Comscore Tracker

5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!

Yang penting happy!

Banyak kegiatan atau aktivitas setiap harinya membuat kita jenuh dan stres sendiri. Ada kalanya kita bosan dengan padatnya jalanan atau panasnya udara di perkotaan. Ingin rasanya sejenak menepi dan mengambil waktu untuk berlibur.

Beberapa tawaran untuk menikmati tempat wisata sudah berdatangan. Terlebih saat feed explore di Instagram banyak menunjukkan tempat-tempat yang kece untuk didatangi. Tapi bagaimana dengan kita yang tidak memiliki cukup budget untuk berlibur?

Apalagi untuk anak kos. Meski sudah bekerja yang berpenghasilan sendiri, sebagai anak kos tetap harus pandai mengatur keuangan agar bisa bertahan sampai gajian di bulan berikutnya tiba. Tapi bagaimana dengan keinginan dan kebutuhan untuk liburan?

1. Rencanakan dengan baik liburanmu

5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!Unsplash.com/martenbjorks

Terlepas dari apakah kamu seorang pelajar atau pekerja, tentu saja berlibur membutuhkan waktu khusus. Tentu saja agar tidak menganggu kegiatan atau aktivitas utama kita. Ya, mengambil waktu untuk berlibur juga akan membantu kita mengatur biaya yang dibutuhkan.

Dengan merencanakan kapan dan kemana kita akan pergi, kita bisa mengatur seberapa banyak biaya yang akan kita keluarkan. Bahkan jika di luar budget awal kita pun akan kembali memperhitungkan apa-apa saja yang memang dibutuhkan dan apa yang tidak perlu dipenuhi lebih dulu.

2. Sisihkan uang saku tanpa terlalu mengirit

5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!Unsplash.com/rawpixel

Hemat itu harus. Apalagi kalau untuk menabung. Tak selalu untuk berlibur, tapi untuk kebutuhan yang lainnya juga. Menyisihkan sebagian dari uang saku sehari-hari adalah caranya. Jika kamu sudah memiliki rencana dan tahu budgetnya. Maka kamu akan tahu seberapa banyak uang yang harus kamu tabung dari sisa uang sakumu setiap harinya.

Tentu saja tanpa berperilaku terlalu mengirit atau pelit terhadap diri sendiri. Jangan sampai makan siang pun tidak kamu lakukan hanya karena ingin berhemat. Kamu tetap bisa menikmatinya dengan cara lain. Membawa bekal mungkin dengan biaya yang lebih murah daripada membeli. Berhemat itu harus tapi tidak sampai merugikan diri sendiri demi kesenangan sesaat nanti.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Irit dan Nyaman Ala Smart Backpacker

3. Bawa bekal saat berlibur

5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!Instagram.com/odilejp

Liburan memang tak perlu yang mahal. Termasuk untuk makanan yang akan kamu konsumsi nantinya. Jika kamu bisa menghemat banyak biaya dari jatah uang jajan di tempat liburanmu dengan membawa bekal sendiri. Kenapa harus mengeluarkan uang untuk membelinya di luar.

Saat kamu membawa bekal sendiri. Kamu akan berlatih banyak hal. Dari memasak sampai mengatur waktumu sendiri. Kamu menjadi lebih tahu makanan yang benar-benar kamu sukai dan mana yang hanya ingin kamu coba. Bawalah bekal dari kos atau rumahmu.

4. Ajak teman buat patungan

5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!Unsplash.com/aliciasteels

Tinggal di kos atau mengontrak bersama teman-teman bisa menjadi keuntungan bagimu. Kamu bisa mengajak mereka untuk patungan biaya liburan. Dari akomodasi sampai konsumsi. Sekali lagi, tidak perlu mahal.

Kalian bisa berlibur di taman kota atau tempat wisata alam yang lebih murah. Kalian bisa patungan untuk membeli bahan bakar kendaraan, membeli bahan untuk bekal sampai membeli oleh-oleh. Selain lebih hemat, kalian juga bisa saling mendekatkan diri dengan teman di kos lo.

5. Jangan memaksakan diri karena gengsi

5 Tips Liburan Ala Anak Kos, Cocok Buat si Kantong Tipis!Unsplash.com/wildlittlethingsphoto

Yang terakhir yang paling penting adalah jangan memaksakan diri untuk meniru gaya orang lain. Kita semua memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Jika kita hanya bisa memenuhi kebutuhan liburan sesuai dengan kemampuan kita, maka jangan paksakan meniru gaya orang lain. Jangan hanya terpancing dengan postingan di sosial media. Tak semua yang kamu lihat seindah apanyang sebenarnya terjadi.

Tak perlu bingung, sebab saat ini sudah banyak tempat wisata yang murah namun memiliki fasilitas yang lengkap. Termasuk menyediakan spot foto yang sangat Instagramable. Tidak harus pergi ke tempat yang jauh dan mahal. Manfaatkan saja fasilitas yang ada. Yang terpenting adalah kamu menikmati liburanmu dan bisa kembali segar dan siap beraktivitas.

Baca Juga: 10 Tips Liburan Ramah Lingkungan, Jadi Traveler yang Lebih Bijak Yuk!

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya