Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besar

Bisa jadi ditolak karena alasan yang sepele

Beberapa negara di dunia mewajibkan visa sebagai surat izin untuk masuk ke suatu negara, tak terkecuali Korea Selatan. Visa yang diajukan tidak selalu disetujui namun ada juga yang ditolak. Nah, jika kamu mendapatkan kabar bahwa visamu ditolak ada kemungkinan 5 alasan berikut adalah salah satu penyebabnya.

1. Paspor sudah tidak berlaku atau menuju kedaluwarsa

Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besarunsplash.com/nicolegeri

Selain visa, paspor adalah dokumen perjalanan wajib yang akan kamu gunakan jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor inilah yang nantinya akan diberi cap oleh petugas imigrasi di bandara saat kamu memasuki suatu negara. Paspor di Indonesia juga dibagi menjadi beberapa jenis untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Perlu kamu ketahui, paspor dengan masa berlaku kurang dari enam bulan sudah tidak bisa dipergunakan untuk bepergian. Jadi, jika kamu mengajukan visa dengan paspor yang sudah tidak berlaku atau menuju kedaluwarsa dapat dipastikan permohonan visamu akan ditolak oleh kedutaan besar Korea Selatan.

2. Dokumen yang dilampirkan tidak lengkap

Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besarpixabay.com/TeroVesalainen

Di samping mengisi formulir aplikasi visa Korea, kamu juga harus melengkapi semua persyaratan dokumen yang diminta. Seluruh dokumen yang diwajibkan oleh kedutaan besar Korea akan menjadi bahan pertimbangan mereka untuk mengeluarkan visa. Maka dari itu, kelengkapan dokumen ini kemungkinan besar menjadi salah satu alasan visamu ditolak.

Untuk itu, pastikan semua dokumen yang menjadi persyaratan sudah terlampir dan kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum pengajuan. Ada baiknya semua dokumen dicek kembali dan bila perlu buatlah checklist agar nantinya tidak ada yang terlewat.

3. Tujuan kunjungan tidak dijelaskan secara detail

Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besarunsplash.com/johenredman

Dalam formulir aplikasi visa Korea mengenai rincian kunjungan, kamu diwajibkan untuk memilih tujuan kunjunganmu pergi ke Korea Selatan. Tujuan kunjungan yang dimaksud bisa saja untuk wisata, rapat, berobat, perjalanan bisnis, belajar, bekerja, mengunjungi keluarga di Korea dan lain-lain. 

Nah, selain opsi yang disebutkan dalam formulir aplikasi, kamu juga perlu menjelaskan secara detail tujuan kunjunganmu ke Korea Selatan. Jika tidak jelas, permohonan visamu bisa saja tidak disetujui.

Baca Juga: Asyik, Sebentar Lagi Liburan ke Korea Selatan Bebas Biaya Visa Lho!

4. Alamat tempat tinggal di Korea Selatan tidak jelas

Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besarpexels.com/pixabay

Alasan keempat yang membuat visamu ditolak adalah mengenai tempat tinggalmu selama berada di Korea. Selain tujuan kunjungan, alamat tempat tinggal di Korea juga harus jelas. Mengapa? untuk meyakinkan Kedubes Korea Selatan agar kamu tidak merepotkan warga di sana karena tidak memiliki tempat untuk tinggal.

Untuk itu, dalam formulir aplikasi kamu bisa saja menyebutkan alamat hotel atau penginapan yang akan kamu tempati selama di Korea Selatan. 

5. Keuangan kurang memadai untuk kebutuhan selama di Korea

Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besarpexels.com/rawpixel

Alasan terakhir yang bisa saja membuat visamu ditolak adalah mengenai finansialmu. Saat pengajuan visa, pemohon juga diminta untuk melampirkan bukti keuangan seperti rekening koran tiga bulan terakhir. Pastikan rekening bank milikmu aktif dan jangan sampai ada uang dengan jumlah besar tiba-tiba masuk ke rekeningmu.

Sebagai turis yang akan masuk ke negara mereka, kamu harus bisa meyakinkan pihak kedutaan bahwa kamu punya cukup uang untuk meng-cover semua kebutuhan selama di Korea.

Itu dia kemungkinan besar lima alasan visa Korea Selatanmu ditolak. Pahami dengan baik agar kamu tidak kecewa saat mengajukan kembali. Semoga visamu disetujui!

Baca Juga: Kini Mengurus Visa Korea Selatan Semakin Mudah

Yanti Mariastuti Photo Verified Writer Yanti Mariastuti

hi ☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya