Comscore Tracker

Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hemat

Kuncinya, jangan pesan tiket secara mendadak

Karena dunia ini begitu luas dan jarak antar negara yang kamu tinggali dengan destinasi wisata impian begitu jauh, maka kadang kamu pun memilih untuk bepergian dengan menaiki pesawat terbang. Apalagi jika kamu adalah pekerja yang memiliki jatah cuti terbatas.

Bepergian dengan naik pesawat memang efektif. Namun masalahnya harga tiket pesawat juga seringkali bikin kantong menangis. Untuk itu kamu wajib tahu trik mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau berikut ini.

1. Booking jauh-jauh hari

Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hematpexels.com/Andrea Piacquadio

Menurut data yang ditunjukkan oleh Airline Reporting Corporation, calon penumpang pesawat akan membayar harga tiket 10 persen lebih murah jika mereka memesannya jauh hari sebelum keberangkatan. Sebabnya maskapai penerbangan tentu akan memasang harga lebih murah untuk menarik banyak orang agar menggunakan pesawatnya.

Idealnya sih H-50 sebelum tanggal keberangkatan yang kamu tetapkan ya.

2. Beli tiket di tengah minggu

Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hematpexels.com/Torsten Dettlaff

Jika kamu sulit menemukan tiket pesawat dengan harga yang kamu inginkan, cobalah untuk mencari ketersediaan tiket di tengah minggu. Dan jika menemukannya, maka segeralah membeli. Hal ini terjadi karena biasanya ada orang yang tiba-tiba membatalkan tiket yang dia beli karena banyak alasan.

3. Pilih jadwal terbang juga di tengah minggu

Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hematpexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Tips lainnya jika kamu ingin terbang dengan harga tiket yang terjangkau, belilah tiket dengan jadwal terbang di tengah minggu seperti Selasa dan Rabu. Hal ini berlaku untuk penerbangan lokal dan internasional.

Jangan sekali-sekali membeli tiket pesawat untuk penerbangan di akhir pekan. Selain harganya lebih mahal, bandara juga begitu ramai dan sibuk di hari tersebut.

Baca Juga: Bocoran Tips Membeli Tiket Kereta Api Lebaran Online Menurut Dirut KAI

4. Jika mau, pilih jam terbang pagi hari

Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hematpixabay.com/pexels

Jika kamu mau lebih hemat, pilihlah jam terbang di jam pertama yaitu pukul 4.00. Hal ini disebabkan karena jarang ada orang yang mau memilih untuk terbang di pagi buta padahal kadang pesawat dibutuhkan untuk berada di bandara tujuan di jam siang atau malamnya.

5. Berlangganan news letter maskapai pesawat

Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hematpexels.com/Artem Beliaikin

Maskapai pesawat sering menyarankanmu untuk berlangganan news letter mereka saat kamu memeriksa tiket pesawat melalui web. Nah, jika kamu ingin selalu update dengan harga tiket, jangan abaikan saran ini ya.

Dengan berlangganan news letter, kamu jadi tahu kapan maskapai tersebut akan mengadakan promo lebih cepat dari pembeli lain.

Selain tips di atas, jika kamu memang termasuk orang yang rutin naik pesawat, maka buatlah kartu keanggotaan. Sebab biasanya maskapai akan memberikan diskon khusus jika jarak tempuhmu sudah mencapai target tertentu.

Tak hanya harga, ada pula bonus lain seperti bisa upgrade kelas penerbangan, menikmati lounge, serta diskon menginap di hotel pilihan.

Semoga tips di atas bermanfaat untukmu yang doyan traveling!

Baca Juga: Wah, Tiket Kereta Api untuk Lebaran Segera Bisa Dipesan

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya