Comscore Tracker

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakan

Kadang yang mendadak lebih asyik lho

Liburan secara mendadak terkadang bisa menjadi sweet escape di tengah aktivitas yang padat. Bahkan terkadang liburan dadakan bisa lebih menyenangkan dan berkesan dibandingkan dengan liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Namun jangan asal pergi, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kamu melakukan liburan dadakan. Apa saja?

1. Cari destinasi yang sesuai dengan isi kantong

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakanunsplash.com/Harits Mustya Pratama

Namanya juga mendadak, budget untuk liburan pun tidak dipersiapkan sejak jauh hari. Cukup sesuaikan destinasi liburanmu dengan isi kantongmu.

Liburan tidak harus selalu pergi ke tempat yang jauh dari rumah kok. Jika budget-nya terbatas, liburan di sekitar daerahmu juga bisa banget jadi pilihan. Tidak perlu memaksakan diri mau liburan ke Korea, kalau budget-nya hanya cukup ke pantai dekat rumah. Yang penting bisa liburan dan melepaskan penat meskipun sederhana, ya kan?

2. Sesuaikan barang bawaan dengan destinasi

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakanunsplash.com/Alice Donovan Rouse

Walaupun tidak direncanakan sebelumnya, bukan berarti harus bawa semua barang untuk berjaga-jaga. Bawa secukupnya saja dan sesuaikan dengan destinasi yang dituju. Misalnya jika pergi ke kebun binatang maka tidak perlu repot bawa bawaan banyak, cukup pakai pakaian dan sepatu yang nyaman.

Beda lagi jika ingin pergi ke pantai, maka harus bawa pakaian ganti dan alat mandi.  

3. Sempatkan membuat rencana perjalanan

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakanunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Membuat rencana perjalanan juga penting untuk liburan dadakan. Sayang sekali kan kalau sudah sampai destinasi tapi malah bingung mau ngapain. Setidaknya buat rencana kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan, walaupun nantinya bisa jadi sampai destinasi kamu ingin melakukan hal lain yang tidak ada dalam rencanamu, it's ok! 

Baca Juga: 5 Tips Liburan di Genting Highlands, Destinasi Wajib Kalau ke Malaysia

4. Harus siap dengan hal yang tidak terduga

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakanunsplash.com/Shot by Cerqueira

Liburan mendadak berarti juga harus siap dengan segala sesuatu yang bisa saja tiba-tiba terjadi. Misalnya kamu ingin liburan ke luar kota tapi saat dicek semua penginapan penuh atau overbudget, biasanya banyak penginapan murah meriah yang tidak ada di aplikasi booking hotel dan penginapan.

Tidak melulu merugikan, bisa jadi hal terduga malah menguntungkan dan bisa menjadi pengalaman menarik yang tidak terlupakan lho.

5. Ajak teman agar liburan lebih seru

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakanunsplash.com/Anna Auza

Mengajak teman tentunya akan lebih membuat acara liburan lebih menyenangkan. Apalagi saat liburan dadakan, akan ada teman untuk diskusi jika bingung atau terjadi hal yang tidak diinginkan. Kuncinya, ajaklah teman yang tidak mudah mengeluh, tidak ribet, dan membuatmu nyaman. 

6. Jika masih bingung, cari paket wisata

Wajib Tahu, Ini 6 Tips Penting Saat Ingin Liburan Dadakanunsplash.com

Jika tidak ada ide mau ke mana dan malas membuat rencana liburan, kamu bisa mencoba paket wisata. Sekarang sudah banyak agen yang menyediakan open trip maupun private trip. Cukup pilih destinasi dan jenis trip yang diinginkan, kamu sudah tidak perlu memikirkan rencana kegiatan maupun akomodasi saat liburan karena semua sudah diatur oleh agen tour. 

Saat akan liburan dadakan, pastikan buat list barang penting yang harus dibawa agar tidak ketinggalan. Selain itu jangan terlalu berekspetasi tinggi dengan perjalanan yang akan kamu lakukan karena tidak semua akan berjalan sesuai keinginan.

Nah, itulah beberapa tips jika ingin liburan secara mendadak. Semoga bermanfaat bagi kamu yang suka impulsif liburan!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan sebelum Liburan ke Luar Kota

Siwi Tristanti Photo Verified Writer Siwi Tristanti

^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya