TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mau Liburan ke Flores? 5 Oleh-oleh Khas ini Bisa Kamu Bawa Pulang

#PANJATPOIN Mari su jalan-jalan ke sini

indonesia.travel

Sejak beberapa tahun terakhir ini pamor kepariwisataan di Indonesia timur memang sedang meningkat pesat, dengan segudang destinasi wisata alam, budaya yang eksotis dan masih perawan. Tak pelak membuat banyak traveler, baik domestik maupun asing yang tertarik menjajal keindahan sisi timur Indonesia.

Satu destinasi yang wajib dijelajahi kalau bertualang ke Indonesia timur adalah pulau Flores. Nah, untuk mengabadikan kesan dan pengalaman kamu yang berniat menjajal keindahan pulau Flores, ini nih beberapa oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang setelah selesai bertualang di sana.

1. Jagung titi

parinseja.com

Cemilan khas Indonesia timur ini terbuat dari jagung kering yang dipipihkan pakai lesung dan alu. Daerah di Flores yang terkenal dengan jagung titinya adalah ujung timur pulau, yakni kabupaten Larantuka.

Cara tepat mengolah cemilan bertekstur renyah ini adalah dengan digoreng menggunakan mentega, lalu dinikmati bersama kopi hangat dan langit senja.

2. Kopi Flores

ulinulin

Indonesia memang negeri yang kaya akan kopi. Nah, satu penghasil komoditas andalan Indonesia ini adalah Pulau Flores, tepatnya di bagian barat dan tengah pulau yakni kabupaten Manggarai dan Bajawa.

Ciri khas kopi Flores adalah "tendangannya" kuat dan rasa asam yang cukup tinggi. Namun cara menyajikan kopi oleh masyarakat Flores terbilang cukup khas. Yaitu kopi bubuk dicampur bersama jahe lalu diseduh. Sekilas memang mirip dengan kopi jahe khas Jawa, namun dengan sentuhan kopi Flores.

Tentu kopi yang tersaji dalam gelas pasti berbeda cita rasanya. Kamu bisa membawa pulang kopi bubuk yang belum dicampur jahe atau yang sudah dicampur jahe.

3. Kompyang Manggarai

ambrosardin

Kalau camilan satu ini adalah khas milik kabupaten Manggarai, yang terletak di ujung barat pulau Flores. Camilan ini adalah sahabat kopi Flores ketika disajikan di pagi dan sore hari. Walaupun tergolong sebagai camilan, namun roti ini sangat cocok dijadikan sebagai sarapan. Karena teksturnya padat namun rendah gula.

Berbeda dari kompyang lainnya. Kompyang Manggarai sangat padat dan tak memiliki isian.

4. Abon tuna dan cumi kering

sipendik

Selain kekayaan hasil buminya, laut Flores juga tekenal akan kualitas hasilnya yang mendunia. Seperti tuna ekor kuning dan cakalang yang tak jarang diekspor ke negeri tetangga. Buat kamu yang ingin terus menikmati kekayaan laut Flores ketika selesai berlibur, kamu bisa membawa pulang hasil laut olahan seperti abon tuna dan cumi kering.

Daerah dengan olahan hasil laut yang terkenal adalah kabupaten Larantuka dan kabupaten Sika.

Writer

Putu Adnyana

Menulis untuk berbagi semangat, rasa bangga dan senyuman. ig : iputu_setya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya