Comscore Tracker

Mulai Rp40 Jutaan bisa Dapat Mobil Apa? Banyak Pilihan! 

Diskon pandemi bikin kantong hepi 

Uang Rp40 juta paling hanya bisa untuk DP mobil LCGC, itu masih nyicil tiap bulan. Itu artinya LCGC tidak semurah yang dibayangkan meskipun digadang-gadang sebagai mobil paling merakyat.

Menurut survei harga yang sudah dilakukan, hanya dengan budget rendah, kamu bisa dapat mobil yang cukup mewah. Lebih hebatnya lagi, kualitas mobil bisa di atas LCGC. Cocok buat milenial yang lagi cari mobil.

Buat orang yang budgetnya pas-pasan, pasti bakal antusias buat baca artikel ini. Makanya, simak lima mobil bekas dengan budget Rp40 jutaan!

1. Suzuki Swift 

Mulai Rp40 Jutaan bisa Dapat Mobil Apa? Banyak Pilihan! Suzuki Swift (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Swift pertama kali diluncurkan masih versi CBU kemudian hadir yang versi CKD. Dengan begitu, Swift bisa menekan harga lebih murah. Perubahan paling menonjol pada versi CKD ada pada fog lamp yang ditiadakan dan hilangnya SRS airbags.

Urusan dapur pacu, Swift memakai mesin 1499cc 4 silinder 16 katup DOHC. Kalau ngomongin fitur, mobil ini terbilang cukup lengkap. Sudah ada power window, electric mirror, AC dengan heater, central door lock, tilt steering, audio double din.

Kelebihannya mesin responsif, bentuk sporty ala Mini Cooper, irit BBM. Sedangkan untuk kelemahan dari Swift yakni suspensinya yang keras, kabin sempit, desain dasbor yang sederhana, fitur keselamatan dipangkas.

Bugdet yang dibutuhkan untuk menebus satu unit mobil ini sekitar Rp60 juta dengan pajak per tahun Rp1,3 juta. Daripada buat nyicil LCGC, mending beli yang ini tanpa mikir utang.

2. Honda Jazz 

Mulai Rp40 Jutaan bisa Dapat Mobil Apa? Banyak Pilihan! Honda Jazz (youtube.com/B Channel)

Mobil ini menjadi senjata untuk menambah ketampanan seseorang. Mobil yang pernah hits kala itu, sekarang sudah turun drastis. Meski harga turun, fitur masih sama belum ada yang berubah.

Pertama kali muncul di Indonesia tahu 2004. Di Eropa, Honda Jazz lebih dikenal sebagai Honda Vit. Jangan salah kira, ya, guys, Honda Jazz bukan LCGC. Oleh karena itu, fitur pasti lebih unggul dari mobil seukurannya seperti Brio, Agya, Ayla.

Memakai mesin 1500cc, sama persis dengan mesin yang dipakai Honda City. Ada dua versi yang bisa kamu pilih, kalau mau yang irit bisa pilih i-DSI atau jika pengin yang kencang bisa pilih VTEC.

Saat ini, Jazz ada di range harga Rp65 jutaan sedangkan pajak lumayan mahal sekitar Rp2,4 juta.

Baca Juga: Fakta Bursa Mobil Bekas, Mobil Keluarga Masih Jadi Idola

3. Daihatsu Sirion 

Mulai Rp40 Jutaan bisa Dapat Mobil Apa? Banyak Pilihan! Daihatsu Sirion (youtube.com/B Channel)

Selanjutnya kita bakal membahas mobil asal pabrikan Daihatsu. Sirion bukanlah mobil LCGC karena Sirion diimpor secara CBU dari Malaysia.

Kala itu, Sirion diciptakan untuk menjadi rival dari Suzuki Swift yang macho. Keduanya memakai bodi ala-ala Mini Cooper. Tenaga yang responsif menjadi keunggulan yang bisa dibanggakan. Sirion bisa dibeli dengan harga Rp65 jutaan, tahun masih muda, tenaga sangat perkasa.

4. Nissan March 

Mulai Rp40 Jutaan bisa Dapat Mobil Apa? Banyak Pilihan! Nissan March (youtube.com/Oto Driver)

Beralih ke merek Nissan, masih ada mobil ala-ala Mini Cooper. Pertama kali rilis, mobil ini berhasil mencuri perhatian masyarakat.

Tenaganya sendiri tidak besar-besar banget. Fitur sudah ada airbags, power window, posisi yang nyaman, bagasi luas, irit BBM.

Nissan March bisa dibeli dengan harga Rp60-Rp70 jutaan dengan pajak Rp2 jutaan.

5. Toyota Ist 

Mulai Rp40 Jutaan bisa Dapat Mobil Apa? Banyak Pilihan! Toyota Ist (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Pada zamannya, mobil ini tergolong mewah. Ist menjadi cikal bakal terciptanya Toyota Yaris. Mesin yang dipakai 1400cc, 4 silinder, 16 katup. Tenaga yang sanggup dikeluarkan sebesar 109 Hp dengan torsi maksimal 141 Nm. Sayangnya mobil ini hanya tersedia versi matic.

Fiturnya sudah ABS, power window di 4 pintu, punya peredaman kabin yang bagus, AC sudah auto climate, dual SRS airbags. Harga mobil sekitar Rp40 jutaan dan pajaknya Rp1,8 juta.

Nah, ternyata banyak juga pilihan mobil berkualitas dengan harga yang pas. Rasa nyaman, dompet juga tetap aman. Membeli mobil tidak harus mahal yang penting kita tidak pusing cicil.

Hanya mulai Rp40 juta sudah bisa dapat mobil secara cash, yuk mulai nabung biar bisa kebeli.

Baca Juga: 5 Pilihan Mobil Bekas Terbaik, Cocok Buat Jadi Mobil Pertamamu! 

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya