Comscore Tracker

5 Festival yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Berlibur ke Hawaii

Penuh tradisi budaya Hawaii yang unik

Hawaii merupakan salah satu destinasi wisata yang populer akan keindahan alamnya. Mulai dari pantai yang indah hingga wisata pegunungan, Hawaii memiliki pemandangan memukau dan memanjakan mata. 

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Hawaii yang juga disebut sebagai "Negara Aloha" memiliki berbagai festival yang digelar setiap tahunnya. Berikut 5 festival menarik yang tak boleh kamu lewatkan ketika berlibur ke Hawaii.

1. Festival Honolulu 

5 Festival yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Berlibur ke Hawaiihonolulufestival.com

Honolulu merupakan ibu kota dari Hawaii dan kota terbesar di tengah Samudra Pasifik. Setiap bulan Maret di kota ini digelar festival yang dinamakan Honolulu Festival. Festival ini berlangsung selama tiga hari dan biasanya sekitar tanggal 6 sampai 8 Maret setiap tahunnya. 

Festival ini diadakan untuk merayakan hubungan antara Hawaii dengan wilayah yang berada di sekitar Pasifik. Dengan mengikuti festival ini, kamu akan mendapatkan pengalaman budaya yang kaya akan karya kerajinan, pertunjukan tari dan seni asli Hawaii. Puncak dari acara ini adalah pawai besar yang dimulai dari jalan Saratoga hingga Kalakaua.  

2. Festival Aloha

5 Festival yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Berlibur ke Hawaiialohafestivals.com

Festival Aloha merupakan festival terbesar di Hawaii. Festival ini diadakan untuk menumbuhkan rasa semangat melalui pengabadian budaya Hawaii, perayaan berbagai adat dan tradisi di Hawaii.

Festival ini memiliki dua acara utama. Pertama disebut Hoʻolauleʻa, merupakan sebuah pesta besar yang berisi budaya, pesta santai menyenangkan yang dipadukan dengan pertunjukan musik khas Hawaii, tarian Hula, dan makanan lokal. Acara kedua adalah pawai yang berisi prosesi penuh warna. Mulai dari penari dengan rok panjang, penunggang kuda, marching band, hingga kendaraan yang dihias dengan bunga Hawaii.

Festival ini digelar dari 31 Agustus hingga 28 September setiap tahunnya. 

Baca Juga: 5 Tur Helikopter Terbaik di Oahu, Menikmati Hawaii dari Langit

3. Festival Merrie Monarch

5 Festival yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Berlibur ke Hawaiihawaiimagazine.com

Festival Merrie Monarch adalah festival yang diadakan untuk menghormati warisan Raja David Kalākaua, yang menginspirasi pelestarian tradisi, bahasa asli, dan seni orang Hawaii. Festival yang diadakan selama seminggu ini akan menampilkan kompetisi tarian Hula, pertunjukkan seni, dan parade akbar di kota Hilo.

Festival Merrie Monarch dimulai pada saat minggu Paskah dan dibuka dengan pesta besar yang diisi dengan tarian Hula sepanjang hari.

4. Festival Made in Hawaii

5 Festival yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Berlibur ke Hawaiithisweekhawaii.com

Festival yang satu ini adalah festival yang menampilkan berbagai macam produk buatan Hawaii. Pada festival ini, kamu akan disuguhi produk mulai dari kerajinan tangan, makanan, perhiasan, aneka barang fashion, bumbu masakan, hingga demonstrasi memasak. Semua barang yang ada di festival ini memiliki label yang khas yaitu "Made in Hawaii".

Festival ini diadakan pada 16 sampai 18 Agustus di gedung Neal S. Blaisdell Center, Honolulu.

5. Festival Ukulele

5 Festival yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Berlibur ke Hawaiihawaiimagazine.com

Festival Ukulele merupakan festival yang memiliki tujuan untuk membawa tawa, cinta dan harapan kepada anak - anak dan orang dewasa melalui musik ukulele. Acara tahunan ini diadakan setiap 19 Juli di Kapiolani Park Bandstand, Waikiki. Festival ini termasuk festival populer dan menjadi festival Ukulele terbesar di dunia.

Setiap tahun, festival ini dihadiri oleh ribuan orang, artis dari seluruh dunia, kelompok orkestra ukulele yang diisi oleh 800 anak - anak.

Itulah 5 festival di Hawaii yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, kamu tertarik mengunjungi festival yang mana? Jangan lupa catat tanggalnya ya.

Baca Juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, 5 Festival Unik Ini Hanya Ada di Jepang

yesica verawaty sitinjak Photo Verified Writer yesica verawaty sitinjak

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya