Comscore Tracker

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki Gunung

#Travel Ayo mendaki, minimal sekali seumur hidup!

Mendaki gunung merupakan traveling sekaligus olahraga yang sangat menyenangkan dan mulai digemari banyak orang. Para cewek pun tak mau kalah, meskipun sering dicap 'lemah' namun banyak juga kaum wanita yang berhasil mendaki dan menaklukkan gunung sampai kepuncak.

Beda gender, beda juga hal-hal yang perlu disiapkan dan kebutuhan yang perlu dipenuhi sebelum naik gunung. Bagi para cewek yang ingin jadi 'pendaki elegan' lakukan tips-tips berikut agar penjadikan jadi lebih menyenangkan dan terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

1. Persiapkan fisik sebelum mendaki, mulailah membiasakan tubuh melakukan olahraga ringan

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by lucas Favre on Unsplash

Olahraga ringan perlu dilakukan agar otot dan tubuh tidak 'kaget' saat melakukan pendakian. Khususnya para cewek yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga sebelumnya. Mulailah melakukan olahraga ringan seperti jogging, senam, berenang, serta olahraga ringan lainnya.

Selain melatih otot tubuh, olahraga juga berfungsi untuk melatih pernafasan yang diperlukan karena minimnya oksigen di ketinggian dan juga agar nanti saat mendaki gunung pernafasan sudah terlatih sehingga tidak terlalu ngos-ngosan. Tubuh akan terbiasa sehingga tidak cepat lelah dan lemas saat mendaki.

2. Jangan terlalu banyak membawa barang, pilih dengan cermat barang yang akan dibawa

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by Micah Hallahan on Unsplash

Jika masalah barang, cewek memang terkenal sangat ribet, heboh, dan ingin membawa semuanya. Namun hilangkan kebiasaan ini saat akan mendaki gunung, ingat semakin banyak yang dibawa semakin berat pula beban yang akan dipikul. Bawalah barang seperlunya, untuk mendaki gunung yang perlu kamu pakai adalah baju olahraga dan sepatu yang nyaman.

Baju olahraga adalah pakaian yang paling nyaman, karena selain menyerap keringat, ia juga melindungi dari hawa dingin pegunungan. Pakailah baju olahraga atasan panjang dan bawahannya juga panjang jika kamu tidak ingin kulit cantikmu tergores ranting pohon saat mendaki. 

Jangan lupa membawa jas hujan, karena kita tidak tahu cuaca apa yang akan dihadapi saat mendaki. Slayer juga penting untuk dibawa karena dapat digunakan dalam berbagai situasi.

3. Benda yang wajib dibawa untuk menjaga penampilan

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by Julian Bialowas on Unsplash

Penampilan tentu hal yang sangat penting bagi cewek. Oleh karena itu jangan lupa untuk menggunakan sunblock untuk melindungi kulitmu yang sering terpapar sinar matahari seperti bagian tangan, kaki, dan pastinya bagian wajah. Gunakan deodoran sebelum mendaki, kamu tak mau kan tercium aroma yang tidak sedap dari tubuhmu?

Bawa tisu basah dan tisu kering karena saat mendaki terkadang kita tidak menemukan air untuk bersih-bersih. Selain dapat digunakan untuk membersihkan tubuhmu dari debu dan kotoran, tisu juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan makan.

Bagi yang menggunakan kontak lensa, copot dan letakkan lensa kontakmu dirumah. Gantilah dengan kacamata, karena kamu tidak akan memiliki waktu untuk membuka pasang kontak lensamu saat di gunung, dan dapat membuat matamu iritasi karena kondisi udara di gunung yang kering.

4. Jangan jadi pendaki cewek sendiri di grup

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by Kristina Wagner on Unsplash

Saat mendaki, pastikan kamu tidak menjadi satu-satunya pendaki cewek di grup. Membawa teman yang satu gender itu sangat penting lho! Teman sesama cewek dapat menemanimu saat kamu ingin buang air, karena di gunung tidak ada yang namanya toilet. Seram kan, jika harus buang air sendiri tanpa ada yang mengawasi?

