Comscore Tracker

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budget

Traveling seru, minim budget

Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, berlibur ke luar negeri bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan semua orang. Bahkan liburan ke luar negeri tidak lagi dianggap mewah dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berada.

 Mungkin kamu beranggapan bahwa traveling ke luar negeri sulit dilakukan karena biaya yang mahal dan proses mengurus dokumen yang memakan waktu sangat lama. Terlebih lagi, jika harus melalui jasa travel agent untuk mengurus semua keperluan travellingmu mulai dari dokumen, booking pesawat, kamar hotel, dan kepeluan lain yang pastinya memakan biaya yang sangat mahal.

Bagi yang sudah berpengalaman berlibur ke luar negeri tentu hal seperti ini merupakan sesuatu yang sudah biasa, tetapi bagi yang baru ingin berlibur ke luar negeri jika membayangkan proses dan biaya besar yang harus dikeluarkan tentu niat untuk berlibur ke luar negeri akan sirna begitu saja.

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali berlibur ke luar negeri, berikut tips hemat untuk berlibur ke luar negeri.

1. Pilih negara bebas visa

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpexels.com/PhotoMIX Ltd.

Visa adalah salah satu hal yang menghabiskan dana cukup besar dan proses yang memakan waktu lama, terlebih lagi banyak syarat yang harus kamu penuhi agar pembuatan visa negara tujuanmu diloloskan. Bagi kamu yang tidak ingin repot dengan visa dan tentunya ingin menghemat biaya, pilihlah negara yang bebas visa untuk destinasi liburanmu. Kamu bisa berlibur ke Turki, Maroko, Suriname, India, Tanzania, negara ASEAN, dan tentunya masih banyak lagi negara yang membebaskan visa.

2. Berburu promo tiket pesawat dan hotel murah

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetberitagar.id

Tiket pesawat dan biaya penginapan adalah hal utama yang menguras dana. Untuk menyiasatinya kamu bisa memilih penerbangan malam dan maskapai bertarif rendah seperti AirAsia, Lion Air, aNorwegian Air, dan sebagainya.

Untuk lebih hematnya lagi, kamu bisa berburu promo tiket pesawat dan diskon hotel yang bisa kamu lakukan dengan mudah melalui smartphone dengan berbagai macam aplikasi yang sudah tersedia di era digital ini. Selain itu, sebisa mungkin pilihlah hotel yang jaraknya cukup dekat dengan obejk wisata yang akan kamu kunjungi.

3. Siapkan uang cash lokal negara tujuan

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpexels.com/EVG photos

Sebelum bepergian ke luar negeri kamu harus menukarkan uang rupiahmu dengan mata uang negara yang akan menjadi destinasi liburanmu. Menyiapkan uang cash ini tentunya penting untuk menunjang kebutuhanmu selama di luar negeri dan juga mengantisipasi jika disekitar tempat tujuanmu tidak banyak ditemukan mesin ATM.

Baca Juga: Budget Minim, Nih 5 Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri

4. Menguasai dasar-dasar bahasa Inggris

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpixabay.com/libellule789

Sebagai bahasa internasional, menguasai dasar-dasar bahasa inggris sangatlah penting. Ketika kamu melancong ke negara manapun komunikasi adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi jika kamu berada dalam kondisi mendesak seperti menanyakan alamat suatu tempat, ataupun meminta bantuan yang lain.

Jika kamu sudah menguasai bahasa inggris maka kamu gak perlu lagi mempelajari bahasa setiap negara yang akan kamu kunjungi, dan yang lebih penting kamu gak perlu menyewa jasa seorang tourguide tentunya.

5. Memanfaatkan transportasi publik

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpexels.com/pixabay

Ketika kamu berlibur ke luar negeri usahakan untuk memanfaatkan transporatasi publik dibandingkan menggunakan jasa transportasi yang disediakan oleh pihak hotel atau taksi. Hal ini tentunya akan membantu memangkas sebagian pengeluaranmu, karena transportasi publik memiliki tarif yang lebih murah. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat dan tentunya memiliki pengalaman yang berbeda.

Sebelum berangkat ke negara tujuan ada baiknya untuk mengumpulkan informasi mengenai jenis transportasi yang akan digunakan, harga, metode pembayaran, jadwal, rute, dan sebagainya.

6. Memilih tempat wisata gratis

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpexels.com/Porapak Apichodilok

Tips untuk meminimalisir pengeluaran yang selanjutnya adalah dengan memilih tempat wisata yang bebas tiket masuk. Mungkin sebagian kamu berpikir jika spot wisata seperti ini pasti bukanlah tempat yang indah untuk dikunjungi atau bahkan ini adalah hal yang mustahil. Di jaman serba canggih seperti sekarang ini hampir saja tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan.

Kamu bisa mencari tempat wisata gratis di negara yang kamu kunjungi dengan bantuan mesin pencari seperti google. Untuk lebih mudah mencari tempat wisata gratis kamu bisa memilih berlibur ke negara yang memiliki nilai tukar uang yang murah. Jika ada yang gratis kenapa harus milih yang berbayar ?

7. Membuat itinerary

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpixabay.com/FirmBee

Penting bagi kamu yang ingin bepergian hemat ke luar negeri untuk membuat itinerary. Apa sih itinerary itu? itinerary adalah daftar kegiatan serta perkiraan pengeluaran selama perjalanan. Itinerary ini didalamnya mencakup daftar destinasi, akomodasi, transportasi, jadwal harian selama lburan, hingga belanja oleh-oleh.

Oleh karena itu, di jaman serba canggih seperti sekarang ini sangatlah mudah bagi kita untuk mencari berbagai informasi terkait negara yang akan kita kunjungi, sehingga kita lebih mudah untuk membuat itinerary dan menyesuaikan budget yang kamu persiapkan. Bagi kamu yang baru pertama kali liburan ke luar negeri dan masih bingung untuk membuat itinerary, kamu bisa mengunduh beberapa itinerary di internet yang diunggah oleh para traveller yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

8. Memilih isi koper yang tepat

Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? 8 Tips ini Bisa Menghemat Budgetpexels.com/Lum3n

Setelah menentukan jadwal keberangkatan dan negara tujuan, kini saatnya mempersiapkan isi kopermu. Mengatur isi koper juga sangat berpengaruh untuk menghemat budgetmu saat pergi ke luar negeri lho. Sebelum memasukkan baju kedalam koper, cari tahu dulu musim yang sedang berlangsung di negara yang kamu tuju agar bisa menentukan jenis pakaian yang dapat digunakan selama liburan.

Selain pakaian, membawa mie instan dari Indonesia juga sangat disarankan agar lebih menghemat budgetmu dan menghindari makan di restoran atau cafe yang cenderung membuat dana membengkak. Ketika pergi ke luar negeri usahakan untuk tidak membawa barang terlalu banyak, sebisa mungkin sesuaikan dengan bagasi gratis yang diberikan oleh maskapai. Bawalah satu sepatu yang nyaman digunakan di segala medan dan peralatan make up seminim mungkin. Dan yang tidak boleh terlupa adalah membawa membawa charger universal yang dapat digunakan di seluruh negara.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Murah di Luar Negeri yang Gak Bikin Kantong Jebol

Camelia Photo Community Writer Camelia

Walks to find something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You