Comscore Tracker

Kupas Tuntas 5 Mobil Diesel Paling Irit, Cocok buat Touring 

Tahun tua harga menggoda 

Mobil diesel memiliki mesin yang tangguh dan irit, ini membuat beberapa mobil diesel jadi primadona di Indonesia. Meski mobil diesel tak sebanyak mobil berbahan bakar bensin tapi mobil diesel tetap diminati.

Sekarang sudah banyak mobil yang menyediakan varian diesel seperti Innova, Pajero, Fortuner dan masih banyak lagi. Emisi dari mobil diesel zaman now lebih bisa ditolerasi daripada mobil-mobil zaman dulu yang asapnya seperti jenggot kebakaran.

Langsung aja, simak mobil diesel yang iritnya selangit!

1. Isuzu Panther Grand Royale 2.5 1996 

Kupas Tuntas 5 Mobil Diesel Paling Irit, Cocok buat Touring Isuzu Panther (youtube.comi/Meysha Official)

Terkenal dengan irit BBM menjadi nilai plus saat dibawa bepergian apalagi jarak jauh. Mesin yang tangguh melengkapi kesempurnaan mobil ini.  Dulunya mobil ini tidak murah tapi tetap saja banyak yang membeli karena memang Panther menarik untuk dimiliki.

Pada tahun 1996, Panther mengeluarkan generasi kedua dengan mesin yang berbeda. Mesin yang digendong berkode 4JA1 dengan kapasitas 2500cc OHV indirect injection. Tenaga maksimal 86HP. Bodi kotaknya memang tidak terlihat aerodinamis tapi ini menjadi ciri khas dari Panther. Untuk sekarang, bentuk Panther kotak terkesan kaku tapi tidak untuk Panther kapsul.

AC dingin kaya pegunungan Himalaya, kabin luas dan mesin handal. Mampu mengangkut 9-10 orang umumnya tapi bisa lebih jika dipaksakan karena jok belakang yang tidak menghadap ke depan memungkinkan mobil untuk bawa penumpang lebih. Cocok untuk mengantar ibu-ibu pengajian.

Kekurangan Panther ada pada fitur keselamatan yang minim, limbung di kecepatan tinggi, interior sangat sederhana, emisi terlalu berlebihan. Hati-hati saat di belakang mobil Panther. Harga mobil Rp40 jutaan dengan pajak Rp800 ribu.

2. Isuzu Panther HI-Grade 2300cc 

Kupas Tuntas 5 Mobil Diesel Paling Irit, Cocok buat Touring Isuzu Panther (dok.pribadi/Albert Hermawan)

Ini adalah anak terakhir dari generasi pertama Isuzu Panther di Indonesia. Hi-Grade menjadi tipe tertinggi untuk kelas mobil Panther. Mobil ini dikenalkan pada tahun 91 sehingga desain juga masih ikut pada zamannya yaitu kotak kaku. Mesin 4 silinder 8 katup indirect injection 2300cc.Tenaga maksimal 58HP dengan torsi 182Nm. Mobil ini berpenggerak roda belakang, masih mungkin buat nge-drift tapi ya ngeri-ngeri sedap.

Fitur apa adanya seperti AC single blower, power steering dengan kursi belakang saling berhadapan kayak angkot. BBM dalam kota, satu liternya mencapai 12 km sedangkan luar kota mencapai 17 km. Harga kendaraan dijual kisaran harga Rp45 juta dengan pajak super murah Rp700 ribu seharga HP seken.

Baca Juga: 3 Alasan Pesona Mobil Diesel Gak Pernah Memudar

3. KIA Carnival diesel 2000 

Kupas Tuntas 5 Mobil Diesel Paling Irit, Cocok buat Touring Kia Carnival (youtube.comi/B Channel)

Kali ini kita bahas mobil yang lebih muda biar gak boring. Kia mengeluarkan mobil bernama Canival yang dilengkapi mesin diesel. Mobil ini mengusung mesin berkode J3 SOHC dan sudah turbo intercoler. Tenaga maksimal 126HP ditambah torsi yang besar 338Nm. Menggunakan penggerak roda belakang.

Mobil ini dibanjiri fitur seperti sunroof, captain seat serasa mobil bos, electic mirror, selebihnya fitur standar MPV zamannya. Kelebihan mobil, kabin luas kayak lapangan, suspensi empuk, BBM irit, stabil di kecepatan tinggi, AC dingin.

Hati-hati, Carnival merupakan mobil manja sehingga akan rewel jika tidak dirawat dengan telaten. Cari spare part-nya susah dan tidak semua bengkel bisa perbaiki itu mobil. Konsumsi BBM 1 liter bisa mencapai 8 km dan 12 km untuk pemakaian luar kota. Sebenarnya tidak begitu irit tapi jika dibandingkan dengan versi bensin ya masih irit ini bos.

Harga mobil ini dibanderol Rp45 jutaan, pajak sekitar Rp2 jutaan.

4. Kuda GLS 2500cc 1999 

Kupas Tuntas 5 Mobil Diesel Paling Irit, Cocok buat Touring Mitsubishi Kuda (youtube.comi/Motomobi)

Beralih ke hewan yang suka nongkrong di pasar, ada Mitsubishi Kuda yang sudah tidak bereproduksi, mungkin mandul kali ya. Mobil ini dulunya saingan Kijang, Panther, dan MPV di kelasnya. Tapi sekarang sudah K.O dan tidak ada penerus.

Membawa mesin berkode 4D56 SOHC 4 silinder 14 katup indirect injection. Tenaga maksimal 73HP dengan torsi  153Nm, transmisi manual 5-speed berpenggerak roda belakang. 

Konsumsi BBM dalam kota mencapai 8 km sedangkan luar kota mencapai 12 km. Harganya sekitar Rp30 jutaan dengan pajak Rp1 jutaan.

5. Panther Miyabi 2.3 1994 

Kupas Tuntas 5 Mobil Diesel Paling Irit, Cocok buat Touring Panther Miyabi 2.3 (youtube.comi/Medo Ahmed)

Mobil ini punya dua sebutan yaitu Miyabi dan Samurai. Miyabi didesain dengan bentuk SUV seperti Escudo. Plat mobil lebih tebal dengan sasis lebih pendek karena dibuat oleh karoseri lokal. Ban yang besar membuat bearing jadi sepat rusak.

Bicara soal BBM, 1 liternya mencapai 12 km dalam kota dan luar kota 17 km. Harga kendaraan cuma Rp20-30 jutaan dengan pajak Rp600 ribuan.

Panther memang masih mendominasi sebagai mobil diesel yang recommended di tahun tua. Meski mobil di atas tidak lagi semuda kita, tapi tenaganya gak bisa diremehkan, tertarik membeli?

Baca Juga: Bukan Cuma Tahan Banjir, Ini 5 Kebandelan Isuzu Panther!

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya