Comscore Tracker

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah Impian

Jangan lupa bagikan pengalaman staycation-mu

Kata orang, kamu wajib coba melakukan staycation di hotel atau resor mewah sekali seumur hidup. Bukan untuk menghamburkan uang, tapi justru kamu bisa menginvestasikan uang tersebut untuk sebuah pengalaman seru dan priceless bersama keluarga tercinta.

Nah, bagi kamu yang punya keinginan bikin rencana staycation, simak dulu beberapa tips berikut. Kamu perlu memastikan agar liburan di hotel mewah impian kamu nanti bakal mengasyikkan!

1. Pilih jadwal staycation saat weekday, bukan weekend

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah ImpianUnsplash/Helena Lopes

Gak semua orang bisa mudah mengajukan cuti kerja. Tapi, kalau memang memung

kinkan, kamu sebaiknya pilih weekday daripada weekend untuk rencana staycation kamu. Saat weekday, hotel atau resor biasanya bakal lebih sepi tamu. Kamu bisa lebih puas menikmati staycation-mu ketika lebih sedikit orang di sekeliling kamu, kan?

2. Pilih lokasi staycation sesuai kebutuhan kamu

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah ImpianUnsplash/Chelsea Gates

Tujuan staycation adalah menetap di hotel untuk menikmati fasilitas hotel semaksimal mungkin. Sebelum memilih di mana kamu akan staycation, kamu harus paham dulu fasilitas apa yang paling utama pengin kamu nikmati. Misalnya, kolam renang, private pool, view di sekitar hotel, bathtub di kamar mandi, dan sebagainya.

Semakin lengkap fasilitas di hotel tempat kamu akan ber-staycation, maka biasanya tarif per malamnya pun akan semakin tinggi. Kamu harus pertimbangkan soal budget ini juga.

3. Pertimbangkan review saat memilih lokasi staycation

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah ImpianUnsplash/Toa Heftiba

Setelah menemukan hotel yang cocok dengan kebutuhan staycation kamu, pastikan kamu sudah membaca review dari pengunjung sebelumnya. Kamu harus mencari tahu apakah hotel tersebut benar-benar memberi servis yang baik atau gak.

Jika ternyata hotel pilihan kamu mempunyai banyak review buruk, kamu bisa langsung mencari alternatif hotel lain yang lebih baik untuk staycation kamu.

Baca Juga: 10 Hotel Ramah Lingkungan buat Staycation Saat Normal Baru

4. Staycation gak harus di kota yang jauh dari tempat tinggalmu

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah Impiannyuhbalivillas.com

Perlu kamu ingat kalau staycation gak harus di hotel yang ada di luar kota dan jauh dari rumah kamu, lho. Kalau memang di dalam kotamu ada hotel mewah yang layak sebagai tujuan staycation, kenapa gak? Tabungan kamu bakal lebih aman karena kamu gak perlu mengeluarkan banyak biaya transportasi dari rumah menuju hotel.

Namun, jika memang ada budget lebih dan punya waktu longgar lebih panjang, gak masalah juga melakukan staycation sekalian liburan. Justru seru, karena sekali mendayung, dua tiga pulau bisa terlampaui.

5. Pastikan kamu menikmati setiap fasilitas hotel atau resor tempat kamu menginap

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah Impiankupubarongubud.com

Karena tujuan kamu menginap di hotel atau resor mewah adalah untuk staycation, maka kamu harus bisa check in tepat waktu agar waktumu gak terbuang sia-sia dan dapat menikmati setiap fasilitas hotel yang ada. Terutama untuk amenities yang gak butuh biaya tambahan untuk menggunakannya, kamu wajib banget menikmati fasilitas tersebut.

Kecuali jika ada amenity yang membutuhkan surcharge, kamu bisa pertimbangkan dulu ingin mencobanya atau gak. Jika memang gak ada budget lebih untuk menjajalnya, gak perlu memaksakan, ya.

6. Ambil foto sebanyak mungkin dan bagikan pengalamanmu

6 Tips Bikin Rencana Staycation, Puas Menginap di Hotel Mewah Impianbooking.com

Terakhir, jangan ragu untuk membagikan cerita seru kamu selama staycation di hotel atau resor mewah lewat media sosial atau platform lain. Bukan untuk ajang pamer berkonotasi negatif, melainkan sekadar sharing pengalaman kamu sehingga barangkali bisa bermanfaat untuk teman-teman kamu yang berencana staycation juga.

Karena itu, jangan sampai lupa untuk mengambil sebanyak-banyaknya foto dan video saat kamu staycation. Foto dan video tersebut bisa kamu jadikan personal review terhadap hotel atau resor tempat kamu ber-staycation.

Oke, guys! Itulah tadi beberapa tips penting yang perlu kamu siapkan saat berencana staycation. Semoga bermanfaat dan selamat bikin agenda staycation di hotel impian!

Baca Juga: 10 Ide Dekor Kamar ala Hotel yang Berikan Sensasi seperti Staycation

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya