Comscore Tracker

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!

Jangan cuma fokus sama mobil, ya

Terlalu lama di rumah aja tentunya bikin kamu jenuh, ya? Sayangnya, kita belum diperbolehkan bepergian jauh jika gak ada urusan mendesak, apalagi liburan lama. Daripada liburan ke tempat yang jauh, kamu bisa lho jalan-jalan ke beberapa kota di dekat daerahmu naik mobil.

Bakalan seru tentunya kalau bisa road trip bareng teman atau keluarga. Nah, kalau kamu ada rencana road trip, jangan cuma merencanakan tempat yang hendak dikunjungi. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan biar perjalananmu gak ribet dan gak membosankan.

1. Tentukan rute perjalanan yang tepat

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@mkallur

Bolehlah kamu dan teman-temanmu excited dengan rencana road trip ini, tapi jangan sampai kalap menentukan tempat yang hendak dikunjungi, ya. Sebaiknya tentukan tempat-tempat dengan rute yang searah agar nanti perjalananmu lebih nyaman.

Selain itu, pastikan rutenya juga bukan jalan yang terlalu macet dan tidak sulit untuk dilalui. Misalnya, cari jalan yang ada pom bensinnya agar nanti kalau bensinnya udah mau habis di tengah perjalanan kamu gak kebingungan.

2. Buat rundown biar gak bingung nanti saat perjalanan

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@anniespratt

Ya, penting banget, nih membuat jadwal perjalanan agar kamu bisa memastikan waktu-waktu terbaik untuk sampai di tempat tujuanmu. Apalagi kalau tempat tujuan yang ada dalam daftarmu banyak sekali, jadwal perjalanan akan membantu menentukan estimasi waktunya selama di sana.

Dengan punya jadwal, kamu pun gak akan merasa lelah saat perjalanan karena kamu bisa menentukan kapan waktunya istirahat dan kapan waktunya jalan lagi. Kamu juga bisa berkunjung ke semua tempat yang ada dalam daftar, deh!

3. Cek juga ramalan cuaca di hari perjalananmu

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@plhnk

Selain mengecek arus lalu lintas dari rute perjalananmu, penting juga untuk mengetahui ramalan cuaca pada hari perjalanan. Gak seru, dong kalau tiba-tiba hujan gede turun padahal kamu berencana pergi ke pantai? Akhirnya malah gak jadi bersenang-senang, deh Kalau tiba-tiba cuacanya berubah di tengah jalan, kamu juga perlu buat plan B agar liburan road trip ini tetap berkesan dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lagu yang Wajib Didengar agar Road Trip Makin Seru!

4. Siapin game seru buat menemani perjalanan biar gak bosan

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@jeremybishop

Jika rute perjalananmu cukup jauh, pastinya akan terasa bosan kalau gak ngapa-ngapain. Makanya, perlu juga menyiapkan permainan yang seru buat dimainkan bareng rombongan. Gak harus permainan yang menggunakan alat, bisa juga permainan sederhana secara lisan. Misalnya, tebak-tebakan garing, main werewolf, atau sambung cerita. Menghidupkan suasana dalam perjalanan itu penting banget. Selain membunuh kebosanan dan rasa kantuk, main game juga bikin si sopir gak merasa sendirian.

5. Jangan lupa juga bawa camilan dan bekal makanan

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@kate_gliz

Biar perjalananmu gak habis karena makan di restoran, sebaiknya bawa makanan sendiri aja. Jadi, road trip ini benar-benar mengunjungi tempat wisata sepenuhnya, bukan untuk makan. Oleh karenanya, penting banget menyiapkan bekal makan siang dan camilan untuk menemani perjalananmu dan keluarga atau teman-teman.

Selain menghemat waktu, membawa makanan sendiri juga akan menghemat pengeluaranmu. Road trip-mu semakin berkesan, deh!

6. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima dengan bensin penuh

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@daoud_absml

Oh, ya sebelum berangkat pastikan kamu sudah mengecek kondisi mobil, ya. Sebisa mungkin saat berangkat tangki bensin dalam keadaan penuh. Selain itu, cek juga peralatan dan fitur mobil lainnya seperti AC, ban, dan mesin. Akan jauh lebih nyaman juga kalau mobilmu dalam kondisi bersih dan wangi saat berangkat. Memulai perjalanan jadi senang!

7. Tetap perhatikan protokol kesehatan, sediakan alat-alat prokes di mobil

7 Persiapan Penting buat Road Trip-mu, Antiribet di Jalan Deh!unsplash.com/@taiscaptures

Karena masih kondisi pandemik, jadi kamu juga harus menyediakan alat-alat prokes di dalam mobil maupun tas. Setidaknya harus ada tisu basah, tisu kering, dan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan penumpang dan sopir dalam perjalanan. Mobil juga perlu disemprot disinfektan setiap kamu dan rombongan kembali dari tempat kunjungan.

Selain itu, tetap terapkan physical distancing di mobil. Jangan sampai mobil terlalu penuh penumpang. Maksimal hanya boleh ada 4 penumpang, ya, jadi jangan terlalu banyak orang di dalam mobil. Jika semua sudah siap, jangan lupa berdoa sebelum berangkat, ya!

Meski hanya sebentar, tapi liburan road trip tetap perlu persiapan. Udah masuk check list semua? Yuk, siap-siap packing dan berangkat!

Baca Juga: 5 Road Trip Tips Aman dan Nyaman Bareng Anak yang Masih Kecil

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya