Comscore Tracker

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar Negeri

Earplugs dan sleep mask ternyata bisa membantu

Pernahkah kamu merasa malas berangkat liburan ke luar negeri karena khawatir kena jet lag? Jet lag adalah kondisi di mana badan kamu belum bisa menyesuaikan diri dengan zona waktu yang berbeda. Kamu biasanya akan sulit tidur di malam hari dan merasa mengantuk saat siang hari.

Tenang, guys! Meski jet lag memang bakal menghantui setiap individu, tapi kamu bisa melakukan beberapa tips ini untuk mengurangi efek negatifnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menyesuaikan kondisi badan terhadap zona waktu yang baru

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriMenyesuaikan waktu tidur dengan zona waktu yang baru (unsplash.com/Lux Graves)

Dua atau tiga hari sebelum jadwal penerbangan, cobalah untuk mulai mengubah jadwal tidur dan makan menyesuaikan zona waktu yang baru. Kamu bisa mulai secara bertahap, misalnya satu atau dua jam, tergantung pada perbedaan waktu yang akan dilalui.

2. Mengonsumsi suplemen melatonin

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriIlustrasi suplemen melatonin (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Melatonin merupakan hormon yang secara alami dihasilkan otak ketika gelap atau saat kamu tidur. Untuk mengurangi gejala jetlag, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung 0,5 miligram melatonin, setidaknya 13 jam sebelum jadwalmu bangun tidur di zona waktu yang baru.

3. Menggerakkan tubuh

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriPenumpang berjalan di lorong pesawat (unsplash.com/Toa Heftiba)

Selama di dalam pesawat, kamu bisa sesekali berdiri dari kursi untuk melakukan streching atau berjalan di lorong pesawat, supaya sirkulasi darahmu lancar. Lakukan pula olahraga ringan setiap pagi setibanya di negara tujuan.

4. Jangan meminum kafein, soda, dan alkohol

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriIlustrasi meminum kopi (unsplash.com/Chris Benson)

Baik sebelum atau selama penerbangan, hindari mengonsumsi minuman kafein, soda dan alkohol yang mengandung tiga zat di atas, karena bakal bikin tubuhmu mudah dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi bakal memperparah gejala jetlag.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Alam Jawa Timur Mirip Luar Negeri, Cantik Banget!

5. Bawalah earplugs dan sleep mask

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriPenumpang tidur di pesawat dengan sleep mask (jetstar.com)

Kedua benda ini dapat membantumu merasa kantuk, meskipun tubuhmu belum merasa ingin tidur. Earplugs bisa menjagamu dari gangguan bunyi, sedangkan sleep mask bisa melindungi mata kamu dari sumber cahaya berlebihan selama di dalam pesawat.

6. Meminum teh saat malam hari

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriSecangkir teh hangat (unsplash.com/Debby Hudson)

Sesampainya di negara tujuan, cobalah meminum teh hangat, seperti chamomile, valerian, atau lavender saat malam hari sebelum tidur. Ini akan membantu tubuhmu mendapat kualitas tidur yang lebih nyenyak.

7. Habiskan waktu di luar ruangan

7 Tips Cara Ampuh Menghindari Jet Lag saat Traveling ke Luar NegeriIlustrasi menghabiskan waktu di luar ruangan (unsplash.com/Guilherme Stecanella)

Jika kamu tiba di negara tujuan masih siang, ajaklah tubuhmu bergerak di luar ruangan walaupun mungkin kamu merasa lelah. Isi perutmu dengan sesuatu yang biasa kamu makan. Namun, hindari overeating, ya.

Nah, itulah beberapa tips menghindari efek negatif jet lag yang bisa kamu praktikkan. Liburan jadi lebih nyaman, deh!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Mirip Luar Negeri, Suasananya Indah

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya