TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Umum Traveler saat Menggunakan Transportasi Umum, Catat!

Berlibur dengan transportasi umum perlu pertimbangan

ilustrasi calon penumpang kereta (pexels.com/@veerasak-piyawatanakul)

Melakukan perjalanan liburan tentunya menjadi satu momentum yang sangat ditunggu-tunggu. Selain mengenai tujuan wisata yang akan dikunjungi, tapi juga biasanya berkaitan dengan transportasi yang digunakan.

Pemilihan transportasi umum biasanya menjadi salah satu opsi yang kerap dilakukan banyak traveler. Meski begitu, terkadang justru para traveler sering melakukan beberapa kesalahan berikut ini pada saat menggunakan transportasi umum.

1. Memesan tiket saat musim liburan tiba

ilustrasi tiket pesawat (pexels.com/@tdcat)

Beberapa jenis transportasi umum seperti kereta, bus, hingga pesawat tentunya membutuhkan pemesanan tiket terlebih dahulu. Hal inilah yang kemudian membuat para traveler perlu mempertimbangkan waktu pada saat melakukan perjalanan liburan.

Kesalahan umum dari para traveler pada saat memesan tiket adalah dengan tidak memperhatikan waktu, salah satunya dengan justru memilih pada saat musim liburan. Selain harga tiket yang akan meroket, namun persediaan tempat duduk juga akan minim atau bahkan tersedia secara terpisah-pisah.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Biaya Bagasi Tambahan, Traveler Wajib Tahu! 

2. Membawa barang yang terlalu banyak

ilustrasi barang bawaan (pexels.com/@veerasak-piyawatanakul)

Durasi berlibur biasanya akan menentukan seberapa banyak barang yang akan dibawa. Itulah yang kemudian harus menjadi pertimbangan apabila para traveler menggunakan transportasi umum untuk berlibur.

Para traveler kebanyakan justru luput dalam mempertimbangkan hal yang satu ini. Dampaknya justru akan menjadi kerepotan apabila membawa barang terlalu banyak di dalam transportasi umum.

3. Terlambat saat jam keberangkatan

ilustrasi naik kereta (pexels.com/@enric-cruz-lopez)

Menggunakan transportasi umum tidak sama dengan menggunakan transportasi pribadi. Kamu tentu harus ekstra cermat dalam memperhatikan jam keberangkatan tersebut.

Sayangnya terkadang ada saja para traveler yang justru terlambat pada saat jam keberangkatan. Tentunya lebih baik menunggu dari pada sampai terlambat dalam mengejar transportasi umum.

4. Terlalu berisik saat perjalanan

ilustrasi di dalam kereta (pexels.com/@mentatdgt)

Menggunakan transportasi umum tentunya memiliki etika-etika tersendiri. Salah satunya dengan tidak berisik pada saat melakukan perjalanan.

Hal tersebut karena memang semuanya dilakukan demi kenyamanan bersama, sehingga kamu juga perlu mentaati peraturan tersebut. Kadang ada saja para traveler yang kurang memahami peraturan itu, sehingga terkesan berisik dan mengganggu selama perjalanan berlangsung.

Baca Juga: 7 Tips Penting untuk Solo Traveler Pemula agar Perjalanan Tetap Aman

Verified Writer

Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya