Comscore Tracker

Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil

#AutakAtik Supaya ban dalam kondisi prima

Pernahkah kalian mendengar "bang, tolong diganti bannya ukuran 95"? Ya, angka tersebut mengacu kepada lebar telapak ban, padahal tidak sesimpel itu jika kita ingin mengamati kode yang tertera pada ban.

Terdapat enam kode yang menunjukkan spesifikasi dari ban tersebut dan juga terdapat kode kapan ban itu diproduksi. Untuk membahasnya telah diberikan contoh kode spesifikasi ban sebagai berikut 205/55R16-90R.

1. Membaca secara urut angka pada ban

Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban MobilUnsplash/Shoaib SR

Pertama, pada angka urutan pertama tertera angka 205, angka ini memberikan arti seberapa lebar telapak ban dalam satuan milimeter. Sehingga semakin besar angkanya maka semakin lebar pula telapak yang dimiliki si ban.

Kedua, urutan kedua tertera angka 55 yang menunjukkan tinggi ban. Tinggi yang dimaksud adalah mulai dari bibir pelek sampai telapak ba, sehingga semakin kecil angka maka akan semakin dekat pula jarak antara kedua variabel tersebut.

Ketiga, tertera huruf R yang berarti kode konstruksi ban yaitu dengan lapisan radial, selain itu juga terdapat seperti lapisan bias atau serat.

Keempat, yaitu tertera angka 16, angka ini menjelaskan seberapa lebar diameter pelek yang cocok dengan si ban, artinya semakin besar angkanya semakin besar pula jenis pelek yang dapat dipasang.

Kelima, terdapat angka 90 yang berarti kode seberapa banyak beban maksimum yang dapat ditopang di masing-masing ban. Untuk 90 sendiri berarti ban dapat menopang seberat 600 kg.

Terakhir, urutan keenam tertera huruf R yang menunjukkan kode ban. Seperti yang kita ketahui banyak sekali kode ban yang berbeda-beda misalnya saja ada yang berkode S atau T dan sebagainya. Nah, huruf R tersebut berarti Radial yang artinya ban mampu melaju hingga kecepatan 170km/jam.

2. Membaca usia ban

Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban MobilUnsplash/David Edelstein

Selain kita dapat membaca secara lengkap spesifikasi ban, ternyata pabrikan ban juga memberikan kode kapan ban itu dibuat agar kita dapat memprediksi waktu yang ideal untuk mengganti ban. Normalnya sebuah ban dapat menempuh kurang lebih 60.000 km atau 3 tahun, lebih dari itu kondisi ban akan mulai menurun.

Supaya lebih presisi, pabrikan ban telah memberikan kode dektat dengan bibir ban dengan 4 digit angka. Misalnya angka tersebut berisi 1012, angka 10 menandakan bulan ke 10 yakni Oktober, sedangkan 12 berarti tahun 2012, sehingga ban tersebut diproduksi pada bulan Oktober 2012.

3. DOT dan Tread Wear

Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobiluniroyal-tyres.com

Bila kalian menemukan tulisan "DOT", merupakan sebuah sertifikasi dari Department of Transportation sama halnya sertifikasi keamanan pada helm. Selain itu adapula istilah Tread Wear pada ban, apa itu?

Tread Wear merupakan batas ketebalan yang berfungsi menunjukkan kita kapan saatnya untuk mengganti ban, pada umumnya terdapat garis di antara kembangan ban, apabila ketebalan ban sudah menyentuh garis tersebut maka ban sudah harus diganti.

Sudah mengerti dong sekarang?

Baca Juga: Canggih, 4 Fitur Ini Membuatmu Lebih Praktis Kendarai Mobil

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You