Comscore Tracker

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburan

Albert Einstein dan Steve Job juga introvert, lho!

Apa yang terlintas dalam benakmu saat mendengar kata introvert? Banyak pendapat miring mengenai keberadaan dan tingkah laku mereka di masyarakat. Si pendiam yang kurang pergaulan karena hanya berkutat dengan tumpukan buku-buku tebal.  Jangan salah, kaum introvert tidak separah yang dibayangkan orang-orang pada umumnya.

Mereka ternyata tidak selalu pendiam, tak mesti kurang pergaulan, tidak selalu apatis atau sombong. Pada saat-saat tertentu, mereka bisa juga berbaur dengan banyak orang, berbincang panjang lebar dengan kerabat dan sahabat, tertawa terbahak sembari jungkir balik, atau joget-joget seperti anak alay bayaran di acara musik televisi.

Mereka hanya perlu waktu lebih lama mengisi ulang energi dengan cara menyendiri. Kesendirian, bagi kaum introvert sama seperti mengisi ulang tenaga agar mereka bisa kembali terlibat keramaian. Lalu, apa yang mereka lakukan saat menghabiskan waktu liburan ya?

1. Menulis

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpixabay.com

Hampir sebagian besar kaum introvert memiliki minat yang besar terhadap dunia tulis-menulis. Apa yang mereka alami sehari-hari, yang tidak sempat terucap, biasanya mereka tuliskan menjadi sebuah cerita dalam bentuk blog atau diari. Tak terkecuali saat liburan, sang introvert sering menuliskan pengalamannya sembari mengisi waktu luang.

2. Berlibur di Pegunungan

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpexels.com

Berbeda dengan kaum ekstrovert yang memilih laut dan tempat-tempat keramaian lain, introvert biasanya akan lebih memilih tempat berlibur di daerah pegunungan. Suasana gunung yang sejuk, nyaman, tenang,, dan jauh dari keramaian akan menjadi "surga" tersendiri bagi mereka. Mereka merasa pegunungan merupakan tempat paling tepat untuk berlibur.

3. Mengunjungi Wisata Budaya atau Peninggalan Sejarah

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanmayapadatour.co.id

Ketimbang menghabiskan waktu di dalam hotel-hotel bintang lima, bar, klub-klub elit, bahkan kapal pesiar, kaum introvert akan lebih memilih mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan budaya lokal. Mereka lebih tertarik melihat museum, tempat-tempat bersejarah, dan tempat-tempat lain yang memiliki nilai ‘lebih’ untuk menambah wawasan mereka.

4. Bepergian Sendiri

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpexels.com

Banyak orang menduga introvert adalah kaum kesepian. Mereka kerap berada dalam kesendiriannya, sibuk dengan dunianya sendiri. Mereka akan berbelanja di pasar sendiri, hang-out sendiri di mal, atau pergi nonton bioskop sendiri. Kenyataannya, mereka lebih menikmati kegiatan sendiri daripada harus bergerombol dengan banyak orang yang membuatnya lelah. Mereka sama sekali bukan kaum kesepian, karena di kepala mereka sudah penuh dengan obrolan-obrolan mendalam tentang kehidupan.

5. Menonaktifkan Ponsel dan Off Sejenak dari Media Sosial

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpixabay.com

Hidup akan terasa tenang saat tak ada dering ponsel atau getar notif dari akun-akun media sosial yang terkadang membuat mood kita jadi buruk. Cara terbaik mengisi liburan bagi kaum introvert adalah menonaktifkan seluruh gadget dan sekutunya. Mereka merasa suara-suara dari gadget mengganggu, terutama saat liburan.

6. Berdiam Diri di Rumah

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpexels.com

Bukan sekadar berdiam diri dengan bengong dan tidur-tiduran tanpa kegiatan, biasanya kaum pendiam ini akan melakukan berbagai jenis pekerjaan rumah tangga remeh temeh sebagai pengisi waktu sisa liburan. Mereka akan dengan sigap membereskan kamar hingga benar-benar rapi dan terbebas dari debu, berkebun dengan menanam berbagai jenis sayuran, mengganti air kolam hias, dan berbagai kegiatan lain selain keluar dari rumah. Mereka menganggap hal-hal tersebut merupakan "liburan kecil" nan simpel.

Baca Juga: Bersolo Trip ke Kampung Bena, Sebuah Perjalanan Memerdekakan Diri

7. Keliling Dunia dengan Puluhan Buku

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpexels.com

Libur panjang menjadi kesempatan mereka membaca banyak buku. Sebab, di hari-hari biasa, mereka tidak sempat membaca tumpukan koleksi buku karena kesibukan kantor. Mereka biasanya akan larut dalam cerita dari buku, berjam-jam, tanpa jeda. Membaca adalah cara mereka menikmati dunia. Membaca adalah cara mereka liburan berkeliling dunia.

8. Bercanda dengan Sahabat yang Bisa Dipercaya

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpixabay.com

Si pendiam, biasanya hanya memiliki satu-dua sahabat yang bisa dipercaya. Bukan anti-sosial, mereka biasanya hanya bercerita kepada orang-orang tertentu yang dianggapnya sesuai dengan karakternya. Jangan salah, saat bertemu dengan sahabatnya, mereka akan larut dalam candaan dan tertawa terbahak bersama. Bahkan, mereka tidak segan-segan ikut berjoget dan jungkir balik saat berlibur bersama.

9. Berkendara Jarak Jauh

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpexels.com

Salah satu kegiatan yang disukai para introvert adalah berkendara dengan jarak yang cukup jauh, meski tidak memiliki tujuan yang benar-benar pasti. Menurut mereka, tujuan tidak lebih penting daripada proses perjalanannya itu sendiri. Saat berada dalam perjalanan, kondisi berkendara ternyata bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Hal ini membuat ketenangan batin, menenangkan diri, serta menjadikan fikiran menjadi lebih segar dan terbuka.

10. Merenung Apa Tujuan Hidup Sebenarnya

10 Cara Si Introvert Menghabiskan Waktu Liburanpixabay.com

Bukan sekadar merenung melamun tanpa tujuan yang jelas. Mereka biasanya merenungi kehidupan, meski di sela-sela liburan. Bagi mereka, merenung sembari bercengkerama dengan alam sekitar merupakan hal yang paling menyenangkan.

Mereka akan selalu berbincang dengan dirinya sendiri tentang kehidupan: apa tujuan hidup sebenarnya, hal-hal yang sudah berhasil dicapai, rencana masa depan,, dan segala pertanyaan-pertanyaan mendalam lainnya.

Baca Juga" Kamu Mau Solo Trip? Kunjungi 12 Destinasi Terbaik Dunia!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya