TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begini Aturan dan Tips Liburan ke Gunung Bromo, Kamu Sudah Tahu?

Siapa yang sudah kangen sama Gunung Bromo?

instagram.com/tnbromotenggersemeru

Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang secara bertahap mulai dibuka, salah satunya Gunung Bromo. Pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kabarnya mulai bersiap membuka kembali kawasan wisata konservasi tersebut.

Kawasan wisata Gunung Bromo rencananya akan dibuka pada Agustus 2020. Namun, pengelola masih menunggu rekomendasi dari empat kepala daerah penyangga, yakni Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan.

Jika sudah dibuka nanti, pengelola tetap akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Apa saja aturan dan tips-tipsnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker

instagram.com/explorer.idn

Seperti tempat wisata lainnya, kawasan Gunung Bromo juga akan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku. Pengunjung diwajibkan menjaga jarak minimal 1,5 meter, mencuci tangan dengan sabun, dan wajib mengenakan masker dengan baik dan benar.

2. Kuota 20 persen

instagram.com/tnbromotenggersemeru

Pengelola juga akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan Gunung Bromo. Wisatawan yang diizinkan hanya sebanyak 20 persen dari total daya tampung per hari.

TNBTS juga memberlakukan pembatasan jumlah wisatawan yang akan menikmati panorama matahari terbit di penanjakan Bromo, yakni 100 pengunjung per hari.

Baca Juga: 10 Spot Foto Paling Estetik di Gunung Bromo yang Gak Boleh Terlewatkan

3. Wajib reservasi online

instagram.com/tnbromotenggersemeru

Wisatawan yang akan pergi ke TNBTS juga wajib melakukan reservasi secara online terlebih dahulu. Menurut Kepala TNBTS John Kenedie, pemesanan tiket hanya akan dilayani via online. Keputusan tersebut sudah dalam tahap finalisasi dan disepakati oleh empat kepala daerah penyangga.

4. Tips mengunjungi Gunung Bromo

instagram.com/ faizz_photography

Gunung Bromo merupakan kawasan wisata dengan panorama alam yang begitu memesona. Supaya dapat maksimal menikmati keindahannya, sebaiknya kamu mempersiapkan segalanya dengan matang.

Pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat dan fit. Pasalnya, suhu di kawasan Gunung Bromo sangat dingin. Disarankan membawa perlengkapan penghangat tubuh, seperti jaket, sarung tangan, topi kain, dan syal.

Pilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Gunung Bromo. Jika berkunjung saat musim kemarau, kamu bisa menyaksikan panorama sunrise dengan sempurna, tetapi kondisi Padang Savana tidak begitu bagus, karena rumput-rumputnya mengering.

Jika berkunjung pada musim penghujan, kamu akan kehilangan keindahan sunrise, tapi keindahan Padang Savana dijamin akan membuatmu terpesona.

Baca Juga: 10 Spot Foto Paling Estetik di Gunung Bromo yang Gak Boleh Terlewatkan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya