Comscore Tracker

5 Tips Penting Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Pendakian

Yang punya jiwa petualang wajib baca, nih!

Banyak tantangan dan pengalaman dari mendaki gunung, membuatnya tidak pernah didapat dari traveling pada umumnnya. Melakukan pendakian tentu akan membuat tenagamu terkuras. Hal tersebut bisa saja membuatmu kelelahan dan dehidrasi. Nah, agar kamu terhindar dari dehidrasi saat melakukan pendakian, terapkan beberapa tips berikut.

1. Membawa persediaan air minum yang cukup

5 Tips Penting Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Pendakianunsplash.com/Kate Joie

Pastikan kamu membawa air minum dalam jumlah yang banyak agar mencukupi selama pendakian. Kamu juga tidak bisa mengandalkan persediaan air minum temanmu jika sewaktu-waktu air minum milikmu habis. Sebab kamu dan temanmu harus minum air yang cukup agar tak dehidrasi.

2. Letakkan botol air minum di tempat yang strategis

5 Tips Penting Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Pendakianunsplash.com/HONG FENG

Pastikan kamu meletakkan botol air minum di tempat yang strategis dan mudah diambil. Sebab semakin mudah kamu mengambil botol air minum maka hal tersebut bisa mengusir rasa malasmu untuk minum air. Saat kamu meletakkan botol air minum di tempat yang sulit untuk diambil, tentu kamu akan merasa malas untuk minum air. Sebab kamu merasa ribet dalam mengambilnya dan memakan waktu yang cukup lama.

3. Hindari air minum yang mengandung gula

5 Tips Penting Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Pendakianunsplash.com/Jens Johnsson

Saat kamu melakukan pendakian pastikan kamu menghindari air minum yang mengandung gula. Sebab minuman yang mengandung gula tidak mudah diserap oleh tubuh. Sehingga kamu akan merasa dehidrasi meskipun sudah teratur minum.

Baca Juga: 6 Tips Mendaki Gunung Saat Ramadan, Puasa Tetap Lancar dan Nyaman

4. Konsumsi air dingin

5 Tips Penting Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Pendakianunsplash.com/Matteo Sönning

Lebih baik mengonsumsi air dingin daripada air minum yang mengandung gula saat kamu melakukan pendakian. Sebab air dingin lebih mudah diserap oleh tubuh. Sehingga tubuhmu tidak kekurangan cairan ketika sedang mendaki.

5. Minum air secara teratur, jangan di saat merasa haus saja

5 Tips Penting Agar Kamu Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Pendakianunsplash.com/Bit Cloud

Minum air putih secara teratur sangat diperlukan saat kamu melakukan pendakian. Aktivitas yang banyak tentu membuat cairan yang ada di dalam tubuhmu semakin berkurang. Namun kamu jangan minum hanya saat merasa haus saja, sebab hal tersebut bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Jadi jangan menunggu rasa haus itu datang, minumlah secara rutin meskipun kamu tak merasa haus.

Itulah lima tips penting yang harus kamu lakukan agar terhindar dari dehidrasi selama melakukan pendakian. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 Tips Hiking buat Kamu yang Baru Pertama Kali Mendaki Gunung

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You