Comscore Tracker

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!

Jangan sampai salah waktu deh ya

Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang patut diacungi jempol. Tak hanya keindahan alamnya, berbagai budayanya pun tak kalah menarik.

Lombok memiliki beragam keunikan yang menarik. Mulai dari pantainya yang memukau, perbukitan yang menakjubkan, sawah yang membentang luas, hingga desa adat yang akan jadi pengalaman tak terlupakan. 

Kalau kamu mau berkunjung ke Lombok, sebaiknya ketahui dulu waktu-waktu yang tepat sebelum mampir ke sana. Ternyata, ada waktu khusus dan terbaik buat yang mau berlibur ke Pulau Lombok. Berikut ini 9 waktu terbaik buat wisatawan yang mau menikmati eloknya Pulau Lombok!

1. Saat bulan puasa

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/humas_lobar

Tahukah kamu kalau Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid? Mayoritas penduduk setempat beragama Islam dan kamu bisa menemukan banyak masjid di sini. Bulan puasa menjadi salah satu waktu terbaik kalau kamu ingin mampir ke Lombok.

Pasalnya, kamu bisa menemukan banyaknya lapak penjual jajanan khas setempat ataupun makanan berat di berbagai sudut kota. Tak hanya itu, berkunjung ke Lombok saat puasa juga bisa menjadi penghematan buat para backpacker. Beberapa masjid menyediakan buka puasa gratis untuk siapa saja yang mampir.

2. Masa-masa ujian semester anak sekolah dan mahasiswa

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/saltinourhair

Biasanya berbagai tempat wisata akan sepi wisatawan pada masa-masa ujian anak sekolah. Gak akan kamu temukan rombongan anak sekolah atau mahasiswa yang sedang berwisata.

Biasanya harga tiket pesawat pun cenderung lebih terjangkau pada masa-masa ujian sekolah dan universitas. Liburanmu bakal lebih menyenangkan karena Pulau Lombok tidak begitu ramai dan harga tiket masuk wisata yang ramah di kantong!

3. Bulan November hingga April cocok untuk para peselancar

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/johannesbentzon

Hobi berselancar? Sudah pernah menaklukkan ombak di Pulau Lombok, belum? Waktu terbaik untuk para peselancar yang ingin mampir ke Pulau Lombok adalah November hingga April.

Angin dan gelombang ombak laut sedang besar-besarnya pada bulan-bulan tersebut. Nah, ini cocok banget buat para peselancar yang sudah mahir bermain bersama ombak. Hmm, kalau kamu masih baru belajar berselancar, jangan coba-coba ya!

4. Pemburu sunset bisa mampir di bulan Juli dan Agustus

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/meryldenis

Juli dan Agustus adalah waktu yang tepat buat para pemburu sunset berkunjung ke Pulau Lombok. Apalagi kalau mampir ke Bukit Malimbu dan Gili Trawangan. Panorama matahari terbenam yang memancarkan semburat oranye di langit bakal memuaskan mata.

Ditambah lagi kalau kamu menyaksikannya di pinggir pantai bersama orang tersayang. Bayangan cahaya matahari di lautan akan makin menambah estetika sore hari itu!

5. Desember, Januari, dan Februari harus dihindari para pendaki Rinjani

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/fabiankiby

Kalau tujuanmu berkunjung ke Pulau Lombok adalah untuk menaklukkan Gunung Rinjani, hindarilah Desember, Januari, dan Februari. Curah hujan yang sedang tinggi-tingginya terjadi pada bulan-bulan tersebut.

Kalau ingin mencapai puncaknya dengan sukses dan selamat, hindari musim hujan ya! Bakal bahaya kalau sedang hujan ditambah badai menerpa.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Lombok yang Memikat dan Wajib Dikunjungi, Hits!

6. Jangan mampir pas pergantian tahun ya!

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/joeardhana

Pergantian tahun merupakan waktu libur yang cukup panjang untuk anak sekolah dan kuliahan. Selain akan ramai wisatawan, harga tiket pesawat menuju Pulau Lombok akan sangat mahal.

Akhir tahun dan awal tahun merupakan masa high season yang bikin kamu harus keluar biaya lebih banyak. Selain harga transportasi yang melonjak, tiket masuk wisata juga bisa dua kali lebih mahal lho! Biar liburanmu berkesan di Lombok, hindarilah masa-masa pergantian tahun ini ya.

7. Saat dilaksanakannya Senggigi Sunset Jazz

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/galangahmad98

Gelaran ini sudah dilaksanakan sejak 2015 lalu. Senggigi Sunset Jazz akan bikin kunjunganmu ke Lombok jadi makin berkesan.

Tak hanya bisa menikmati indahnya pantai yang memukau, kamu juga akan ditemani alunan musik jazz yang menenangkan. Ditambah lagi dengan pemandangan matahari terbenam di lautan yang indah. Dijamin gak akan rugi, deh!

8. Nikmati budaya Lombok di Festival Pesona Senggigi

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/lombok_cab

Gak cuma pas Senggigi Sunset Jazz saja, tapi kamu bisa mampir pas Festival Pesona Senggigi digelar. Acara ini sudah diadakan selama bertahun-tahun sejak 1993 lho!

Tujuan diadakannya acara tersebut adalah sebagai ajang promosi untuk menarik wisatawan berkunjung ke kawasan Senggigi. Selain berwisata alam, pengalaman wisata budaya juga akan kamu dapatkan.

9. Mau ke Kepulauan Gili, saat Festival Pesona Gili Indah saja

Ternyata Ini Lho 9 Waktu Terbaik untuk Liburan ke Lombok!instagram.com/raditya.maulana

Gak hanya di wilayah Senggigi saja yang punya festival budaya menarik. Festival serupa bisa ditemukan di Kabupaten Lombok Utara. Festival Pesona Gili Indah namanya, biasa diadakan pada November.

Banyak acara yang digelar, mulai dari pertunjukan hingga perlombaan. Dijamin liburan di Gili bisa menambah wawasanmu mengenai budaya setempat. Setelah menikmati alamnya, nikmati juga budayanya ya!

Sudah tahu, kan kapan saat yang tepat untuk mampir ke Lombok? Jangan sampai liburanmu menjadi kacau, karena datang di saat yang tidak tepat dan penuh keramaian. Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Penginapan Murah di Lombok, Harganya Cuma Rp100 Ribuan Lho!

Topic:

  • Yoshi Nathania
  • Dewi Suci R.

Just For You