Comscore Tracker

Mini John Cooper Works GP Mendebut, Bisa Menyentuh 300 HP

Tampilannya lebih sangar dan sporty!

Jakarta, IDN Times - Mini John Cooper Works (JCW) GP akhirnya mendebut secara resmi lewat event LA Auto Show 2019. Menilik kode GP dibelakangnya, bisa dipastikan penampilannya akan lebih galak dan sporty berkat adanya tambahan berbagai aksesori pada setiap sis mobil.

Namanya JCW, pastinya sudah diketahui semua orang kalau performa tidak mungkin normal saja. Seperti biasa, jantung penggerak juga dipasangkan yang lebih bertenaga, dan JCW GP sudah diklaim menyentuh 302 HP.

1. Dibanderol Rp 600 jutaan, dan sudah bisa dipesan sekarang

Mini John Cooper Works GP Mendebut, Bisa Menyentuh 300 HPMotor1.com

Baca Juga: 5 Mini Cooper Dibawa Pulang dalam Penutupan 12.12 Celebration Zilingo

JCW GP terbaru ini tersedia dalam banyak pilihan warna. Mini juga hanya membuat JCW GP sebanyak 3 ribu unit, jadi bisa dibilang stok mobil ini akan terbatas dan menjadi mobil langka di kemudian hari.

Harga yang diberikan Mini untuk JCW GP ini dipatok seharga Rp632 jutaan. Kabar baiknya buat kamu yang berminat, mobil Mini bertenaga gila ini sudah bisa dipesan sekarang, tetapi pengiriman ke konsumen baru dilaksanakan pada Maret 2020 mendatang.

2. Tampilan JCW GP sangat sporty dan gahar

Mini John Cooper Works GP Mendebut, Bisa Menyentuh 300 HPMotor1.com

Wujud JCW GP dibuat sangat agresif dengan fender besar yang timbul keluar. Semakin gahar tampilannya juga berkat adanya pelek dua warna yang berukuran 18 inci berbobot 9 kg.

Wajahnya dibekali aksesori bergaya garang. Terbukti pada bagian grille dengan model bentuk sarang lebah yang dibagi dua oleh palang berwarna merah, membuat wajah mobil ini semakin berani. Hal serupa juga diaplikasikan pada bumper depan mobil. Pindah ke bagian belakang, ada spoiler besar yang sangat sporty, yang tujuannya biar bisa mendapat down force lebih optimal.

3. Kenyamanan JCW GP dikorbankan demi performa yang ganas

Mini John Cooper Works GP Mendebut, Bisa Menyentuh 300 HPMotor1.com

Suspensi mobil ini juga ada perubahan, lebih kaku dan terasa keras. Ini pasti ada alasannya, demi mendukung kestabilan ketika bermanuver pada kecepatan tinggi. JCW GP juga dibuat lebih ceper.

Demi memberikan handling yang maksimal dan nyaman ketika berakselerasi, ban mobil ini dibuat dengan ukuran yang lebar, sementara sistem pengereman ditunjang cakram 14,1 inci dengan caliper empat piston di depan. Fitur pendukung pengendalian tak lupa disematkan, terdapat Dynamic Stability Control yang menjaga mobil dari terjadinya understeer dan oversteer.

Makanya untuk memperoleh performa yang maksimal, Mini mengorbankan sedikit kenyamanan. Layaknya mobil balap, seperti sistem suspensi yang kini agak kaku, kekedapan kabinnya kurang bisa menahan suara bising dari luar secara maksimal. Lalu jok yang dipasang hanya dua di baris depan, karena area belakang dipasangi palang. Fungsinya mencegah barang di ruang kargo terlempar ke depan saat mengalami insiden tak diinginkan atau berhenti secara mendadak.

Baca Juga: Ini 4 Keunggulan Mini Cooper Countryman Made in Indonesia

4. Performanya sadis, mobil kecil namun menyentuh 300 HP

Mini John Cooper Works GP Mendebut, Bisa Menyentuh 300 HPMotor1.com

Dengan ada label GP dibelakangnya pastinya sudah bisa ditebak performa mobil ini akan sangat ganas. Klaim Mini, JCW GP dapat melesat dari posisi nol ke 100 kpj hanya dalam 5,1 detik. Angka ini hampir menyamai Honda Civic Type R. Adapun kecepatan tertinggi yang bisa diraih yaitu 225 km/h.

Hal ini akibat adanya jantung pacu yang ditanamkan dibalik kap mesinnya yang menggunakan mesin 2,0 liter turbocharged. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan performa maksimalnya hingga sebesar 302 HP, dan untuk torsinya mencapai 450 Nm yang sudah keluar sejak putaran mesin 1.750 rpm. Seluruh tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui perangkat transmisi steptronic 8-speed terintegrasi dengan differential lock mekanis.

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya