Comscore Tracker

Mau Melakukan Olahraga Air di Laut? 4 Pertanyaan Dasar Ini Wajib Dijawab!

Keselamatan itu penting!

Destinasi wisata pantai dan laut masih menjadi favorit bagi orang-orang untuk berkegiatan, misalnya olahraga laut seperti berenang, selancar, dan snorkeling. Terkadang banyak orang yang kurang peduli pada keselamatannya sehingga setiap tahun ada saja jatuh korban.

Untuk meminimalisasi risiko keselamatan selama berolahraga di laut, kamu mesti punya lisensi berselancar, menyelam, atau snorkeling. Tapi, itu saja belum cukup. Kamu juga perlu menjawab empat pertanyaan dasar di bawah ini agar keselamatanmu lebih terjamin ketika di laut.

1. Apakah kamu tahu kapan gelombang diperkirakan akan berubah dan kedalaman relatif dari pasang rendah dan tinggi?

Mau Melakukan Olahraga Air di Laut? 4 Pertanyaan Dasar Ini Wajib Dijawab!Surferrule.com

Beberapa pulau yang cocok dijadikan lokasi olahraga laut terkadang punya banyak perubahan laut pasang. Ada yang hanya sekali sehari, ada pula yang lebih sekali. Untuk itu kamu perlu mengetahui informasi perubahan gelombang dan kedalaman relatif dari pasang rendah dan tinggi laut tersebut. Kamu bisa memperoleh informasi itu dengan membaca panduan wisata, bertanya pada petugas berwenang, maupun penduduk sekitar.

2. Sudahkah kamu memeriksa tanda-tanda dilarang berenang di sekitar pantai tersebut?

Mau Melakukan Olahraga Air di Laut? 4 Pertanyaan Dasar Ini Wajib Dijawab!Wikimedia.org

Negara-negara maju banyak menerapkan tanda dilarang berenang pada pantai-pantai mereka. Jika kamu menemukan tanda tersebut, artinya kamu harus mencari lokasi lain untuk berenang. Jangan pernah ambil risiko dan melakukan tindakan yang sembrono, karena nyawamu taruhannya.

3. Sudahkah kamu menerima informasi yang dapat dipercaya bahwa area tersebut tidak terdapat arus yang kuat, khususnya arus yang menggulung?

Mau Melakukan Olahraga Air di Laut? 4 Pertanyaan Dasar Ini Wajib Dijawab!Beaches.com

Ini penting bagi yang ingin berenang dan menyelam. Arus yang tampak tenang di permukaan kadang berbeda dengan arus yang ada di bawah laut. Bahkan sekadar bermain air di tepi pantai juga bisa berbahaya. Beberapa pantai mempunyai rip current atau arus kuat yang bisa menarikmu ke tengah laut. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menanyakan pada pemandu tur maupun penjaga pantai.

4. Apakah kamu memiliki peralatan yang sesuai? Misalnya kaki katak yang digunakan sebagai barang penting ketika snorkeling?

Mau Melakukan Olahraga Air di Laut? 4 Pertanyaan Dasar Ini Wajib Dijawab!Marriott.com

Penggunaan kaki katak bagi kegiatan snorkeling cukup penting. Kaki katak memudahkanmu untuk lebih gesit dalam berenang. Kemungkinan datangnya bahaya bisa kamu antisipasi dengan cepat, seperti perubahan cuaca atau adanya hewan berbahaya.

Nah, jika keempat pertanyaan itu sudah bisa kamu jawab, kamu sudah bisa menikmati kegiatanmu berolahraga air dengan cukup aman. Selamat berlibur!

Agung Setya Photo Verified Writer Agung Setya

Reader and Writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya