Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Kehilangan Barang saat Traveling

Jaga baik-baik barang bawaanmu dengan bersikap waspada

Ketika traveling dan bepergian ke tempat yang jauh ada kalanya terjadi sesuatu yang di luar dugaan, salah satunya ialah kehilangan barang. Entah itu hilangnya karena dicuri atau karena kecerobohan diri sendiri yang kurang hati-hati. 

Tapi apa pun itu alasannya, ada baiknya untuk dirimu sendirilah yang menjaga barang bawaan selama traveling. Dan bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips seperti dalam pembahasan di bawah ini. Apa sajakah itu? 

1. Gunakanlah pakaian yang kantongnya aman untuk menyimpan sesuatu

5 Tips Menghindari Kehilangan Barang saat Travelingilustrasi uang di saku baju (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau kamu bepergian jauh dan traveling ke suatu tempat, pastikan untuk memakai pakaian yang saku atau kantongnya aman untuk digunakan menyimpan sesuatu. Pastikan sakunya tidak bolong, atau terlalu terbuka hingga gampang menjatuhkan isi dari yang di dalamnya. 

Karena ketika traveling terkadang kita perlu menyimpan suatu hal penting di kantong pakaian yang dipakai, entah itu baju ataupun celana. Biasanya untuk menyimpan uang ongkos, tiket, atau bahkan secarik kertas berisikan alamat tujuan. 

2. Selipkan uang atau barang berhargamu di sela-sela barang bawaan lain di tas atau koper

5 Tips Menghindari Kehilangan Barang saat Travelingilustrasi mengemas koper (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kalau kamu membawa banyak barang bawaan ketika traveling, maka tips supaya tetap aman ialah dengan menyelipkan barang berharga di sela-sela baju di tas atau koper. Entah itu berupa uang, paspor, dokumen penting, hingga kunci rumah sekalipun

Hal ini merupakan cara untuk menghindari adanya kehilangan selama di perjalanan. Kalau kamu menaruh barang berharga sembarangan di saku atau tempat yang gampang diambil, bisa jadi jatuh atau diambil orang. Kalau kamu menyimpannya di sela pakaian, pencurian jadi terhindar karena dia harus membongkar isi tasmu dulu untuk bisa mencurinya. 

Baca Juga: 5 Tips Traveling Sendirian, biar Bisa Benar-Benar Refreshing

3. Saling menjaga keamanan satu sama lain kalau traveling bareng teman

5 Tips Menghindari Kehilangan Barang saat Travelingilustrasi bepergian (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tipsnya yang ketiga untuk menjaga barang bawaanmu dari pencurian ataupun kehilangan ialah dengan saling menjaga satu sama lain dengan teman. Ini adalah cara paling aman dan direkomendasikan kalau kamu perginya bareng teman dan orang terdekat. 

Jadi kalian bisa saling mewaspadai gelagat aneh orang lain ataupun menghindari adanya pencurian karena ada teman yang membantu menjaga barang. Selain itu juga kalaupun kamu tipe orang yang suka lupa atau ceroboh, ada teman yang jadi pengingat. 

4. Jangan asal membiarkan orang membantu membawakanmu barang bawaan

5 Tips Menghindari Kehilangan Barang saat Travelingilustrasi bandara (pexels.com/Adrian Agawin)

Biasanya ketika berada di stasiun ataupun bandara ada orang yang suka menawarkan jasa membawakan barang, nah kamu gak boleh sembarangan membiarkan orang membawa barangmu, ya. Kalau mereka bekerja secara resmi dengan pihak bandara atau stasiun tidak apa-apa, tapi kalau ilegal jangan percaya. 

Meskipun banyak membawa barang dan jadi sedikit repot karenanya, lebih baik bawa barangmu sendiri demi menghindari pencurian ataupun barang yang dibawa lari orang. Karena ada banyak modus kejahatan seperti ini di tempat umum yang ramai orang-orang bepergian. 

5. Hindari tidur nyenyak selama di perjalanan, terutama kalau naik transportasi umum

5 Tips Menghindari Kehilangan Barang saat Travelingilustrasi tidur (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu konsekuensi dari traveling ialah kelelahan, dan jangan sampai hal ini membuatmu jadi ceroboh seperti tertidur pulas di perjalanan. Terutama kalau kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, atau bahkan pesawat kelas ekonomi. 

Karena kalau kamu sampai tertidur pulas, tingkat kewaspadaanmu pada sekitar akan hilang dan gak bakalan sadar kalau barang-barangmu jatuh atau diambil orang. Jadi tak peduli secapek-capeknya dirimu di perjalanan usahakan tetap tersadar dan tidurlah kalau sudah sampai hotel atau penginapan. 

Kehilangan barang merupakan kejadian yang sering terjadi ketika bepergian. Jadi terapkanlah lima tips tadi supaya barang bawaanmu aman dari tindak pencurian atau hilangnya barang akibat kecerobohan sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips Jaga Diri saat Pergi Traveling Sendirian, Tetap Hati-hati!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya