Comscore Tracker

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyaman

Liburan sendirian gak selalu terkesan menyeramkan

Liburan bisa dilakukan dengan siapa saja. Banyak orang memilih liburan dengan sahabat atau keluarga. Banyak pula yang memutuskan untuk solo traveling.

Diperlukan persiapan matang sebelum berangkat, supaya terhindar dari hal-hal yang gak diinginkan. Seperti yang dilansir dari Buzzfeed, berikut sepuluh tips liburan solo traveling, biar makin seru dan tetap aman. Simak ya! 

1. Lakukan riset secara lengkap

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Francesca Tirico

Ini merupakan salah satu hal yang paling penting dilakukan sebelum liburan. Pastikan dulu ke mana kamu akan pergi, akomodasi yang dipilih, tempat menginap, sampai informasi terkait tempatmu berlibur.

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang lagi. Jangan sampai kamu pergi ke suatu tempat, tapi gak tahu apa-apa. Bisa jadi hal yang berbahaya, lho!

2. Bergabung dengan komunitas solo traveler

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Kylie Lugo

Kalau masih belum yakin dengan keputusan liburan sendirian, kamu bisa mencari pendapat dari orang-orang terdekat. Pilih yang sudah pernah melakukan solo traveling ya.

Salah satu caranya adalah bergabung dengan komunitas solo traveler. Dengan begitu, kamu pasti mendapatkan pandangan dan kekuatan untuk semakin mantap berlibur sendirian.

3. Menginaplah di tempat yang ramah solo traveler

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Toa Heftiba

Pastikan tempat menginapmu aman. Dalam artian berada di lingkungan yang ramai dan terjamin baik ulasannya di internet. Kalau kamu pengin menginap dengan harga murah, pilihlah kamar dengan tipe dorm atau asrama.

Biasanya satu kamar terdiri dari beberapa kasur dan ditinggali para traveler lainnya. Kamu bisa sekalian berkenalan dengan mereka. Siapa tahu dapat teman baru, ya kan?

4. Pisahkan uangmu

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Allef Vinicius

Untuk berjaga-jaga dari insiden penjambretan, ada baiknya kamu memisahkan sebagian uangmu. Jangan meletakkan semua uangmu di dalam dompet, tinggalkan beberapa di penginapan.

Dengan begitu, seandainya hal buruk terjadi, kamu masih memiliki uang simpanan. Selain itu, pastikan juga tas yang kamu pakai kuat dan ritsletingnya tidak rusak, supaya aman dari oknum-oknum pencuri.

5. Catat nomor polisi setempat

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/William Iven

Sebaiknya sedia payung sebelum hujan, bukan? Ada baiknya kamu mencatat semua nomor penting di tempatmu berlibur. Catat nomor polisi setempat serta nomor panggilan daruratnya.

Dengan begitu, kalau kamu sedang dalam keadaan bahaya, bisa langsung menghubungi nomor-nomor tersebut. Penting banget, nih!

6. Sesuaikan pakaianmu dengan budaya di sana

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanusnplash.com/Flaunter.com

Cari tahu dulu soal budaya di tempatmu berlibur. Pasalnya, beberapa kota dan negara memiliki budaya dan wewenang yang berbeda-beda. Daripada kamu malu karena salah kostum, perdalam lagi risetnya ya.

Menyesuaikan dengan cuaca setempat juga bisa jadi alasan. Jangan sampai kamu berlibur ke daerah tropis, tetapi pakaian yang kamu bawa adalah sweater atau hoodie tebal.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Indonesia yang Bikin Putus Cinta, Mitos atau Fakta?

7. Gandakan dokumen penting

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Blake Guidry

Sebelum berangkat, ada baiknya menggandakan dokumen-dokumen penting yang dibawa, seperti paspor. Pastikan kamu memberikannya kepada teman baikmu dan keluargamu. Kalau semisal hilang, kamu masih punya cadangannya.

Beritahukan pula rencana perjalananmu selama liburan kepada sahabat dan keluarga. Hal ini bertujuan supaya mereka tahu kalau kamu baik-baik saja nantinya.

8. Bawalah alat-alat pelindung diri

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanscotsmanshield.com

Supaya lebih aman, bawalah alat pelindung diri yang simpel, tapi tetap berguna, seperti semprotan merica. Kalau kamu berada dalam situasi berbahaya atau diganggu oleh orang yang gak dikenal, kamu bisa menggunakannya.

9. Pakai simcard tempat kamu berlibur

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Brett Jordan

Jika berlibur ke luar negeri, mencari Wi-Fi bukan pekerjaan mudah, karena biasanya khusus di beberapa titik saja. Kalau mau pakai kartu asal negara, pasti akan sangat mahal.

Nah, lebih baik pakai saja simcard daerah tersebut. Selain lebih murah dan hemat, sinyalnya pun pasti lebih kuat dan tidak mengganggu aktivitas berliburmu.

10. Maksimalkan fungsi HP

10 Tips buat Kamu yang Berencana Solo Traveling biar Aman dan Nyamanunsplash.com/Oleg Magni

Ketika liburan sendirian, gunakan HP-mu dengan baik, seperti mencari tempat makan terdekat, destinasi mana yang sebaiknya dikunjungi, dan informasi lalu lintasnya. Semuanya akan membantu dan memudahkan kegiatanmu.

Itulah sepuluh tips  buat kamu yang berencana solo traveling. Dengan berbagai tips di atas, dijamin liburanmu akan tetap seru dan nyaman. Jadi, mau ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 12 Destinasi Terbaik untuk Solo Traveler Pemula, Bikin Gak Mau Pulang

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya