Comscore Tracker

5 Tips Agar Traveling Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

#RamadanMasaKini Puasa gak menghalangi kamu buat travelling

Saat bulan Ramadan banyak orang lebih suka menghabiskan waktu untuk bersantai di rumah. Berolahraga dan traveling menjadi aktivitas yang cukup dihindari dengan alasan tidak kuat berpuasa atau bahkan mengganggu fokus beribadah. Padahal seharusnya alasan tersebut tidak menghalangi kamu untuk tetap melakukan hobi traveling, jika kamu benar-benar berniat untuk ibadah. Justru travelling saat puasa bisa jadi membuat bulan ramadan kamu terasa lebih bermakna. Berikut adalah tips supaya travelling kamu lancar meski kamu sedang berpuasa.

1. Pilih destinasi yang ramah muslim

5 Tips Agar Traveling Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasaunsplash.com/@adliwahid

Pastikan destinasimu memiliki akses yang mudah untuk beribadah, seperti tidak jauh dari tempat ibadah maupun tempat makan. Jika kamu memutuskan untuk pergi ke luar negeri, pastikan negara tersebut ramah untuk muslim. Negara ramah muslim sudah pasti terdapat fasilitas untuk mendukung kegiatan ibadah orang muslim, kamu akan dengan mudah menemukan masjid dan tempat makanan halal.

Meski kamu sedang travelling tapi kamu juga sekaligus bisa menjalankan ibadah dengan baik. Jika kamu memutuskan pergi ke negara mayoritas muslim, tentu kamu masih bisa menikmati suasana Ramadan meski tengah berada di negara orang.

2. Buatlah perencanan matang

5 Tips Agar Traveling Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasaunsplash.com/@diskander

Carilah informasi sebanyak-banyaknya soal akses tempat ibadah, atau perhitungkan jarak antara masjid dengan destinasi wisatamu. Pastikan juga dimana tempat makan yang menjual makanan halal, jika kamu travelling ke luar negeri. Yang terpenting adalah mencari tahu soal waktu ibadah di daerah tersebut.

Perhitungkan dengan baik soal durasi waktu ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut dengan waktu beribadah, jangan sampai kamu terlambat untuk berbuka puasa. Sementara waktu jangan terlalu berambisi mengunjungi banyak tempat. Buatlah prioritas mana tempat-tempat yang telah disesuaikan dengan kondisimu. Kunjungi tempat-tempat yang mudah dijangkau dan dekat dengan akses fasilitas tempat ibadah. 

Baca Juga: 9 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Jangan Lupa Ya!

3. Bawalah barang seperlunya

5 Tips Agar Traveling Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasaunsplash.com/@stilclassics

Jangan membawa terlalu banyak barang, apalagi jika kamu memutuskan untuk travelling ala backpacker. Bisa jadi kamu akan cepat lelah jika membawa backpack berat kemana-mana. Bawalah barang yang menurutmu penting dan tidak menghabiskan ruang banyak. Jangan lupa bawa pperalatan ibadah kamu apalagi jika kamu wanita, kamu perlu membawa mukenah untuk menjalankan ibadah sholat.

5. Siapankan kondisi fisik dan kesehatanmu

5 Tips Agar Traveling Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasaunsplash.com/@jp_photography

Setelah segala keperluan travelling siap, saatnya kamu menyiapkan mental diri sendiri. Pastikan kamu makan makanan bergizi saat sahur yang membuatmu tidak gampang lelah dan lapar. Berbukalah secukupnya, jangan terlalu kalap untuk menghindari sakit. Minumlah banyak air putih di waktu berbuka sampai saat sahur, untuk memastikan tubuhmu mendapat cukup cairan dan tidak dehidrasi di waktu puasa. Terpenting adalah istirahat dengan cukup, agar kamu lebih berstamina saat berpergian kesana-kemari.

Tips diatas dapat dengan mudah membantu kamu untuk travelling saat berpuasa. Jadi sekarang sudah tidak ada alasan untuk tidak travelling meski puasa, ya! Ayo segera rencanakan travelling.

Baca Juga: 5 Tips Traveling Menyenangkan Tanpa Tersesat, Bikin Liburan Jadi Happy

Terra Esa Photo Community Writer Terra Esa

Penikmat sego babat meski akhirnya berujung sakit tenggorokan. Karena hidup adalah tantangan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You