Comscore Tracker

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulsel

Aman buat para solo travelers

Tana Toraja menjadi salah satu destinasi wisata populer yang pantang dilewatkan kalau kamu sedang traveling ke Sulawesi Selatan. Kekayaan budaya, adat istiadat, dan pesona alamnya memang bikin siapa saja jatuh cinta.

Tapi, sebelum benar-benar melanglang ke Tana Toraja, ada beberapa hal penting nih yang wajib kamu tahu. Simak baik-baik yuk, biar agenda liburanmu ke Tana Toraja lebih seru!

1. Transportasi yang digunakan dari Makassar menuju ke Tana Toraja

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/akbar_bebeto

Untuk tiba di Tana Toraja, transportasi terbaik yang bisa kamu gunakan dari ibukota Sulawesi Selatan adalah bus. Armada bus yang melayani trayek Makassar-Tana Toraja (PP) sangatlah banyak, seperti Litha & Co, Metro Permai, Manggala Trans, Bintang Timur, Primadona, dan masih banyak lagi.

Eits, jangan salah. Armada tersebut bukanlah sembarang bus, melainkan bus mewah berukuran besar dengan kapasitas tempat duduk sekitar 24-29 seat saja. Jadi, tersedia space yang cukup luas antar seat yang bikin kamu nyaman. Di tiap seat juga terdapat sandaran kaki sehingga bakal terasa seperti di tempat tidur.

Fasilitas lain yang disediakan antara lain AC yang optimal, selimut, bantal, air mineral, dan toilet. Kamu pasti puas naik bus trayek Makassar-Toraja ini.

2. Jarak tempuh dan harga tiket bus Makassar-Toraja

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/akbar_bebeto

Keberangkatan bus tersebut dari dan ke Toraja adalah antara jam 19.00-22.00 WIT serta memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri berada di rentang harga Rp140 ribu-Rp400 ribu, tergantung pada tipe bus dan kelas yang dipilih.

Jadi, kalau kamu berniat one day trip ke Tana Toraja, kamu bisa beli tiket berangkat dari Makassar pada hari ke-1 malam dan kembali dari Toraja pada hari ke-2 malam. Tiket bus ini bisa kamu beli secara go show, pesan via telepon, maupun pesan lewat aplikasi OTA (Online Travel Agent). Praktis banget!

3. Cukup mudah mendapatkan tempat penyewaan motor di Tana Toraja

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/akbar_bebeto

Jika kamu berencana keliling Tana Toraja dengan motor, ada beberapa penyewaan motor di sekitar agen bus Rantepao, kabupaten Toraja Utara, yang bisa kamu datangi. Harga sewa motor selama sehari biasanya dibanderol Rp75 ribu-Rp100 ribu.

Kalau gak pengin kehabisan motor sewaan, sebaiknya kamu booking jauh-jauh hari. Kamu bisa browsing melalui internet nomor-nomor penyewaan motor di Tana Toraja atau bertanya di grup-grup backpacker yang ada di Facebook.

Baca Juga: Makin Hits, 10 Potret Jembatan Kaca Buntu Burake di Tana Toraja

4. Tana Toraja aman untuk para solo traveler

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/ronnyvalstad

Apakah Tana Toraja aman untuk solo traveler atau pejalan perempuan yang hanya pergi berdua? Jawabannya, sangat aman. Namun, pastikan melakukan penjelajahan Tana Toraja saat masih ada matahari dan mengakhirinya sebelum petang menjelang.

Sebab, meskipun terbilang aman, sebaiknya tidak melakukan perjalanan saat malam hari kecuali perjalanan menggunakan bus untuk kembali ke Makassar.

Terlebih untuk wisata-wisata yang letaknya sedikit agak jauh dari pusat kota. Biasanya jelang sore suasana di jalan raya tampak sepi. Kamu tetap harus hati-hati, ya!

5. Bawalah uang tunai secukupnya dan camilan untuk bekal selama penjelajahan

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/faisalchalq

Sebelum berangkat ke Tana Toraja, sebaiknya kamu sudah menyiapkan uang tunai yang cukup karena obyek wisata di kawasan tersebut tidak menyediakan fasilitas ATM. Setiap destinasi juga menerapkan biaya retribusi sekitar Rp10 ribu-Rp15 ribu per tiket, belum termasuk biaya guide jika kamu memerlukannya.

Karena ada banyak obyek yang bakal kunjungi, jangan lupa persiapkan bekal camilan dan minum untuk menghemat biaya jajan di tempat wisata.

6. Tempat makan halal ada di dekat Masjid Rantepao

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/natalitast24

Bagi kamu traveler muslim yang bingung mencari tempat makan halal, ada deretan warung di dekat Masjid Agung Rantepao yang menjual menu-menu halal. Salah satunya bahkan sejenis warteg yang menjual masakan-masakan Jawa.

Lokasi tersebut bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki dari agen bus Rantepao. Jaraknya cukup dekat sekitar 300 meter. Eits, Masjid Agung Rantepao tadi juga bisa kamu gunakan untuk menumpang mandi, lho.

7. Rute penjelajahan Tana Toraja

7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulselinstagram.com/rio_septian

Untuk berkeliling Tana Toraja, kamu bisa membaginya menjadi dua daerah penjelajahan, yaitu Toraja bagian utara dan Toraja bagian selatan dengan Rantepao sebagai starting point. Supaya menghemat waktu, pastikan kamu sudah membuat daftar obyek wisata mana saja yang ingin dikunjungi.

Penting juga untuk menghitung jarak tempuh dari satu obyek ke obyek lain agar kamu gak terlambat tiba kembali ke Rantepao.

Nah, itulah tadi tujuh hal penting yang wajib kamu tahu sebelum traveling ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Gimana? Makin pengin buru-buru memulai perjalananmu, bukan? Semoga informasi tadi membantu, ya. Selamat jalan-jalan!

Baca Juga: 8 Olahan Ayam Khas Sulawesi Selatan yang Paling Menggugah Selera

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya