Comscore Tracker

Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Traveling

Sering gak disadari nih!

Siapa nih yang suka traveling? Nah, bagi kamu yang suka traveling dan sudah berpengalaman, tentunya kamu sudah menghadapi banyak hal. Baik suka maupun duka saat traveling sudah kamu rasakan. Pernah gak sih kamu menyadari kalau perlengkapan dan persiapan untuk traveling bukan cuma soal bujet, barang-barang, dokumen atau hal-hal yang bersifat fisik saja?

Ya, kamu juga perlu lho persiapan non fisik seperti persiapan mental. Nah, mungkin kamu yang di awal membayangkan betapa menyenangkannya traveling harus gigit jari saat kamu tak punya persiapan mental. Ternyata, ada nih sikap-sikap buruk yang harus kamu hindari saat traveling, yang terkait dengan persiapan mental tersebut. Makin penasaran bukan? Yuk kita simak!

1. Bersikap manja dan mengeluh tanpa henti

Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Travelingunsplash.com/Mikail Duran

Pertama-tama, stop bersikap manja ya saat traveling. Sebab, mungkin saja ada hal-hal yang di luar perkiraan atau tidak sesuai keinginanmu. Contoh yang paling umum: gak mau jalan kaki, maunya naik taxi atau transportasi lain yang kamu rasa nyaman. Well, gak masalah sih kalau memang tempat tujuan tersebut jauh. Tapi kalau jaraknya dekat, bukannya hal ini disebut pemborosan?

Toh, salah satu tujuan traveling adalah untuk menjelajah tempat baru dan menambah pengalaman bukan? Jadi, jangan biasakan mengeluh dan bersikap manja ya saat traveling. Apalagi, untuk orang yang bersamamu dan mendengar keluhanmu ini sangat mungkin mereka merasa kesal dengan sikapmu. Hmm, kalau begitu sih traveling pasti jauh deh dari kata menyenangkan.

2. Tidak taat pada peraturan yang berlaku

Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Travelingpexels.com/Maria Tyutina

Setiap tempat tentu punya peraturannya sendiri, jadi kamu sebagai traveler sudah seharusnya memahami dan menaatinya. Kenapa penting? Selain wujud dari rasa menghargai tempat yang kamu kunjungi, peraturan yang dibuat tentu saja ada sanksinya bila dilanggar.

Contoh gampangnya deh seperti membuang sampah sembarangan. Tahukah kamu, kalau kamu membuang sampah sembarangan di Singapura, setidaknya kamu akan dikenakan denda sebanyak 300 dolar Singapura lho! Aturan setiap tempat itu berbeda, apalagi kalau sudah beda negara. Jadi, masih mau mempertahankan sikap buruk ini saat traveling?

Baca Juga: Belum Tentu Selalu Happy, Ini 7 Hal yang Bikin Baper setelah Traveling

3. Sikap bermalas-malasan

Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Travelingunsplash.com/Gregory Pappas

Apakah kamu tipe traveler yang hanya suka menghabiskan waktumu bermalas-malasan di hotel atau tempat penginapan saja? Kalau iya, maka kamu pasti rugi banget deh! Traveling tentu saja bukanlah hal yang bisa dilakukan setiap saat. Karena ada saatnya kok kamu harus kembali beraktivitas seperti biasanya entah itu bekerja, kuliah dan lain sebagainya.

Nah, saat kamu punya kesempatan untuk menikmati liburan dengan traveling bukankah dengan bermalas-malasan adalah hal yang membuang-buang waktu saja? Belum lagi biaya yang sudah kamu keluarkan untuk traveling ini. So, jadilah traveler yang bijak dalam memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada ya.

4. Sok tahu pada hal-hal yang tidak diketahuinya dengan baik

Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Travelingpexels.com/rawpixel.com

Menjelajah hal-hal sekaligus tempat yang baru saat traveling memang seru dan menantang ya. Tapi, tetaplah ingat bahwa tempat baru artinya tempat yang termasuk asing dan belum kamu ketahui dengan baik. Contoh paling gampang adalah kamu tidak tahu arah tempat atau tujuan yang kamu tuju. Tapi, hanya dengan modal nekat saja kamu berani ke tempat-tempat yang berisiko dan mungkin juga bikin kamu tersesat.

Jadi, kalau memang kamu tidak tahu dan belum berpengalaman maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu ya dan hindari sikap sok tahu yang bisa saja merugikan diri sendiri maupun orang lain saat traveling ini.

5. Bersikap egois pada teman seperjalanan

Gak Banget, 5 Sikap Buruk Ini Harus Kamu Hindari Saat Travelingpexels.com/Dương Nhân

Bersikap egois sangat penting untuk kamu hindari saat traveling bersama orang lain. Karena sikap egois ini merupakan sikap buruk yang tentu saja menyebalkan. Misalnya, kamu bersikeras ke tempat X padahal dengan mempertimbangkan alasan tertentu beberapa orang lainnya memutuskan untuk ke tempat Y saja. Kalau sudah begitu, orang yang egois akan marah dan ngambek karena keinginannya tidak terpenuhi. Lain halnya kalau kamu melakukan solo traveling, yang artinya kamu sendiri dan bebas menentukan perjalananmu dan gak perlu khawatir dicap sebagai orang yang egois.

Jadi, selain lima sikap buruk di atas nih apalagi sikap buruk yang wajib banget dihindari saat traveling? Yuk, share di kolom komentar ya guys!

Baca Juga: Gak Cuma Liburan, 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You