Comscore Tracker

Perlukah Coating Cat Mobil? Ini 4 Kelebihannya

Biar mobilmu tampil seperti baru terus!

Jakarta, IDN Times - Setiap orang pasti ingin mobilnya selalu terlihat kinclong dan wetlook. Tapi situasi jalan yang penuh debu membuat mobil lebih sering kotor. Belakangan muncul solusi agar mobil tetap bersih dan kinclong, yakni coating.

Coating dilakukan dengan memoles bodi mobil dengan bahan tertentu yang dipercaya bisa membuat cat mobil menjadi lebih kinclong. Tak hanya itu, konon coating juga membuat mobil mu jadi lebih glowing. Benarkah demikian?

1. Coating bisa melindungi cat original

Perlukah Coating Cat Mobil? Ini 4 KelebihannyaUnsplash/Michael Mroczek

Kita sama-sama tahu jika sinar UV bisa berdampak buruk bagi cat mobil. Terutama bagi mobil yang terlalu sering dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Lambat laun cat mobil tersebut pasti akan kusam.

Nah, coating ini bisa melindungi cat mobil mu dari efek buruk sinar UV. Selain itu coating juga bisa membuat tampilan mobilnya jadi lebih glossy atau mengkilap dan terlihat lebih segar dari aslinya.

Baca Juga: Mitos-Mitos Perawatan Mobil, Jangan Sampai Jadi Korban Ya!

2. Meningkatkan daya tahan cat terhadap goresan

Perlukah Coating Cat Mobil? Ini 4 KelebihannyaIDN Times/Yohanes Nugroho

Tak hanya mempertahankan cat mobil tetap kinclong, coating juga bisa membuat cat mobil mu tahan terhadap goresan ringan. Tapi bukan berarti mobil yang telah dicoating 100 persen antigores, loh.

Intinya, semakin bagus kualitas coating dan semakin tebal lapisannya akan semakin tahan terhadap goresan.

3. Meningkatkan daun talas

Perlukah Coating Cat Mobil? Ini 4 KelebihannyaUnsplash/Robin Vet

Bahasa canggihnya water repellent. Bahasa sederhananya efek daun talas. Efek ini membuat air akan langsung jatuh setiap kali menyentuh bodi mobil. Sehingga siraman air tidak akan menimbulkan bercak pada cat. Sehingga bisa dibilang coating akan membuat cat mobil mu terbebas dari jamur.

4. Berkilap lebih lama

Perlukah Coating Cat Mobil? Ini 4 KelebihannyaUnsplash/Sebastiaan Stam

Efek lain dari coating adalah mempertahankan kilauan pada cat mobil. Efek ini akan memuat mobil mu seolah baru terus. Oya, lapisan coating umumnya bertahan hingga satu hingga tiga tahun.  Saat ini banyak jenis coating yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah ceramic coating. Gimana tertarik gak guys?

Baca Juga: 5 Perawatan Mobil Matic, Ganti Oli Transmisi Jangan Lupa

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya