TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Sebaiknya Tak Tertidur Selama Penerbangan Pesawat, Catat!

Pertimbangan kembali jika ingin tidur selama di pesawat

ilustrasi naik pesawat (pexels.com/@adrienn)

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi udara yang kerap dipilih untuk berlibur. Banyak orang yang memilih pesawat, sebab dirasa cepat dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Tiap orang biasanya memiliki kebiasaan berbeda saat menjalani penerbangan, salah satunya dihabiskan dengan cara tidur. Padahal sebaiknya kamu dapat menghindari tidur saat terbang dengan pesawat, karena lima alasan berikut ini.

1. Tertidur saat take off dan landing berbahaya untuk telinga

ilustrasi naik pesawat (pexels.com/@punttim)

Bagi mereka yang memiliki jadwal padat, sering kali tertidur di pesawat menjadi opsi terbaik. Padahal sebetulnya ada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti tidak tidur saat take off dan landing.

Alasannya, karena tekanan yang ada ternyata berbahaya bagi telinga, bahkan dapat menimbulkan kerusakan permanen. Tentunya ini menjadi hal yang tidak diinginkan sama sekali.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tempat Duduk Bersama Anak saat di Pesawat Terbang 

2. Kamu akan melewatkan jam makanmu

ilustrasi makan (pexels.com/@flodahm)

Beberapa maskapai, khususnya untuk penerbangan panjang akan menyediakan makan di pesawat. Hal ini biasanya akan dilakukan setelah lepas landas, sehingga para penumpang dapat makan dengan tenang.

Sayangnya, kamu akan dilewati apabila tidur selama perjalanan. Jika sampai melewatkan jam makan di pesawat, maka kamu akan kelaparan dan lemas setelah mendarat nanti.

3. Kelelahan berlebih saat bangun tidur

ilustrasi tidur di pesawat (unsplash.com/@zacharykadolph)

Tidur di pesawat memang menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu selama penerbangan. Walau pun tentu saja hal ini menjadi preferensi bagi setiap orangnya.

Meski begitu, terkadang tidur berlebihan di pesawat juga tak disarankan, karena dapat menyebabkan kelelahan. Rasa lelah tersebut akan membuatmu tidak nyaman saat mendarat nanti.

4. Tidak mengikuti instruksi saat ada bahaya

ilustrasi pesawat pexels.com/@pixabay)

Semua orang tentunya menaruh harapan untuk dapat terbang dan mendarat dengan selamat sampai tujuan. Namun, tidak ada satu pun yang tahu akan bahaya yang mungkin mengintai, seperti turbulensi misalnya.

Terjaga selama penerbangan akan membantumu untuk mengikut instruksi apabila terjadi bahaya. Dengan begitu, kamu dapat tetap memperhatikan keadaan hingga kembali aman.

Baca Juga: 6 Perbedaan Naik Pesawat di Indonesia Vs Amerika, Sudah Pernah?

Verified Writer

Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya