Comscore Tracker

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak Diketahui

Ada yang pernah ngelakuin salah satunya?

Meski bulan puasa jarang diidentikan dengan liburan, namun bukan berarti ‘puasa’ juga melakukan traveling kan? Terutama bagi pegiat traveling, waktu dan tempat sama sekali tak mempengaruhi hasrat ‘jalan-jalan’ mereka mengenali kekayaan alam nusantara dan dunia. Dengan melakukan traveling, ada sederet kisah penuh makna yang bisa didapatkan selain pengalaman seru dan menarik yang mungkin tidak akan pernah terlupakan seumur hidup.

Ketika melakukan traveling, ada berbagai macam jenis dan cara berbeda sesuai dengan keinginan dan minat masing-masing traveler. Selain glamping, doom tourism, voluntourism, dan jenis-jenis traveling lain, berikut ini adalah 7 jenis traveling ‘unik’ yang belum begitu diketahui orang banyak. Yuk, segera kita baca ulasan berikut ini agar wawasanmu bertambah.

1. Traincation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiLosangeles.cbslocal.com

Agak asing terdengar memang, namun Traincation sebenarnya banyak digunakan oleh para traveler ketika melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat yang sesuai dengan hati. Traincation sendiri merupakan sebuah perjalanan wisata atau liburan di mana perjalanannya menggunakan kereta sebagai alat transportasinya. Dengan menggunakan kereta, para traveler bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan sekitar melalui jendela.

2. Weighcation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiWorldation.com

Weighcation biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki permasalahan dengan bobot tubuhnya yang terlalu berlebihan. Weighcation merupakan liburan seru dan unik sekaligus melakukan diet ketat selama perjalanan atau bahkan ketika berada di destinasi wisata yang dituju. Dengan melakukan Weighcation, hasrat liburan sekaligus melakukan program diet menjadi satu pengalaman wisata yang cukup unik sekaligus menarik.

3. Momcation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiHecktictravels.com

Momcation merupakan sebuah perjalanan wisata yang dilakukan oleh seorang traveler dengan mengikutsertakan sang ibu atau orangtua sendiri. Bukan karena merupakan anak manja yang segala-galanya harus ditemani ibunda tercinta, kegiatan Momcation memang sengaja dilakukan agar kedekatan emosi anak dan ibu bisa semakin terjalin erat.

Apalagi bagi mereka yang memiliki kesibukan yang jarang sekali melakukan kegiatan bersama ibunya sendiri, Momcation merupakan salah satu jalan untuk merekatkan hubungan kekeluargaan.

4. Mancation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiPlanavacation.c

Memang sih, tempat liburan bukan menjadi ukuran pembeda antara traveler laki-laki dan perempuan. Ada sebagian traveler laki-laki yang tidak menyukai jenis traveling tertentu yang biasa dilakukan traveler perempuan, begitu pun sebaliknya. Untuk menjadi penengah, ada baiknya para traveler laki-laki melakukan kegiatan Mancation.

Mancation sendiri merupakan liburan ‘macho’ yang biasanya membidik tempat-tempat di mana kegiatan para laki-laki sejati dilakukan, misalnya menonton balapan formula 1 atau pertunjukan matador.

5. Daycation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiAmendo.com

Istilah Daycation biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu libur karena kesibukan kerja. Daycation merupakan salah satu cara liburan yang dilakukan selama satu hari penuh dengan memaksimalkan kegiatan wisata ke berbagai tempat yang selama ini menjadi keinginan dan hasratnya.

Daycation kerap dipilih untuk menuntaskan hasrat mereka melakukan liburan ke berbagai destinasi wisata meski waktu yang tersedia cukup terbatas dan singkat.

6. Dogcation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiUnsplash.com/Alvin Balemesa

Bagi para traveler yang selalu membawa serta hewan peliharaan, bisa menggunakan jenis traveling Dogcation. Dogcation adalah sebuah perjalanan wisata ke berbagai tujuan dengan mengikutsertakan anjing atau hewan peliharaan lainnya. Karena terbiasa membawa hewan peliharaan, traveler bisa dengan nyaman melakukan traveling karena bisa bermain dengan hewan peliharaan kesayangannya di tempat tujuan wisata yang dikunjungi.

7. Neighcation

Jarang Dilakukan, Ini 7 Jenis Traveling yang Gak Banyak DiketahuiUnsplash.com/Greta Schölderle Møller

Neighcation merupakan salah satu cara liburan dengan menggunakan kuda sebagai transportasinya untuk menuju tempat wisata yang diinginkan. Bisa juga ketika sudah berada di tempat wisata, para traveler akan memuaskan diri untuk menunggang kuda mengitari tempat-tempat menarik yang selama ini belum pernah dijamah oleh penglihatannya.

Sensasi menaiki kuda ketika melakukan traveling merupakan pengalaman unik yang tak terlupakan.

Apa dan bagaimana pun cara kamu melakukan traveling, melakukan perjalanan wisata bisa menjadi salah satu cara agar kamu bisa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Selamat berlibur!

Line Ads

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You

I Want More !