Comscore Tracker

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!

Pengin road trip ke negara mana, nih?

Traveling ke luar negeri mungkin sudah sering kamu lakukan. Menjelajah banyak destinasi di negera tujuan dengan naik kendaraan umum atau menyewa mobil juga pasti sudah pernah kamu coba. Tapi, bagaimana dengan road trip di luar negeri?

Buat kamu yang sudah sering jalan-jalan di negeri orang atau sudah sering melakukan road trip di negeri sendiri, artinya kini saatnya buat kamu menjajal road trip di luar negeri. Hmm, terdengar asyik, kan?

Eits, namun sebelum memutuskan road trip di negara lain, ada baiknya mengetahui tips-tips penting yang wajib kamu siapkan supaya perjalanan kamu tetap aman dan nyaman. Apa saja? Simak baik-baik, yuk!

1. Memperlancar skill menyetir mobil

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Peter Fazekas

Perjalanan road trip di luar negeri sebaiknya menggunakan kendaraan mobil dibanding motor karena bakal lebih nyaman, lebih aman dari perubahan kondisi cuaca, dan bisa menjangkau jarak yang lebih jauh.

Meski kamu yakin berani menyetir di negara orang, pastikan dulu skill menyetirmu sudah di level expert. Bukan cuma mahir setir manual, namun juga bisa setir matic. Sebab biasanya penyewaan mobil di luar negeri hanya menyediakan mobil dengan setir matic untuk para penyewa.

Terlebih ada beberapa negara yang menerapkan setir di sebelah kiri. Kamu harus benar-benar siap dengan kondisi menyetir yang pasti sangat berbeda dengan Indonesia.

2. Bikin SIM internasional

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Dom J

Meskipun ada beberapa negara yang tidak membutuhkan SIM internasional, sebaiknya kamu tetap menyiapkannya sebelum berangkat road trip. Toh jangka waktu SIM tersebut sampai lima tahun. Jadi, kalau kamu berencana road trip di luar negeri di tahun berikutnya, SIM internasional kamu masih bisa dipakai.

Proses pembuatan SIM ini sangat mudah, lho. Kamu hanya perlu datang ke Korlantas Polri di Jalan MT. Haryono No.37-38 Pancoran, Jakarta Selatan, dengan membawa persyaratan yang diperlukan, seperti SIM asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, paspor asli dan fotokopi, pas foto 4x6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang berwarna biru, dan materai 6000.

Biaya membuatnya cuma Rp250.000 dan gak perlu pakai tes tertulis atau ujian praktek. Kamu cukup menunggu dan satu jam kemudian SIM internasional kamu sudah selesai.

3. Mengajak teman seperjalanan yang mahir menyetir

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Elijah O'Donnell

Road trip di dalam negeri saja disarankan tidak sendirian. Apalagi road trip di negeri orang? Jadi, pastikan kamu mengajak minimal satu teman untuk melakukan perjalanan tersebut.

Pastikan pula teman kamu itu sudah jago menyetir mobil dan sudah mengantongi SIM internasional. Hal ini sebagai usaha supaya kamu bisa bergantian menyetir dengan travelmate-mu saat kamu sudah kelelahan.

Andai saja kamu tiba-tiba kesasar dan terdampar di wilayah yang sepi dan terpencil, setidaknya kamu punya kawan untuk sama-sama meminta pertolongan.

4. Pahami peta negara tujuan

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Dominika Roseclay

Untuk yang baru pertama kali road trip di negara tujuan, tentunya kamu masih belum ada bayangan seperti apa medan yang bakal kamu hadapi. Untuk itu, bekali perjalanan kamu dengan informasi sedetail mungkin terkait kondisi jalan raya dan situasi menuju destinasi pilihanmu.

Pelajari juga rambu-rambu lalu lintas dan peraturan berkendara di negara tujuan. Jangan sampai kamu terpaksa mengeluarkan uang jutaan hanya karena kena tilang.

Baca Juga: Bosan Saat Single Trip di Kereta? Kamu Bisa Lakukan 6 Aktivitas Ini

5. Download peta offline atau bawa GPS

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Pixabay

Bukan gak mungkin di beberapa wilayah yang kamu datangi bakal kesusahan sinyal telepon seluler yang bikin kamu kesulitan untuk mengakses aplikasi peta di smartphone-mu.

Supaya kamu bisa tetap menggunakan peta selama road trip, pastikan kamu sudah mengunduh peta offline sebelum perjalanan dimulai. Jika kamu punya GPS, boleh juga menggunakan alat tersebut agar meminimalkan kejadian salah jalan.

6. Memilih perusahaan penyewaan mobil yang kredibel

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Pixabay

Penting banget buat kamu saat menentukan perusahaan tempat kamu akan menyewa mobil di negara tujuan. Sebaiknya pilih perusahaan yang benar-benar kredibel meski biaya sewanya sedikit agak mahal.

Kalau memungkinkan, kamu bisa booking mobil tersebut secara online jauh-jauh hari sebelumnya. Sehingga saat kamu tiba di negara tujuan, kamu bisa langsung menuju lokasi penyewaan tersebut untuk serah terima mobil sewaan.

7. Bawa obat-obatan pribadi dari negeri asal

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Julie Viken

Obat-obatan pribadi sangat penting disiapkan saat kamu melakukan traveling. Walaupun terkadang jarang dipakai karena ternyata kamu selalu sehat selama perjalanan, tapi poin ini tetap gak boleh kamu sepelekan.

Usahakan membawa obat-obatan pribadi yang kamu sediakan dari negara asal, bukan membeli di luar negeri. Sebab biasanya dosis setiap obat di luar negeri agak berbeda dengan dosis obat di Indonesia.

8. Menyiapkan bekal logistik untuk road trip

8 Tips Road Trip di Luar Negeri, Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!pexels.com/Edu Carvalho

Bekal makanan dan minuman yang cukup juga gak boleh luput kamu siapkan sebelum road trip. Jangan sampai kamu kehabisan logistik saat berada di wilayah yang jarang terdapat minimarket.

Jika di negara asal, kamu masih bisa memperkirakan di mana terdapat warung untuk sekadar berhenti dan menambah perbekalan. Tapi kalau di luar negeri, bisa jadi kamu bakal kesulitan. So, jangan sampai kehabisan bekal saat di perjalanan, ya.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan road trip di luar negeri. Saking serunya road trip di negeri orang, pastikan kamu melakukannya minimal sekali seumur hidupmu.

Hayo, sudah terbayang pengin menjajal road trip ke negara mana? Kalau ada tips tambahan, boleh lho share di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Tips Hemat Bahan Bakar Saat Road Trip dengan Mobil

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You