Comscore Tracker

Dibanderol Murah, Penjualan 4 Mobil Ini Justru Anjlok

Mobil murah tak selalu banyak peminatnya

Jakarta, IDN Times - Konsumen otomotif Indonesia memang unik. Sebab, untuk memikat hati mereka, desain kece dan fitur melimpah saja tidak cukup. Bahkan banderol murah pun bukan jaminan mobil bakal laris manis.

Ini bisa dilihat dari sepinya pasar mobil yang dibanderol tak lebih dari Rp160 juta. Nah berikut mobil-mobil murah yang tak begitu diminati pasar. 

1. Renault Kwid

Dibanderol Murah, Penjualan 4 Mobil Ini Justru Anjloktimesofindia.indiatimes.com

Renault Kwid dibanderol Rp134-143 juta. Murah tapi gak terkesan murahan. Sebab Kwid bukan mobil LCGC. Namun penjualan mobil ini sangat lesu. Sepanjang Agustus-September 2019, mobil ini hanya terjual 7 unit! Padahal mobil ini cukup irit karena mengusung mesin 999 cc. 

2. Suzuki Karimun Wagon R

Dibanderol Murah, Penjualan 4 Mobil Ini Justru Anjlokinstagram.com/indowagonr

Sempat terkenal, pamor Suzuki Karimun Wagon R perlahan meredup. Selama tiga bulan terakhir, Juli sampai September, angka penjualan dari pabrik ke dealer selalu di bawah 400 unit.

Mirisnya selama bulan Agustus lalu hanya 367 unit dan turun lagi menjadi 252 unit pada September 2019. Saat ini, Suzuki Karimun Wagon R ditawarkan dalam enam varian. Tipe terendahnya dibanderol Rp 115,5 juta, sedangkan tipe Wagon R GS AGS, sebagai tipe tertinggi mencapai Rp 146 juta.

3. Datsun Go

Dibanderol Murah, Penjualan 4 Mobil Ini Justru AnjlokIDN Times/Kevin Handoko

Berikutnya adalah Datsun Go, dia juga memang dilahirkan sebagai kendaraan LCGC. Datsun GO hanya terjual 193 unit pada Juli lalu dan menjadi 231 unit di Agustus, kemudian September 2019 mencapai 335 unit. Di Indonesia GO ditawarkan dalam enam varian. Tipe D MT termurah dihargai Rp 111,09 juta, sedangkan Datsun GO Live CVT mencapai Rp 159,59 juta.

Kabar buruk juga kembali datang buat Datsun, lemahnya pasar otomotif membuat Nissan Motor Co Ltd berencana melepas Datsun. Sebab Datsun dianggap kurang memberikan keuntungan buat pabrikan mobil asal Jepang tersebut. Tak hanya itu, pelepasan merek Datsun disertai penutupan pabrik. Rencananya akan dilakukan di beberapa negara berkembang yang saat ini banyak memproduksi Datsun.

4. Datsun Cross

Dibanderol Murah, Penjualan 4 Mobil Ini Justru Anjlokinstagram.com/@primestarmotors

Terakhir yakni masih dalam merek yang sama, yaitu Datsun. Tetapi kali ini Datsun yang bergaya Crossover. Datsun Cross rupanya harus alami nasib serupa dengan GO. Mobil murah yang bergaya crossover ini ternyata kurang diminati pasar Indonesia dan mendapatkan hasil jual yang suram. 

Penjualannya hingga kini kurang memuaskan, bahkan pada September 2019 Datsun Cross tidak lagi melakukan aktivitas penjualan. Kini harga Datsun Cross sendiri untuk harga terendahnya dihargai Rp 161,49 juta hingga untuk varian tertingginya yakni dibanderol Rp 173,99 Juta.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Tak Cuma Mobil Baru, BMW Astra Ternyata Juga Menjual Mobil Bekas 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You