Comscore Tracker

Syarat dan Tarif Baru Mengurus Visa Schengen 2020, Kamu Sudah Tahu?

Yang mau liburan ke Eropa jangan sampai skip info, nih!

Eropa menjadi destinasi liburan impian kebanyakan orang di Indonesia. Banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Biar bisa menembus ke sana, kamu memerlukan Visa Schengen. Visa tersebut memang ditujukan khusus saat akan mengunjungi negara di Eropa.

Bagi kamu yang berencana berlibur ke sana, sebaiknya persiapkan dana yang lebih. Pasalnya, per Februari 2020, biaya visa mengalami kenaikan hingga 33 persen.

Seperti yang dikutip dari Schengenvisainfo, berikut beberapa perubahan aturan terkait dengan kenaikan biaya visa. Yuk, disimak!

1. Naiknya tarif visa untuk semua pelamar

Syarat dan Tarif Baru Mengurus Visa Schengen 2020, Kamu Sudah Tahu?focusasiatravel.com

Kenaikan biaya pembuatan visa ini cukup membuat kantong menjerit. Mulai Februari 2020, biaya Visa Schengen bagi WNI yang semula hanya 60 Euro atau Rp935 ribu akan naik menjadi 80 Euro atau sekitar Rp1,2 juta. 

Selain itu, kenaikan harga ini tak pandang bulu. Visa Schengen dengan kategori anak usia 6-12 tahun pun juga mengalami kenaikan. Semula hanya 35 Euro atau Rp545 ribu, kini menjadi 40 Euro atau Rp625 ribu per orang.

Harga kenaikan tersebut menunjukkan bahwa meski ada peningkatan, biaya pembuatan visa ini tetap lebih rendah, jika dibandingkan dengan negara lain. Misalnya Amerika Serikat yang setara Rp2,1 juta dan Australia seharga Rp1,3 juta.

2. Bisa mengajukan enam bulan sebelum keberangkatan

Syarat dan Tarif Baru Mengurus Visa Schengen 2020, Kamu Sudah Tahu?vietnamembassy-turkey.org

Jika sebelumnya pemohon visa baru bisa mengajukan tiga bulan sebelum perjalanan, maka tidak lagi untuk peraturan baru ini. Pasalnya, kamu bisa mengajukan sedini mungkin, atau setidaknya enak bulan sebelum keberangkatan.

Berbeda lagi dengan para pedagang yang menggunakan jalur laut, mereka diberikan keringanan waktu untuk mengajukan Visa Schengen sembilan bulan sebelum kedatangan di pelabuhan tujuan.

Uni Eropa telah menginstruksikan negara-negara anggotanya untuk memberikan izin para pelamar visa mengisi dan mengirimkan formulir secara elektronik atau email, jika memungkinkan.

Baca Juga: Cara Membuat Visa untuk Liburan ke Luar Negeri, Kamu Sudah Punya?

3. Manfaat bagi wisatawan tanpa riwayat visa negatif

Syarat dan Tarif Baru Mengurus Visa Schengen 2020, Kamu Sudah Tahu?schengenvisaitinerary.com

Bagi para pelancong yang sering menjadikan Eropa sebagai negara jujugan, entah untuk bisnis, liburan, atau jangka pendek lainnya, bakal mendapatkan keuntungan lebih. Meski mengalami kenaikan, bukan berarti merugikan, lho.

Para pendatang ini bakal mendapatkan visa masuk ganda yang berlaku hingga lima tahun, dengan catatan punya riwayat visa yang positif. Berikut persyaratannya:

  • Secara sah masih menggunakan visa yang sebelumnya dipakai.
  • Memiliki situasi atau kondisi ekonomi yang baik dari negara asal. Disertai dengan bukti, seperti cetakan tabungan, dan lainnya.
  • Meninggalkan area Eropa tanpa melebihi waktu yang sudah disepakati.

Nah, itulah beberapa informasi seputar Visa Schengen dari persyaratan, cara membuat dan tarif barunya. Siapkan semua berkas dengan baik ya biar perjalanan jadi lancar tanpa hambatan. Negara Eropa mana yang mau kamu datangi, nih?

Baca Juga: Cara dan Tips Memperpanjang Visa Demi Liburan Nyaman ke Luar Negeri

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya