Comscore Tracker

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburan

Tak hanya healing, tapi juga menambah pengetahuan

Liburan memang waktu terbaik untuk mewujudkan susunan rencana perjalanan yang telah lama di impikan. Berkeliling dan melihat beragam spot menarik saat liburan memang menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan. 

Buat kamu yang suka dengan wisata sejarah wajib mencoba jasa walking tour. Sebab, kamu dapat membuat pengalaman berwisata jadi lebih berkesan. Bukan hanya sebatas menyenangkan saja, tapi walking tour juga memiliki banyak keunggulan lainnya, lho. Berikut delapan di antaranya.

1. Menyajikan pengetahuan sejarah

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi liburan ke tempat bersejarah (pexels.com/Matheus Bertelli)

Kamu seorang pecinta sejarah dan antusias dengan hal-hal yang berbau tempat yang memiliki filosofi khusus mengenai masa lampau? Walking tour bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengekspor lebih jauh minat yang ada dalam dirimu.

Dengan melakukan kegiatan wisata berjalan kaki, kamu bisa lebih leluasa melihat, mengobservasi, dan menikmati setiap sejarah yang disajikan secara langsung. Jika kekurangan informasi, kamu bisa bertanya kepada pemandu wisata yang akan menjelaskan secara rinci mengenai pertanyaanmu.

2. Berwisata sekaligus olahraga

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi walking tour (pexels.com/Luis Quintero)

Saat melakukan walking tour, wisatawan akan diajak berkeliling dengan berjalan kaki mengitari berbagai tempat destinasi. Selain menyenangkan karena bisa langsung melihat kondisi dan suasana tempat sejarah dengan berjalan kaki, wisatawan pun akan mendapatkan double benefit.

Walking tour bisa menjadi sarana yang tepat untuk berlibur sembari olahraga. Berjalan kaki sepanjang rute bersama pemandu wisata dan teman-teman lainnya tidak akan membuat kamu cepat lelah, deh!

3. Fun fact ekslusif dari pemandu

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi berwisata (pexels.com/Rachel Claire)

Saat liburan sendiri atau bersama teman di situs sejarah atau tempat menarik lainnya, kamu pasti hanya mengandalkan dari papan informasi yang disediakan pada area wisata. Kamu juga bisa mencari tahu melalui internet tentang seluk beluk tempat wisata tersebut.

Dengan melakukan walking tour, kamu tidak hanya sekadar mendapatkan penjelasan yang detail dari pemandu. Jika beruntung, kamu juga bisa mendapatkan bocoran mengenai fakta-fakta unik dari sejarah yang pernah terjadi di masa lampau. Bisa juga mitos yang beredar di masyarakat setempat, lho.

4. Melihat langsung destinasi pilihan

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi mengunjungi tempat wisata (pexels.com/Jennifer Marchetti)

Setelah pandemi membuat vakum pariwisata, dua tahun terakhir wisata hanya bisa dilakukan via virtual, di mana artinya hanya bisa melihat melalui layar ponsel ataupun komputer. Kini, telah dibuka lagi berbagai destinasi pilihan yang siap dikunjungi para wisatawan.

Mungkin kamu perlu merencanakan untuk melakukan walking tour, seorang pemandu akan secara gamblang menjelaskan terkait tempat wisata. Ia akan mengajak kamu lebih dekat mengenali dan memperhatikan setiap detailnya.

Baca Juga: 10 Tips dan Persiapan Walking Tour untuk Pemula, Tetap Aman dan Nyaman

5. Mendapat kenalan baru

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Walking tour identik dengan suatu rombongan yang dipandu oleh seorang tour guide. Para wisatawan yang tergabung dalam satu rombongan akan diajak berkeliling dan mendengarkan kisah sejarah di balik suatu tempat.

Berlibur dengan berjalan kaki ini menawarkan pengalaman untuk bisa berkenalan dan bertemu orang asing, lho. Kamu akan bertemu dengan orang baru yang memiliki ketertarikan yang sama pada sejarah destinasi yang kamu pilih. Tentunya akan banyak cerita menarik saat membicarakan sesuatu yang disuka dengan seorang yang baru ditemui.

6. Pengalaman yang anti-mainstream

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi walking tour (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Walking tour bisa membuatmu mendapatkan pengetahuan langsung dari pemandu wisata secara detail dan terpercaya, mengenai suatu destinasi wisata. Kamu juga akan memiiki kesan baru dengan mengobrol bersama rombongan yang berisi orang-orang dengan minat yang sama.

Hal itu adalah sebagai keuntungan yang bisa didapatkan eksklusif jika kamu mengikuti walking tour. Selain itu pengalaman baru berjalan kaki mengitari tempat-tempat yang cantik akan membekas di ingatan, sebagai hal baru yang berbeda.

7. Informasi valid dan terpercaya

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi tour guide (pexels.com/William Fortunato)

Ketika memutuskan untuk melakukan walking tour kamu tidak perlu khawatir tentang kevalidan suatu informasi. Sebab, pemandu wisata yang bertugas menemani rombonganmu selama rute habis akan menjelaskan berdasarkan riset yang mendalam.

Tour guide akan berusaha memaparkan info-info terpercaya yang tersembunyi di balik suatu tempat baik itu latar belakangnya, hingga pengetahuan yang menarik. Dengan mengikuti dan mendengarkan secara seksama, kamu bisa mendapat materi terbaru terkait sejarah tempat wisata tersebut.

8. Cocok untuk berburu foto

8 Alasan Walking Tour Jadi Pilihan Menyenangkan untuk Habiskan Liburanilustrasi berburu foto (pexels.com/Fox)

Mengunjungi suatu tempat secara langsung dapat memberi keleluasaan dalam mengambil momen dengan lensa kamera. Begitu mengasyikkan, bukan, dapat mengambil potret suasana dari angle yang terbaik?

Dengan walking tour, seseorang fotografer memungkinkan untuk mengeksplorasi lebih banyak objek-objek yang hanya bisa ditangkap kamera. Ini dirasakannya saat bersentuhan langsung dengan tempat tersebut.

Tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu liburanmu dengan walking tour. Sebab, kegiatan satu ini juga memiliki keunggulan tersendiri. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kanal YouTube untuk Virtual Walking Tour yang Seru

Mega Ansav Photo Verified Writer Mega Ansav

Waspada dulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya