TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berencana Liburan? Ini 5 Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel

Selalu waspada terhadap tawaran paket liburan!

pexels.com/bruce mars

Tidak ada yang ingin ditipu, khususnya saat kamu merencanakan liburan. Namun, penipuan oleh agen travel marak terjadi sekarang ini karena kerasnya industri travel itu sendiri.

Paket liburan umumnya dikenai pembayaran di muka, maka traveler sangat rentan menjadi target penipuan yang ingin mengeruk untung.

Berikut adalah lima tips agar terhindar dari penipuan agen travel jika kamu berencana liburan.

1. Dapatkan informasi detail tentang paket liburan

pexels.com/Omar Markhieh

Sebelum kamu membayar paket liburanmu, pastikan kamu memperoleh semua informasi tentang itinerary dan rincian biaya dari setiap liburan.

Agen travel harus bisa menyediakan semua informasi yang kamu butuhkan, termasuk denda pembatalan dan syarat-syaratnya. Semakin sedikit informasi yang diberikan agen travel, maka semakin rentan kamu mengalami penipuan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Liburan Dengan Agen Travel Jauh Lebih Menyenangkan

2. Pastikan agen travel menjamin keamanan finansial

pexels.com/Startup Stock Photos

Bergantung pada tujuan wisata, agen travel harus punya lisensi dan jaminan finansial untuk para pelanggannya. Pastikan kamu bertanya tentang estimasi biaya dan jaminan yang mereka berikan untuk paket liburan yang mereka tawarkan.

Contoh, jika kamu tiba-tiba dikenakan biaya tambahan di tengah liburan, maka risiko untuk kehilangan lebih banyak lagi uang sedang mengintaimu.

3. Hindari tawaran paket liburan dengan harga tak wajar

pexels.com/Element5 Digital

Hati-hati dengan tawaran paket liburan murah, biasanya lewat telepon atau pesan singkat kita ditawarkan paket liburan dengan harga yang di bawah standar. Tawaran ini hampir pasti adalah penipuan untuk mengeruk uangmu.

Hindari juga agen travel yang menawarkan paket liburan dengan masa tunggu lebih dari 60 hari. Hal ini akan membuat kamu sangat rentan tertipu.

4. Lindungi diri dengan asuransi travel

pexels.com/Thanakorn Phanthura

Meski tampak mahal di awal, asuransi travel bisa menyelamatkanmu dari krisis finansial dan ketidaknyamanan selama liburan.

Asuransi travel akan menjamin kamu dari pencurian, kerusakan, atau pembatalan paket liburan di tengah jalan. Hal itu setidaknya akan membuatmu santai dan nyaman.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Spot Diving ala Satya Winnie, Travel Blogger Indonesia

Verified Writer

Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya