Comscore Tracker

Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!

Sebelum membeli mobil sebaiknya kamu persiapkan ini ya!

Memiliki mobil bisa dikatakan adalah impian bagi sebagian masyarakat Indonesia. Berbagai macam alasan menjadi pendukung supaya mempunyai mobil, seperti mempermudah untuk bepergian jauh, terhindar dari kepanasan dan kehujanan saat dalam perjalanan, dan juga dapat membantu untuk menjalankan usaha dalam bidang apapun.

Akan tetapi sebelum memiliki mobil, sebaiknya kamu harus mempersiapkan berbagai macam hal. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum memiliki mobil.

1. Belajar mengendarai mobil atau menyewa jasa sopir pribadi

Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!unsplash.com/@jfeiber

Ingin punya mobil, tapi tidak bisa mengendarainya? Lantas untuk apa kamu membeli mobil. Maka dari itu, sebaiknya kamu belajar mengendarai mobil terlebih dahulu agar mobil yang kamu beli tidak sia-sia. 

Tapi jika kamu sudah sudah terlanjur membeli mobil, dan keluarga kamu juga tidak ada yang bisa mengendarainya, maka solusinya yang tepat adalah menyewa jasa seseorang yang bisa mengendarai mobil untuk menjadi sopir pribadi kamu. 

Memiliki sopir pribadi memang ada keuntungannya, yaitu kamu bisa santai dan tidak perlu repot-repot mengendarai mobil. Oleh karena itu, sebelum membeli mobil sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu untuk menyewa jasa sopir pribadi atau belajar mengendarai mobil.

2. Memiliki Surat Izin Mengemudi alias SIM A

Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!unsplash.com/@laugariglio

Sudah menjadi ketentuan umum, bagi siapa saja yang ingin mengendarai kendaraan diharuskan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A. Oleh karena itu, bagi yang sudah berencana membeli mobil, sebaiknya kamu memiliki SIM terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil. Dengan memiliki SIM, berarti menandakan kamu sudah paham akan peraturan lalu lintas dan layak mengendarai kendaraan bermotor. 

Jika kamu tidak memiliki SIM A, menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, maka kamu dapat dipidana paling lama 4 bulan dan denda paling banyak Rp1.000.000. 

Baca Juga: Jangan Tinggalkan 5 Jenis Barang Ini di Mobil, Bisa Berbahaya!

3. Tempat parkir mobil di rumah

Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!unsplash.com/@johnpaulsen

Buat kamu yang ingin membeli mobil apakah sudah mempersiapkan tempat parkir kendaraan di rumah? Kalau belum, sebaiknya siapkan dahulu tempat parkir mobil di rumah kamu.

Mobil tanpa tempat parkir sama saja seperti manusia tanpa rumah, oleh karena itu siapkan dahulu tempat parkir pribadi yang nantinya akan menjadi rumah bagi mobil kamu. Jangan sampai kamu parkir sembarangan tempat, karena akan mengganggu banyak orang.

Buat kamu yang tidak punya lahan luas untuk tempat parkir, kamu jangan bingung. Karena sekarang banyak ko tempat parkir untuk mobil yang disewakan.

4. Biaya perawatan mobil

Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!unsplash.com/@kpzhnv

Sebelum membeli mobil, kamu juga perlu siapkan segala macam biaya yang akan dikeluarkan untuk merawat mobil kesayangan kamu. Dengan membeli mobil berarti kamu juga harus siap untuk merawatnya.

Biasanya perawatan mobil dilakukan satu bulan sekali. Maka dari itu, sebelum memiliki mobil, sebaiknya kamu juga harus persiapkan keuangan untuk memenuhi biaya perawatan mobil.

Memiliki mobil bagus tapi tidak terawat malah akan menyusahkan kamu di kemudian hari. oleh karena itu rawatlah mobil kamu sebagaimana mestinya.

5. Mempersiapkan asuransi mobil

Jangan Asal Beli Mobil Kalau Belum Siapin 5 Hal Ini!unsplash.com/@kellysikkema

Selain mempersiapkan biaya perawatan untuk mobil, kamu juga harus mempersiapkan asuransi untuk mobil yang kamu punya. Memiliki asuransi untuk mobil adalah hal yang paling penting buat para pemilik mobil.

Jika suatu ketika kamu mengalami masalah, misalnya seperti kehilangan mobil atau insiden yang tidak diinginkan terhadap mobil, kamu bisa mengklaimnya dengan asuransi yang kamu miliki.

Itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum memiliki mobil. Buat kamu yang berniat untuk membeli mobil, apa kamu sudah mempersiapkan hal tersebut?

Baca Juga: Mungil Tapi Lincah, 5 Mobil Hatchback dengan Harga di Bawah Rp50 Juta

Akbar Hendriana Putra Photo Writer Akbar Hendriana Putra

Sedang tahap belajar dalam segala hal.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya