Comscore Tracker

Bursa Mobil Bekas Bergeliat, Mobil Tua Lebih Laris

Tren MPV sejak beberapa tahun terakhir

Jakarta, IDN Times - Mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV) ternyata masih menjadi primadona. Ini bisa dilihat dari catatan Carsome Insight 2020.

Dalam catatan Carsome, dari lima mobil bekas terlaris sepanjang 2020, tiga teratas adalah MPV, yakni Toyota Innova, Avanza, dan Daihatsu Xenia.

Dua mobil bekas terlaris berikutnya adalah Honda CR-V dan Honda Jazz. Jadi dari lima mobil terlaris sepanjagn 2020, tiga di antaranya adalah MPV.

1. Tren MPV sejak beberapa tahun terakhir

Bursa Mobil Bekas Bergeliat, Mobil Tua Lebih LarisGoogle Maps

MPV menjadi mobil bekas terlaris sepanjang 2020 tak mengejutkan. Sebab mobil jenis ini juga menempati peringkat teratas dalam penjualan mobil bekas sepanjang 2019.

Saat itu Toyota Avanza menjadi mobil terlaris, diikuti Toyota Innova, Honda Mobilio, dan Daihatsu Agya. Sehingga tren MPV sudah berlangsung sejak bertahun lalu.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Bekas Paling Populer Sepanjang 2020  

2. Mobil tua lebih laris

Bursa Mobil Bekas Bergeliat, Mobil Tua Lebih LarisGoogle Maps

Uniknya, Carsome mencatat penjualan mobil bekas berusia 6-8 tahun yang lebih laku terjual sepanjang 2020. Padahal pada 2019 mobil bekas terlaris adalah mobil berusia 2-5 tahun.

Carsome juga mencatat penjualan mobil bekas yang populer masih didominasi mobil-mobil bikinan pabrikan Jepang, seperti Toyota, Honda dan Daihatsu, dan Suzuki.

3. Tren penjualan mobil bekas diprediksi meningkat

Bursa Mobil Bekas Bergeliat, Mobil Tua Lebih LarisIlustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Carsome juga memprediksi penjualan mobil bekas akan meningkat meski pemerintah telah menggulirkan kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Sebab relaksasi PPnBM akan memicu orang untuk membeli mobil baru. Dan biasanya sebelum membeli mobil baru, mereka akan menjual mobilnya terlebih dahulu.

“Carsome Consumer Survey menunjukkan jumlah orang Indonesia yang ingin menjual mobilnya di masa setelah PSBB ini meningkat sebesar 52 persen,” kata General Manager Carsome Indonesia Delly Nugraha.

Baca Juga: Tren Mobil Bekas, Bos OLX Kasih Bocoran 5 Mobil Ini Bakal Laris! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya