Comscore Tracker

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan Sydney

Bersejarah dan cocok untuk yang mencari ketenangan

Pantai Bulgo merupakan salah satu pantai bersejarah di Australia tepatnya terletak di daerah Otford, New South Wales. Lokasinya berada di Taman Nasional Royal (Royal National Park) yang merupakan Taman Nasional tertua di Australia.

Berada di arah selatan pusat kota Sydney serta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kereta api. Pantai ini merupakan salah satu surga tersembunyi karena letaknya yang tidak banyak orang ketahui. Selain itu, pantai ini memiliki sejarah kuat terkait keberadaan komunitas gubuk tua sejak tahun 1930 yang hingga saat ini masih difungsikan oleh ahli warisnya. 

Nah, bagi kamu yang sedang di Australia khususnya di New South Wales ataupun berada di Sydney, pantai penuh perjuangan ini bisa jadi alternatif liburanmu. Bukan cuma pantai, dengan berkunjung ke tempat ini kamu dapat melanjutkan petualangan asyikmu ke kawasan taman nasional tertua di Australia. Simak 8 tips bermanfaat ini ya!

1. Stasiun Otford dan Otford Pantry, meeting point terdekat dari segala penjuru

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Apabila menggunakan kendaraan umum, dari arah mana pun, stasiun terdekat adalah stasiun Otford. Stasiun kereta ini merupakan jalur Illawarra. Keluar stasiun dengan menaiki anak tangga lalu melanjutkan jalan kaki melalui Stasion Rd, Beaumont Rd hingga sampailah di jalan utama bernama Lady Wakehurst Drive.

Waktu tempuh hingga jalan utama ini tidak sampai 10 menit. Di sisi jalan raya ada Otford Pantry yang dapat digunakan sebagai meeting point yang membawa kendaraan pribadi. Kedai milik keluarga Argentina ini buka pukul 8 pagi sampai 4.30 sore. Perjalanan dimulai dari kedai ini. Apabila tak cukup bekal bisa mengisi perut dulu di kedai ini. 

2. Pastikan bekal perjalanan untuk melalui Bulgo track cukup

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Bulgo track berada tepat di seberang jalan Otford Pantry. Jalannya menurun dan masih alami berada diantara rindangnya pepohonan. Waktu tempuh dengan berjalan normal sekitar 15-25 menit untuk turun dan 30 menit untuk naik kembali.

Di sela perjalanan akan ditemui beberapa pemandangan yang sangat mengesankan berupa lautan lepas dan jajaran tebing Royal National Park. Di perjalanan kamu tidak akan menemukan pedagang yang menjajakan makanan, jadi pastikan bekal logistik aman hingga tujuan.

Rute Bulgo ini mudah diikuti karena papan penunjuk ada di setiap persimpangan. Pastinya, jalanan ini sepi karena tidak banyak yang mengetahui. Hanya saja kamu akan berpapasan dengan warga lokal yang memiliki gubuk di pantai Bulgo ataupun pengunjung lainnya.

3. Serba mandiri, tidak ada penitipan barang maupun dimanjakan pelayanan

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Setelah menyusuri Bulgo track yang memberikan beberapa opsi sisi pantai, kamu akan menemui gubuk-gubuk berderet di pesisir pantai. Gubuk tersebut merupakan bangunan non permanen dengan kincir angin dan penampungan air hujan. Gubuk ini merupakan representasi gaya liburan abad ke-20 dengan suasana pantai.

Bagi kamu yang terbiasa mengandalkan fasilitas umum, kamu tidak boleh manja di pantai ini. Semua harus dilakukan mandiri. Pun tidak ada tempat menitipkan barang. Selain itu, kebersihan sangat terjaga di pantai ini, jadi pastikan tidak ada sampah yang terbuang sembarangan. Wajib membawa pulang sampah jika tak ditemukan tempat sampah di perjalanan.

Baca Juga: 7 Wisata Hutan di Bali yang Harus Kamu Kunjungi, Gak Melulu Pantai! 

4. Ombaknya kencang, alangkah baiknya tidak berenang, paling cocok untuk selancar

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Ombak yang menghantam pesisir pantai Bulgo tergolong kencang. Di kawasan ini tidak dianjurkan berenang, namun dengan adanya gelombang yang cukup menantang ini sangat cocok bagi para selancar. Bermain main di sisi pantai tetap bisa dilakukan namun bagi yang membawa anak kecil harus penuh pengawasan. 

5. Saat air surut, berenang di Ocean Pool ini seru

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan Sydneyoceanpoolsnsw.net.au

Kalau mau berenang, kamu bisa mencicipi kolam renang alami ini. Sayangnya tidak setiap saat bisa ditemui. Kolam ini hanya dapat dinikmati saat air surut. Berdinding batuan membuatmu harus berhati-hati saat berenang. Kalau tidak memperhatikan, anggota tubuh bisa menabrak batuan. 

6. Selain jalan-jalan, manfaatkan kesempatan untuk belajar sejarah dari ahli waris gubuk

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Saat berada di pantai Bulgo, akan sangat memungkinkan bertemu warga lokal yang menempati bangunan gubuk tersebut. Nah, mereka sangat ramah kepada pengunjung. Pastikan menyapa dan meminta izin jika ingin berbincang dengan mereka. Jika diizinkan, kamu beruntung bisa mendengar langsung cerita mengesankan dari pantai penuh ketenangan ini. 

7. Jangan memaksa diri untuk berkemah

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Meski ada gubuk, di kawasan ini dilarang untuk berkemah lho. Jadi pastikan kamu adalah orang yang taat aturan.

8. Setelah puas menyepi, kembali ke Otford Pantry dan lanjutkan perjalanan menyusuri Royal National Park

8 Tips Liburan di Pantai Bulgo, Surga Tersembunyi di Selatan SydneyVita Ayu Kusuma Dewi/IDN Times

Tak lengkap rasanya sudah sampai ke pantai Bulgo tidak dilengkapi dengan menyusuri keindahan taman nasional tertua di Australia, Royal. Tidak ada jalur langsung kecuali naik kembali ke jalan utama (Otford Pantry) dan ke arah kanan menuju Otford Gap atau Lookout.

Disinilah perjalanan dimulai, kamu akan menemui banyak pantai dan keindahan alam di sisi selatan Sydney. Salah satu walking track terbaik di Australia. Beberapa tempat yang bisa kamu singgahi adalah pantai Werrong, Figure 8 Pool, pantai Burning Palms, Wattamolla dan lainnya.

Disarankan untuk membawa tenda dan camping di perjalanan. Sebab menyusuri Royal National Park ini akan berakhir di Bundeena. Sisi lain yang tak perlu kamu kembali ke Otford. Untuk kembali ke Sydney, dari Bundeena akan ada penyeberangan ke Cronulla. Setelah sampai di Cronulla bisa ke stasiun Cronulla dan mengambil kereta rute Sydney.

Itulah 8 tips yang membuatmu ingin segera meraih ransel dan berkunjung ke pantai Bulgo. Semoga liburanmu menyenangkan dan pulang dengan pikiran tenang, dear!

Baca Juga: 10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You