Comscore Tracker

5 Tips Dasar Menabung Buat Kamu yang Ingin Sering Traveling, Gampang!

Ingin rajin piknik gak harus jadi orang kaya dulu lho!

Punya hobi piknik atau traveling? Hobi untuk menjelajah atau traveling keliling daerah wisata baik dalam maupun luar negeri memang mengasyikkan. Selain bisa melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, kita juga bisa menemui banyak cerita dan pengalaman baru yang bermanfaat setelahnya. 

Namun gak bisa dipungkiri, memiliki hobi jalan-jalan ini bisa dibilang cukup menguras isi dompet. Karena itu seorang traveler sejati harus pintar dalam mengelola finansial demi target traveling yang bisa terealisasi. Buat kamu yang ngaku traveler, berikut ini tips simpel yang harus kamu lakukan agar kamu terus bisa rutin traveling!

1. Berkomitmen untuk lebih hemat dan gak boros untuk hal-hal yang kurang penting

5 Tips Dasar Menabung Buat Kamu yang Ingin Sering Traveling, Gampang!Unsplash.com/@tphocus

Mungkin terdengar klise, namun hidup hemat adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Selalu buat mindset bahwa kamu harus bisa menyimpan uang sebanyak mungkin dan tidak hidup boros. Kurangi kebiasaan-kebiasaan yang tidak berkontribusi untuk menambah pundi-pundi uangmu dan mulai hidup hemat. 

Jika kamu punya kebiasaan merokok, nongkrong hampir setiap hari, beli kopi atau minuman yang harganya cukup mahal, dan setiap bulan selalu membeli baju baru maka kamu harus segera mengurangi hingga 30-50 persen. Utamakan dulu kebutuhan primermu ya!

2. Tentukan tujuan dan buat budget jauh-jauh hari

5 Tips Dasar Menabung Buat Kamu yang Ingin Sering Traveling, Gampang!Unsplash.com/@chrislawton

Tentukan dulu arahmu mau ke mana kamu menginjakkan kakimu. Demi hasrat traveling yang lebih sering lagi, prioritaskan dulu tempat-tempat traveing yang paling kamu inginkan lalu buat budget yang merinci. 

Budgeting harus benar-benar detil ya! Mulai dari transport, akomodasi, atau pembuatan visa dan lain sebagainya. Untuk membantu membuat budgeting yang rinci, kamu bisa membuat itinerary lengkap agar kamu tahu biaya apa saja yang diperlukan. Gak kalah penting, jangan lupa juga untuk melebihkan biaya untuk keperluan hal-hal tak terduga ya!

3. Buat rekening baru khusus untuk menabung demi keperluan traveling

5 Tips Dasar Menabung Buat Kamu yang Ingin Sering Traveling, Gampang!unsplash.com/@rupixen

Membuat rekening khusus untuk traveling adalah cara basic namun juga merupakan cara pintar. Jangan campurkan tabunganmu hanya di satu rekening saja, karena akan rentan terpakai untuk keperluan lainnya. Selain itu kamu juga bisa terdistraksi sehingga kurang fokus dalam melihat perkembangan angka dalam tabungan travelingmu. 

Bikin rekening baru saat ini mudah banget, seperti buka rekening di BCA Mobile. Buka rekening lewat BCA mobile #DibikinSimpel aja, karena kamu bisa buka rekening BCA kapan pun dan di mana saja, bahkan di tanggal merah sekalipun. 

Caranya simpel banget. Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan:

  • Pastikan smartphone milikmu sudah memiliki operating system minimal iOS 8 atau Android 4.4
  • Sediakan pulsa yang setidaknya cukup untuk 1x SMS
  • Siapkan data pribadimu, yaitu e-KTP dan email pribadi
  • Memiliki kuota dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan video call dengan customer service Halo BCA selama 5 - 15 menit.

Setelah 4 hal tersebut sudah siap, kamu bisa langsung coba buka rekening baru di BCA mobile dan mengikuti langkah-langkahnya. Kemudian kamu tinggal melakukan verifikasi langsung, bisa melalui video call dengan customer service Hallo BCA di jam 06:00 - 20:00 WIB.

Bila sudah melewati jam operasional customer service, kamu bisa melakukan di lain waktu dengan batas waktu 7 hari kalender. Gimana, #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN sangat mudah bukan?

Baca Juga: Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet Dulu

4. Buat kebiasaan menyenangkan yang membuatmu semakin rajin menabung

5 Tips Dasar Menabung Buat Kamu yang Ingin Sering Traveling, Gampang!Unsplash.com/@sugercoatit

Pertama-tama, tentukan dulu target bulananmu dalam menabung. Berapa banyak uang yang harus kamu tabung setiap bulannya. Lalu timbulkan niat untuk menabung. Nah, buatlah dirimu menjadi pribadi yang tergila-gila dengan kebiasaan menabung. Caranya bisa dengan membuat kebiasaan baru yang dapat men-trigger kamu untuk rutin menabung. Contoh simpelnya adalah kebiasaan menabung uang pecahan Rp5.000 atau Rp20.000. 

Boleh juga kamu punya jadwal di setiap akhir minggu setidaknya kamu menyimpan uang Rp50.000-Rp100.000. Jika kebiasaan kecil seperti ini kamu lakukan dengan cara yang menyenangkan, dijamin deh menabung jadi bukan hal yang berat lagi dan tanpa terasa tabungan di rekeningmu sudah menggunung!

5. Catat semua keuanganmu dengan rinci dan baik

5 Tips Dasar Menabung Buat Kamu yang Ingin Sering Traveling, Gampang!Unsplash.com/@kellysikkema

Pengelolaan uang adalah tonggak utama dalam hidup hemat. Agar pola hidup hemat semakin teratur, kamu perlu bukti kuat sehingga mindset semakin terbuka lebar akan pentingnya hidup hemat. 

Yang bisa menjadi bukti adalah pembukuan/pencatatan pengeluaran dan pemasukan setiap hari ataupun setiap bulan. Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu setiap hari. Kamu jadi tahu setiap bulan berapa jumlah uang yang sudah kamu keluarkan, sehingga kamu tahu seberapa banyak uang yang kamu tabung. Dari situ kamu jadi makin fokus untuk mengejar target menabung dan menekan pengeluaran. 

Itulah tadi beberapa tips fundamental dalam menabung agar rencana travelingmu terealisasi. Pengelolaan uang adalah kunci dari segalanya. Kamu gak harus nunggu jadi orang kaya raya dulu untuk bisa menikmati keindahan alam dunia ini bukan? So, tunggu apa lagi, cobain tips di atas sekarang juga ya!

Baca Juga: Lakukan 6 Cara Menabung Biar Bisa Bayar Kuliah Sendiri yang Mudah Ini!

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya