Baduy. Jika kamu merasa bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja, kamu harus memasukkan kampung adat Baduy ke dalam bucket list kamu sebab pengalaman yang amat berharga siap menantimu!

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Indonesia Paling Populer di Media Sosial, Keren Banget

Siti Nurjanah Photo Verified Writer Siti Nurjanah

a flexible girl who loves vegetarians ig: nunuy1602

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You