Selain itu dengan punya teman cewek, kamu juga akan punya teman untuk mendirikan tenda terpisah dari para cowok. Atau jika terpaksa harus setenda dengan para cowok, pasang lah pemisah yang mampu untuk menjaga privasi antara cowok dan cewek. 

5. Jangan gengsi untuk minta istirahat, saat kamu mulai kelelahan

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by Galen Crout on Unsplash

Setiap orang memiliki tenaga yang berbeda-beda, namun yang pasti adalah tenaga cowok dan cewek itu berbeda. Jangan takut dan gengsi untuk minta break jika kamu mulai merasa kelelahan. Mereka pasti mengerti dan jangan berpikiran bahwa kamu membebani mereka dengan minta istirahat, karena jika akhirnya kamu 'ambruk' itu akan lebih menyusahkan.

Saat istirahat pulihkan tenagamu dengan minum dan memakan camilan yang manis-manis, seperti cokelat dan madu. Jangan lupa untuk duduk dengan posisi kaki lurus menjulur ke depan. Saat sudah siap untuk melanjutkan perjalanan jangan lupa untuk membawa sampah apapun yang kamu ciptakan.

6. Cek tanggal menstruasi agar kamu tidak tersiksa saat mendaki

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by Holly Mandarich on Unsplash

Datang bulan atau menstruasi adalah hal yang dialami oleh cewek, sangat penting untuk mempersiapkan pembalut jika kamu akan mendaki gunung mendekati tanggal menstruasimu. Atau jika perlu batalkan pendakian jika kamu sedang menstruasi, karena gejala PMS tiap cewek berbeda ada yang sangat-sangat kesakitan, namun ada juga yang biasa saja.

Jika sudah yakin PMS tidak akan menggangu perjalanan, maka yang harus dilakukan adalah menyiapkan obat nyeri, minyak kayu putih.Selian itu siapkan plastik kecil yang berguna untuk membungkus pembalut yang telah terpakai untuk disimpan kembali ke dalam tas ransel.

Jangan pernah membuang pembalut secara sembarangan ya. Jangan malas untuk mengganti pembalut secara teratur, agar kamu terhindar dari sampah berbahaya lainnya.

7. Makan secara teratur, jangan diet saat mendaki gunung

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by Joshua Reddekopp on Unsplash

Saat mendaki gunung, makan adalah hal yang sangat dibutuhkan. Karena mendaki membutuhkan tenaga menjaga asupan makanan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Jangan sampai kamu pingsan hanya karena membatasi makanan yang masuk ke tubuhmu. Itu akan merugikan dirimu dan orang lain.

Gak mau kan sudah capek-capek naik gunung, eh tiba-tiba pingsan karena kekurangan asupan energi? Kamu jadi tidak bisa menikmati pemandangan indah yang terlihat dari atas gunung.

8. Jangan pernah tidur dalam kondisi pakaian basah

8 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Para Cewek Sebelum Mendaki GunungPhoto by David Marcu on Unsplash

Saat mendaki pakaianmu basah, entah itu oleh keringat maupun oleh hujan yang tiba-tiba turun. Yang harus dilakukan, terutama saat akan tidur adalah mengganti pakaian dengan pakaian baru yang masih kering. Hal ini berfungsi menghindarimu dari hipotermia. Pisahkan pakaian basah dari pakaian lainnya dengan menggunakan plastik.

Malam hari merupakan waktu yang pas untuk merawat diri setelah seharian terkena debu dan kotoran. Pastikan kamu tidak langsung tidur ya, bersihkan wajah lalu pakai krim malam agar wajahmu tetap terawat. Karena bagi wanita  menjaga kecantikan itu hal yang harus dilakukan, agar saat pulang dari mendaki kamu tetap terlihat menawan.

 

Itulah 8 tips penting yang harus dilakukan buat para cewek yang ingin mendaki gunung. Jangan takut untuk menaklukkan gunung-gunung di Indonesia. Selain melatih diri untuk bersikap mandiri mendaki gunung dapat membuatmu ketagihan karena pemandangan yang sangat indah yang dapat disaksikan dari atas ketinggian. Selamat mendaki!

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You