Comscore Tracker

Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesia

Dari Suzuki Truntung hingga Mitsubishi L300

Jakarta, IDN Times - Desain mobil-mobil pikap (pick up) memang kurang greget, tapi jangan pernah meragukan ketangguhannya. Yup, mobil pikap adalah mobil pekerja keras. Mereka biasa mengangkut batu, pasir, hingga sayuran.

Bahkan banyak dari mobil pikap yang harus bolak-balik antarkota dengan muatan penuh. Dan hebatnya lagi, usia mobil jenis ini relatif panjang. Lihat saja mobil-mobil toko bangunan. Meski tiap hari membawa beban berat, meski bodinya sudah babak belur, tapi mesin dan kaki-kakinya masih jos.  

Nah, berikut mobil-mobil pikap yang melegenda di Indonesia.

1. Suzuki Carry

Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesiaolx.co.id

Siapa yang tak kenal Suzuki Carry? Mobil racikan PT Indomobil Suzuki Sales ini sudah mengaspal di tanah air sejak 1977. Pertama kali hadir di Indonesia, mobil ini langsung menjadi idola para juragan. 

Suzuki Carry yang pertama hadir di negeri ini memiliki kode bodi ST20. Suzuki pernah menyematkan mesin 2 tak 3 silinder berkapasitas 550 cc ke mobil ini. Saat itu suara mesinnya terdengar "trungtung..tung...tung". Suara inilah yang membuat Suzuki Carry disebut dengan nama Suzuki Trungtung.

Tenaga maksimum yang dapat dikail oleh mesin mobil ini adalah 33 Hp pada 4.500 Rpm dan torsi sekitar 52 Nm pada 3.000 Rpm dikawal dengan transmisi manual 4 percepatan. 

Suzuki Carry ST20  hanya bisa menampung sekitar 650 Kg. Tenaga dan torsi mobil tersebut terasa pas, bahkan bagi beberapa orang mobil ini terasa cukup bertenaga.

2. Daihatsu Zebra Pick Up 1991

Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesiahargadaihatsu.com

Daihatsu zebra merupakan mobil lama tapi masih banyak digunakan hingga kini. Daihatsu Zebra Pick Up menggunakan mesin 1000 cc dan 1300 cc. Pada generasi pertama menggunakan mesin 3 silinder hingga sekitar tahun 1992. Generasi berikutnya menggunakan mesin 4 silinder dengan 16 katup. 

Daihatsu Zebra Pick Up lansiran 1991 merupakan mobil pikap lawas yang cukup laris manis di pasaran Indonesia. Selain memiliki spesifikasi mesin yang kuat, tampilan mobil ini juga cukup simpel.

3. Mitsubishi L300

Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesiamitsubishi-motors.co.id

Mitsubishi L300 hingga saat ini menjadi andalan para pengusaha dalam ragam bidang usaha, mulai dari angkutan penumpang hingga barang. Kendaraan pikup diesel ini hadir di Indonesia pada 1981. Awalnya tersedia hanya pilihan mesin bensin 1,4 liter, sementara pilihan mesin diesel 1,6 liter baru diperkenalkan pada 1984.

Sang lengenda ini hadir lewat satu pilihan sumber tenaga yakni mesin diesel 4D56 4-silinder SOHC 2,5 liter yang mempunya torsi 133,4 Nm pada 2.500 rpm dan disandingkan dengan transmisi manual 5-speed. Mitsubishi L300 kini menjadi satu-satunya andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di kelas kendaraan niaga ringan atau pickup.

Baca Juga: Bertahan Hampir Empat Dekade, Ini Kunci Sukses Mitsubishi Colt L300

4. Mitsubishi Colt T120SS

Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesiaolx.co.id

Mitsubishi Colt T120SS mulai diproduksi pada 1997. Jenis kendaraan ini memiliki sejumlah kelebihan, seperti performa mesin, keawetan, kapasitas angkut barang, kekuatan material body terutama pada bagian bak, hingga harga jualnya yang stabil banget.

Mobil pikap satu ini mampu mengangkut barang hingga 790 kilogram. Mesin Colt T120SS 1.5 MPI memakai mesin dengan tipe 4G15 yang menggunakan 4 silinder 12 valve, memiliki kapasitas silinder mesin 1500 cc atau lebih tepatnya 1468cc.

Baca Juga: Mengenal Mitsubishi Colt L300, Mobil Pikap Tahan Banting!

Baca Juga: Untung Rugi Mobil Double Cabin, Uji KIR Bikin Malas!  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya