Comscore Tracker

5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!

Jangan sampai nyesal di akhir

Dari begitu banyak alasan, "tidak ada dana" adalah hal yang paling sering bikin kita batal traveling. Niatnya sih sudah menggebu-gebu, tapi mendekati hari-H baru sadar kalau tabungan sudah menipis. Padahal, kalau ada niat dan strategi yang tepat, keuangan harusnya gak jadi masalah. Coba ikuti lima tips berikut ini supaya bisa lebih hemat sekaligus mendapat tambahan dana untuk berlibur!

1. Rem keinginan belanja yang bakal kamu sesali nantinya

5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!Pixabay.com/PhotoMIX-Company

Nabung untuk traveling bisa selamanya jadi wacana kalau gak sengaja lihat tulisan "sale" saja keyakinanmu sudah goyah. Hentikan hasrat belanja barang-barang yang kurang penting atau kamu akan menyesal nantinya. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, pikirkan berulang kali apakah barang tersebut masuk skala prioritas atau hanya lapar mata.

2. Jual benda-benda yang tak lagi terpakai

5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!Unsplash.com/Shanna Camilleri

Daripada disimpan dan makin menumpuk tanpa guna, mending jual barang-barangmu yang sudah tak terpakai lagi. Misalnya seperti pakaian, sepatu, buku, dan sebagainya. Apalagi kini banyak e-commerce yang memungkinkan kamu menjual barang bekas dengan mudah dan cepat.

3. Cari kost yang lebih murah tapi tetap nyaman

5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!bourre-valdecher.com

Kalau kamu mahasiswa atau pekerja yang masih perlu membayar sewa kost, carilah yang murah tapi nyaman dan layak. Bisa juga join dengan temanmu, sehingga biaya bayar kost bisa dibagi dua deh.

4. Abaikan keinginan jajan

5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!Pixabay.com/Pexels

Gaya hidup juga jadi alasan utama kenapa kamu selalu bokek duluan sebelum sempat pergi traveling. Kalau masih punya kebiasaan jajan dan nongkrong hampir tiap hari, gimana bisa ada sisa uang untuk nabung? Coba rem keinginan ini sementara waktu dengan rutin makan di rumah atau membawa bekal.

5. Cari dana tambahan dengan jadi  freelancer

5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!Unsplash.com/William Iven

Lowongan kerja part time atau freelance sekarang banyak tersedia di berbagai bidang. Kamu bisa cari di situs penyedia informasi kerja seperti sribulancer.com contohnya, lalu cari bidang yang sesuai dengan minat dan waktumu. Bisa juga melakukan kegiatan atau hobi yang sekaligus bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kelima langkah di atas gak akan bisa terlaksana tanpa niat dan keinginan yang kuat. So, tanya dirimu siap gak untuk bersakit-sakit dahulu sebelum bersenang-senang kemudian?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya