Comscore Tracker

Liburan 4 Hari 3 Malam di Bandung Tapi Budget Mepet? Ini Tipsnya

Liburan elit gak harus mahal, nih buktinya!

Mengunjungi daerah baru adalah hal paling menantang dalam sebuah perjalanan. Apalagi dengan kantong pas-pasan tapi kaki gatel banget buat jalan. Perjalanan kali ini diputuskan untuk ke daerah Jawa Barat, Bandung.

Bandung merupakan kota yang biasa disebut Paris Van Java karena memiliki suasana yang mirip seperti di Paris. Bandung adalah kota yang menyuguhkan banyak sekali tempat wisata seperti alamnya, kulinernya, bangunan artistiknya dan tentu pusat perbelanjaannya.

Hari pertama kami berangkat dari Surabaya-Bandung via kereta api selama 15 jam, sampai langsung ke penginapan via go-car. Hari Kedua ke Gunung Tangkuban Perahu, Observatorium Bosscha, Farm House dan wisata kuliner. Hari ketiga, hari terakhir jadi perjalanannya lumayan jauh nih 2 jam sampai ke Kawah Putih dan menikmati malam terakhir di pusat perbelanjaan Cihampelas, Gedung Tusuk Sate dan Alun-alun Bandung.

Bandung juga tidak tidur meski tengah malam. Hari keempat, bersamaan dengan hari terkahir di Paris Van Java kita beristirahat di kereta kencana kembali. Mulai perjalanan awal hingga pulang selama 4 hari 3 malam kami hanya mengeluarkan 600.000 rupiah aja lho itu juga sudah termasuk penginapan dan transportasi! Kok bisa? Ini dia tipsnya!

  1. Carilah tiket kereta api termurah. Biasanya ada aplikasi yang menyediakan jasa pembelian tiket kereta dengan harga diskon. Surabaya ke Bandung 94.000 rupiah. So, perbanyak aplikasi travelling kalian. 
  2. Carilah penginapan termurah. Per malam 97.000 rupiah di isi 2 orang jadi 48.500 per orang per malam. Gak usah bingung cari channel atau web referensi karena sekarang juga sudah banyak tersedia aplikasi pesan hotel. Jangan lupa selalu cari kode diskonan. 
  3. Carilah alat transportasi yang murah juga aman dan nyaman yaitu pilihlah rental mobil harian. Jangan lupa cari yang diskonan juga dan ajak teman yang bisa nyetir dan punya SIM A biar ga sewa supir lagi. Kali ini carilah di sosial media seperti Instagram, Facebook dan sosmed lainnya. Sewa mobil harga diskon per hari 200.000 rupiah.
  4. Bensin juga masuk hitungan nih karna tidak include bersama mobil sewaannya. Isilah BBM 50.000 rupiah saja setiap trip. Pastikan mobil yang kalian sewa hemat BBM ya. Kenapa diisi 50.000 rupiah saja? Karena biar gak sisa banyak bensinnya sewaktu mengembalikan mobil rentalnya.
  5. Perjalanan stasiun ke penginapan gunakan taksi online yang promo karna sangat berguna untuk menekan biaya travelling murah meriah tapi elit kalian.

Nah kalau tiket dari wisata yang dikunjungi, berikut daftar harga perjalanan di atas.

  1. Gunung Tangkuban Perahu harga masuknya 25.000 rupiah per orang. 
  2. Observatorium Bosscha harga masuknya 15.000 rupiah per orang.
  3. Farm House harga tiket masuknya 20.000 rupiah per orang.
  4. Kawah Putih Ciwidey harga tiket masuknya 250.000 rupiah per mobil plus 6 orang.
  5. Pusat perbelanjaan Cihampelas, gedung tusuk sate dan Alun-alun Bandung hanya membayar parkir.

Itulah tadi tips dan trik jalan-jalan hemat tapi elit banget ke Bandung selama 4 hari 3 malam. Tertarik? Selamat Mencobanya.

Ratna Ramadani Photo Community Writer Ratna Ramadani

lifestyle is cheap and happiness

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You