Comscore Tracker

Mengintip Mobil Kepresidenan di Dunia, Ada yang Buatan Sendiri

Fitur keamanan seperti di film-film #IDNTechAutomotive

Menjabat sebagai seorang presiden pasti bakal dihadapkan oleh banyak urusan. Aktivitas sehari-hari yang super sibuk membutuhkan kendaraan yang mampu mendukung mobilitas seorang pemimpin negara.

Beberapa negara secara spesifik menyiapkan dan memproduksi mobil khusus untuk presidennya. Fitur yang ada di mobil presiden tentu berbeda dengan mobil biasa yang digunakan oleh masyarakat.

Fitur keamanan sangat diperhatikan untuk mobil yang digunakan oleh presiden, mulai dari kaca anti peluru, alat keselamatan di dalamnya, ban dengan teknologi canggih, dan lain sebagainya.

Setiap negara tentu memiliki kendaraan presiden dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. Berikut ini ulasan 5 mobil kepresidenan di dunia yang mungkin belum banyak diketahui!

1. Mercedes Benz Landaulet 600 

Mengintip Mobil Kepresidenan di Dunia, Ada yang Buatan Sendiripotret Mercedes-Benz 600 (dok. youtube.com/OldBenz)

Mobil ini adalah kendaraan yang digunakan oleh Presiden Korea Utara, Kim Jong Un. Presiden Kim Jong Un tetap setia menggunakan mobil yang merupakan warisan ayah dan kakeknya ini.

Mercedes Benz diproduksi mulai tahun 1963 hingga 1981 dan hanya ada 59 unit di dunia untuk model Landaulet. Mersi Landaulet termasuk dalam jenis ultra luxury car yang dibekali mesin 6300cc V8 berkode M100. Perlu diingat, mobil ini adalah mobil klasik dengan tenaga hanya 250HP. 

Dulunya, Landaulet dibaderol dengan harga 41,6 ribu dollar. Namun, ada juga orang yang pernah menawarkan mobil ini seharga Rp51 miliar.

2. Bentley State Limousine 

Mengintip Mobil Kepresidenan di Dunia, Ada yang Buatan Sendiripotret Bentley State Limousine (dok. youtube.com/Motor1com Indonesia)

Siapa yang gak kenal Ratu Elizabeth? Ya, mobil Bentley ini merupakaan kendaraan dari Ratu Inggris tersebut.

Pabrikan Bentley memang telah dipercaya untuk memproduksi mobil-mobil kepresidenan sejak dulu. Bentley State Limousine yang digunakan oleh Ratu Elizabeth ini dibuat pada tahun 2002 dengan mesin 6750 CV twin turbo. Mobil ini menghasilkan tenaga 400HP dengan torsi 835Nm. 

Soal kecepatan, mobil ini tergolong pelan. Tapi, siapa juga yang mau mengajak ngebut pemimpin negara? Harganya mobil ini ditaksir mencapai Rp202 miliar lengkap dengan fitur dan sistem keamanannya.

Baca Juga: Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesia

3. Hongqi L5 Limosin  

Mengintip Mobil Kepresidenan di Dunia, Ada yang Buatan Sendiripotret mobil Stanced Hongqi L5 (dok. youtube.com/MadMotor Channel)

Xie Jinping merupakan presiden China yang terkenal cinta tanah air. Bagaimana tidak, mobil dinas yang ia gunakan merupakan produk asli buatan anak negeri.

Pertama kali diperkenalkan tahun 2013 di Shanghai Motor Show, mobil ini menjadi mobil produksi China paling mahal yang pernah dipasarkan denga harga berkisar di angka Rp11 miliar.

Mesin yang dipakai adalah 4000cc twin turbo dengan transmisi 8 pecepatan otomatis. Sayangnya, mobil ini hanya bisa dibeli di China saja.

4. The Beast 2.0 

Mengintip Mobil Kepresidenan di Dunia, Ada yang Buatan Sendiripotret The Beast (dok. youtube.com/GTBOARD.com)

Meskipun sudah tak lagi menjabat sebagai seorang presiden, namun Donald Trump masih nyaman menggunakan mobil kepresidenan Amerika Serikat, The Beast 2.0.

The Beast dilengkapi dengan kaca anti peluru setebal 5 inci, tahan granat, tahan peluncur roket, dan juga tahan serangan kimia. Lebih unik lagi, di dalam mobil ini menyimpan dua kantong darah dengan golongan darah yang disesuaikan dengan milik presiden.

Ditenagai oleh mesin hybrid berkapasitas 6.600cc yang menyemburkan tenaga 857HP dengan berat tak kalah besar yaitu 9,5 ton, harga mobil ini dtaksir mencapai Rp21 miliar.

5. Aurus Senat 

Mengintip Mobil Kepresidenan di Dunia, Ada yang Buatan SendiriAurus Senat (youtube.com/RoCars)

Sama seperti China, Rusia juga memproduksi mobil kepresidenannya sendiri. Aurus Senat menjadi limosin mewah yang hanya diproduksi secara terbatas.

Aurus merupakan mobil keluaran baru karena baru selesai diproduksi di tahun 2021 ini. Dibekali mesin twin turbo V8 4,4 L hybrid, tenaga yang dihasilkan oleh Aurus Senat ini sebesar 850HP dengan ditunjang motor listrik bertenaga 62HP.

Tenaga yang besar itu cukup untuk mengimbangi body mobil yang beratnya mencapai 6,5 ton. Walaupun lebih modern, harga Aurus Senat ternyata tidak semahal mobil kepresidenan lain dengan banderol harga sekitar Rp3,9 miliar.

Jika dilihat, mobil-mobil kepresidenan memang tidak terlalu mementingkan unsur kecepatan. Fitur keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas produsen mobil presiden. Kira-kira, mana yang paling bagus menurut kalian, guys?

Baca Juga: 5 Pilihan Mobil Bekas Terbaik, Cocok Buat Jadi Mobil Pertamamu! 

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya