Aturan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat, Wajib Tahu!

Kalau tidak sesuai aturan bakal disita

Powerbank jadi perangkat elektronik yang tidak boleh ketinggalan saat sedang traveling. Yap, benda portable ini dapat menyelamatkanmu ketika kehabisan daya dan tidak ada aliran listrik. Namun, kamu tidak boleh sembarangan membawanya dalam penerbangan, lho!

Ada ketentuan terkait powerbank yang boleh dibawa ke pesawat. Jika powerbank yang kamu bawa tidak sesuai dengan aturan, bisa jadi malah harus 'dititipkan' ke petugas dan dilarang kamu bawa. Hayo, lho!

Aturan powerbank yang boleh dibawa ke pesawat

Kamu tentu bertanya-tanya kenapa powerbank tidak boleh dibawa ke pesawat. Padahal, perangkat ini merupakan life saver, terlebih buat yang suka bikin konten saat jalan-jalan. 

Well, International Air Transport Association alias IATA menerapkan pembatasan bukan tanpa alasan, lho! Baterai litium yang kebanyakan digunakan pada perangkat elektronik, termasuk powerbank dapat menghasilkan tingkat panas berbahaya. 

Jika dibiarkan, ini dapat memicu pengapian atau korsleting yang mudah. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi ketika sedang berada di atas udara, bukan?

Nah, IATA sudah menetapkan standar baterai termasuk powerbank yang boleh dibawa ke pesawat. Ketentuan ini juga dipertegas dengan adanya aturan dari Pemerintah Republik Indonesia. Apa saja?

1. Berapa batas powerbank di pesawat?

Aturan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat, Wajib Tahu!ilustrasi power bank (Pixabay.com/ Lyoo-LW)

Di Indonesia, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 015 Tahun 2018. Surat edaran tersebut membahas tentang ketentuan membawa powerbank dan bentuk baterai litium lainnya. 

Demi keamanan, setiap penumpang diizinkan membawa powerbank dengan kapasitas tidak lebih dari 160 Wh. Pihak maskapai pun berhak menanyakan pada setiap penumpang saat proses check in. Kamu pun diwajibkan melapor jika membawa baterai tambahan. 

2. Berapa jumlah powerbank yang boleh dibawa?

Surat edaran tersebut juga menyebutkan batasan powerbank yang boleh dibawa oleh penumpang. Jumlah yang diizinkan untuk dibawa adalah dua buah powerbank dengan kapasitas daya sesuai ketentuan.

Syarat lainnya, kamu wajib membawa powerbank ke bagasi kabin. Tidak diperkenankan meletakkan baterai jenis apa pun terpasang pada perangkat dan diletakkan di bagasi terdaftar. Selain itu, penumpang dilarang mengisi daya gadget selama penerbangan. 

3. Bagaimana jika powerbank yang dibawa lebih dari 160 Wh?

Aturan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat, Wajib Tahu!ilustrasi power bank (pexels.com/Servet Photograph)

Sayangnya, pihak maskapai berhak untuk menyita powerbank yang memiliki kapasitas melebihi batas tersebut. Surat edaran terkait menyebut powerbank dengan daya lebih dari 160 Wh atau yang tidak teridentifikasi dilarang dibawa ke pesawat udara.

Meski perangkat pengisi dayamu disita, penumpang tetap diizinkan untuk terbang, kok. Namun, jika penumpang tetap memaksa untuk membawa powerbank, maskapai akan melarangnya untuk naik ke pesawat. 

Baca Juga: 13 Istilah Penerbangan yang Harus Kamu Tahu Sebelum Naik Pesawat

4. Wajib menunjukkan powerbank saat pemeriksaan

Salah satu aturan lain terkait powerbank dan pesawat adalah pendataan sebelum flight. Sebelum naik pesawat, kamu wajib menunjukkan power bank yang dibawa saat security check.

Sebutkan pula besaran Wh dari pengisi daya portable. Hal ini dilakukan untuk memeriksa besaran daya sesuai dengan ketentuan. Hindari berbohong karena dapat membahayakan seluruh penerbangan.

5. Aturan membawa powerbank di maskapai luar negeri

Aturan Powerbank yang Boleh Dibawa ke Pesawat, Wajib Tahu!ilustrasi power bank (pixabay.com/Markus Winkler)

Selain itu, perlu kamu tahu bahwa masing-masing maskapai memiliki hak untuk mengatur bawaan powerbank pada penerbangannya. Seluruhnya berpedoman pada ketentuan IATA dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan jika maskapai beroperasi di Indonesia.

Ada beberapa aturan membawa powerbank di maskapai luar negeri, yang biasanya berbeda dengan maskapai dalam negeri. Berikut di antaranya:

  • Dilarang membawa powerbank dengan daya lebih dari 27 ribu mAh. Ini berarti tidak lebih dari 99,9 Wh
  • Hanya diizinkan membawa dua powerbank selama penerbangan
  • Powerbank hanya boleh disimpan di dalam bagasi kabin, bukan di bagasi tercatat. Atau, boleh di bagasi tercatat dengan ketentuan khusus pada perangkat jenis tertentu. 

Perbedaan ketentuan powerbank yang boleh dibawa ke pesawat juga bervariasi pada maskapai nasional. Jadi, pastikan menanyakannya terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan, ya!

Selain ulasan ini, masih banyak tips wisata lainnya yang perlu kamu ketahui. Cek ulasannya di IDN Times, ya.

Baca Juga: Sudah Tahu 10 Barang yang Dilarang Masuk Bagasi Pesawat Ini?

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu
  • Bella Manoban
  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya