Comscore Tracker

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!

Syarat utama naik pesawat, nih

Kamu akan bepergian dengan pesawat? Mungkin hal ini akan menjadi pengalaman yang berkesan, terutama bagi kamu yang baru pertama kali melakukan perjalanan udara. 

Berbeda dengan melakukan perjalanan di darat, perjalanan di udara terasa lebih kompleks. Mulai dari membeli tiket pesawat, menunggu waktu keberangkatan, memasukkan barang ke bagasi, hingga duduk di kursi pesawat.

Setelah sampai di bandara, kamu akan mendapatkan selembar boarding pass. Boarding pass menjadi bukti dokumen yang berisi informasi tentang keberangkatan.

Nah, jangan sampai kamu ketinggalan pesawat hanya karena belum bisa membaca boarding pass. Sebelum naik pesawat, ketahui beberapa isi boarding pass ini, yuk!

1. Nama maskapai penerbangan

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi maskapai penerbangan (unsplash.com/fasyahalim)

Nama maskapai penerbangan tercantum pada bagian atas boarding pass, lengkap dengan logonya. Di samping nama maskapai, tercantum jenis kelas penerbangan yang kamu pilih, seperti kelas ekonomi atau bisnis. 

2. Rute penerbangan

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi rute penerbangan (pixabay.com/tumisu)

Rute penerbangan berisi informasi tentang tujuan penerbanganmu. Pada bagian ini, ada yang dicantumkan nama kota atau negaranya langsung atau ditulis dengan kode. Misalnya CGK yang berarti dari Jakarta dan YIA yang berarti Yogyakarta. 

3. Nama penumpang

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi keberangkatan penumpang (unsplash.com/suman_177)

Di bagian bawah kiri rute penerbangan, tercantum identitas penumpang. Nama penumpang harus sesuai dengan KTP atau paspor. Hal ini bertujuan untuk keamanan penumpang.

Jika nama yang tercantum berbeda dengan kartu identitas, maka bisa menghambat proses masuk di bandara. Jadi, kamu harus teliti saat membeli tiket pesawat. 

4. Nomor penerbangan

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi boarding pass (twitter.com/indoflyer)

Selanjutnya, ada nomor penerbangan yang menunjukkan kota keberangkatan dan kota tujuan. Nomor penerbangan ini terdiri dari dua huruf maskapai, diikuti dengan tiga hingga empat angka. Misalnya GA212 yang merupakan nomor penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta. 

Baca Juga: 10 Potret Pemandangan Terbaik dari Window Seat Pesawat, Eksotis!

5. Pintu keberangkatan

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi pintu keberangkatan (unsplash.com/suman_177)

Berikutnya, ada informasi mengenai pintu keberangkatan. Hal ini berfungsi sebagai petunjuk dari pintu bagian mana kamu akan masuk. 

6. Nomor tempat duduk

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi tempat duduk di pesawat (unsplash.com/praveentcom)

Nomor tempat duduk merupakan lokasi kursi di dalam pesawat. Nomor ini terdiri dari angka dan huruf, misalnya 13F. Jadi, kamu tinggal mencari kursi dengan nomor yang tercantum dalam boarding pass

7. Waktu keberangkatan

Penting, Inilah 7 Isi Boarding Pass Pesawat yang Wajib Kamu Pahami!Ilustrasi boarding pass (pixabay.com/stocksnap)

Waktu keberangkatan terdiri dari tanggal dan jam. Kedua hal ini sama seperti yang tercantum di tiket pesawat.

Tanggal menunjukkan hari keberangkatan. Sedangkan, jam menunjukkan waktu pesawat akan berangkat sesuai standar waktu lokal, seperti WIB, WITA, atau WIT. 

Itulah beberapa informasi mengenai isi boarding pass yang perlu kamu pahami. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuanmu, ya.

Baca Juga: 9 Kesalahan Ini Paling Sering Dialami Orang yang Baru Naik Pesawat

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya