Comscore Tracker

5 Tips Liburan ke Wisata Karimunjawa, Pemula Wajib Tahu!

Harus paham cara sewa motor hingga island hopping

Karimunjawa yang berada di Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata impian para pelancong. Bahkan, sebagian orang rela merogoh kocek lebih biar bisa liburan ke Karimunjawa.

Namun, bagi kamu yang ingin hemat, kamu bisa liburan ke Karimunjawa tanpa agen wisata. Namun, kamu harus lebih inisiatif supaya liburan bisa berjalan lancar. Ada beberapa tips liburan ke Karimunjawa tanpa agen wisata, simak baik-baik di bawah ini, ya!

1. Bawa uang tunai

5 Tips Liburan ke Wisata Karimunjawa, Pemula Wajib Tahu!Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu harus menyiapkan uang tunai untuk keperluan di lokasi. Pasalnya, semua transaksi hanya menggunakan uang tunai, mulai dari membeli makan, sewa motor, isi bensin, dan lain-lain. Siapkan sebelum berangkat, karena mesin ATM di Karimunjawa masih sangat terbatas. 

2. Tentukan lokasi pelabuhan

5 Tips Liburan ke Wisata Karimunjawa, Pemula Wajib Tahu!Ilustrasi (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Karimunjawa harus diakses dengan kapal laut. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan kamu, misalnya dari Semarang atau Jepara, lalu tentukan jenis kapal dan cek jadwal keberangkatan kapal. 

3. Cari informasi sebanyak-banyaknya

5 Tips Liburan ke Wisata Karimunjawa, Pemula Wajib Tahu!Ilustrasi island hopping (unsplash.com/cjtagupa)

Jangan malas buat mencari info sebanyak-banyaknya, seperti melalui website atau media sosial. Kamu juga bisa mencari paket private island hopping dengan kisaran harga yang lebih hemat, yakni Rp1,5 juta.

Nah, buat kamu yang pengin keliling Karimunjawa dengan leluasa, sebaiknya cari jasa sewa motor. Salah satu yang direkomendasikan adalah Thekarimun.com dengan harga Rp75 ribu per hari. 

Baca Juga: 10 Wisata Kepulauan Karimunjawa Jepara yang Wajib Dikunjungi

4. Jangan malu bertanya ke warga lokal

5 Tips Liburan ke Wisata Karimunjawa, Pemula Wajib Tahu!Ilustrasi Karimunjawa (instagram.com/fayza.nf)

Selain itu, jangan malu buat bertanya ke warga lokal, terutama buat kebutuhan makan. Apalagi jika kamu ingin mencicipi kuliner lokal di sana. 

5. Waktu terbaik datang ke Karimunjawa

5 Tips Liburan ke Wisata Karimunjawa, Pemula Wajib Tahu!Karimunjawa (instagram.com/devianametri)

Kamu juga harus tahu waktu terbaik datang ke Karimunjawa, yakni Maret-Juli atau Oktober-November. Hindari datang saat Agustus karena ombak lautnya cenderung besar. Selain itu, hindari datang saat Desember atau Januari karena musim hujan. 

Itu dia beberapa tips buat kamu yang ingin liburan ke Karimunjawa. Semoga tips ini bermanfaat, terutama buat kamu yang sedang merencanakan liburan. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Paling Indah di Karimunjawa, Alamnya Memesona

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya