Comscore Tracker

5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!

Yuk, perhatikan!

Kamera merupakan salah satu perlengkapan yang cukup penting selama traveling. Pasalnya kamera berfungsi sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengabadikan setiap aktivitas yang kamu lakukan selama traveling. Meskipun sekarang sudah banyak ponsel dengan kualitas kamera yang canggih, namun tetap saja kamera tak akan bisa dipisahkan dengan yang namanya traveling.

Buat kamu yang kerap membawa kamera saat melakukan traveling, kamu perlu hati-hati ya selama perjalanan. Pasalnya, jika tak disimpan dengan benar selama traveling maka bisa saja kameramu akan rusak atau bahkan hal mengerikan lainnya seperti dicuri bisa saja terjadi jika kamu lalai.

Meskipun berisiko, kamu tetap bisa membawa kamera dengan aman saat traveling selama mau menerapkan beberapa tips berikut.

1. Tidak mengemas kamera dengan sekaligus

5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!pexels.com/Andrew Neel

Jika kamera yang kamu gunakan untuk traveling adalah jenis DSLR, maka alangkah baiknya untuk melepaskan bagian-bagian kamera sebelum dimasukkan ke dalam tas mengingat ukuran kamera ini yang cukup besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kamera jika dimasukkan begitu saja ke dalam tas. Pastikan kamu melakukan hal itu, ya!

2. Tidak sembarangan mengeluarkan kamera selama traveling

5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!pexels.com/edwin josé vega ramos

Kamu tidak boleh sembarangan mengeluarkan kamera selama traveling. Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan kamera yang kamu bawa. Jangan hanya karena ingin bergaya kamu lantas seenaknya mengeluarkan kamera dari tas bahkan sembarangan mengalungkannya di leher. Pastikan kamu menggunakan kamera di tempat yang aman agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 7 Keuntungan Memakai Kamera Full Frame, Cocok untuk Profesional! 

3. Selalu membawa alat pembersih kamera

5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!pexels.com/Blaque X

Agar kameramu tetap terjaga kebersihannya maka kamu perlu membawa alat pembersih kamera. Hal itu diperlukan untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang bisa memengaruhi kualitas dari hasil gambar. Sehingga akan didapat potret yang sempurna. Dengan begitu, traveling-mu akan aman dan terasa menyenangkan.

4. Lindungi kamera dengan perlengkapan lainnya

5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!pexels.com/Fujifilm North America

Menjaga keamanan kamera selama traveling tentu sangat diperlukan. Tak hanya aman dari pencuri ataupun orang jahat lainnya tapi harus aman pula dari kerusakan kamera karena hal yang tidak diinginkan. Nah, agar tak terjadi kerusakan tersebut, kamu perlu melindungi kamera dengan perlengkapan lainnya misalnya dengan membungkus kamera menggunakan bubble wrap dengan rapat atau menggunakan tas khusus untuk kamera selama traveling.

5. Gunakan kamera dan aksesorisnya sesuai dengan kebutuhan

5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!pexels.com/rawpixel.com

Kamu perlu menakar kebutuhan akan kamera dan aksesoris lainnya selama melakukan traveling. Sebab tak semua aksesoris kamera akan digunakan setiap waktu selama kamu traveling. Jika memang tak membutuhkan tripod maka kamu tak perlu membawanya begitupun dengan aksesoris yang lainnya. Jadi, pastikan kamu membawa kamera serta aksesorisnya yang sesuai dengan kebutuhan selama traveling.

Itulah lima cara aman membawa kamera saat kamu sedang traveling. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya