Comscore Tracker

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? 

Penting diperhatikan sebelum membeli mobil 

Jalan-jalan bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Mobil yang paling cocok digunakan adalah MPV. Mobil ini identik dengan bodi yang besar. MPV merupakan singkatan dari Multi-Purpose Vehicle yang artinya mobil dengan banyak tujuan. Oleh karena itu, MPV bisa dijadikan mobil keluarga maupun niaga.

Faktanya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli MPV, tujuannya agar bisa mendapatkan mobil terbaik untuk keluarga. Jangan sampai ketika sudah beli lalu menyesal.

Untungnya, kami memiliki beberapa tips buat referensi dalam memilih mobil MPV. Duduk di kursi makan di meja, simak tips memilih mobil keluarga!

1. Kabin lega biar keluarga bahagia 

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? Mercedes V-Class (youtube.com/LugNutz Auto Junkie)

Ini sudah kebutuhan dasar sebagai mobil keluarga, karena mobil ini akan membawa banyak penumpang jadi butuh banyak space buat duduk. Semakin lega mobil, maka tidak perlu khawatir saat bepergian jauh karena bisa duduk dengan nyaman menikmati perjalanan.

Captain seat pada baris kedua bisa menambah kenyamanan dan terlihat mewah. Baris ketiga juga perlu diperhatikan, headroom dan legroom harus lega sehingga semua penumpang bisa menikmati kenyamanan yang sama. Bagasi menjadi hal yang krusial ketika bepergian. Maka dari itu, bagasi yang lega tentu menjadi nilai plus.

2. Kepraktisan 

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? Kursi Mercedes V-Class (youtube.com/LugNutz Auto Junkie)

Saat naik mobil, biasanya kita butuh tempat penyimpanan seperti cup holder dan laci. Ini penting untuk meletakan tumbler, mainan anak, dompet, smartphone. Yang perlu diperhatikan lagi, ruang penyimpanan harus tersebar hingga jok ketiga agar fasilitas bisa dirasakan untuk semua penumpang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil MPV di Bawah Rp50 Jutaan, Kuat Dibawa Jalan Jauh

3. Safety 

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? Toyota Innova (youtube.com/Oto Driver)

Mau mobil yang paling lega dan praktis, tetap saja tidak boleh mengabaikan soal keamanan. Keamanan adalah sesuatu yang tidak bisa di nomer duakan. Setidaknya, mobil sudah dilengkapi airbag, semakin banyak semakin aman.

Electronic stability control mampu meminimalisir terjadinya selip saat menikung di jalan licin. Tidak hanya keselamatan orang dewasa, keselamatan anak juga perlu diperhatikan apalagi yang suka pakai child seat.

4. Fitur 

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? WULING ALMAZ (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Fasilitas menjadi nilai tambah bagi tiap mobil. Semakin banyak fitur akan memanjakan penumpang. Mulai dari buka pintu sampai menyalakan mesin dan berkendara, fitur-fitur itulah yang akan menemani perjalanan.

So, pastikan fitur mumpuni sesuai yang kamu butuhkan. Contohnya sunroof yang bisa dinikmati semua penumpang, kursi elektrik memudahkan mengatur kursi, AC double blower yang memastikan suhu adem sampai ke baris belakang.

5. Untuk keluarga butuh performa

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? Mesin Toyota Innova (youtube.com/Oto Driver)

Membawa keluarga perlu mesin yang bertenaga. Jangan sampai tidak kuat nanjak dan gagal liburan. Pilih mesin yang terbaik sesuai kebutuhanmu. Handling yang nyaman, transmisi halus juga perlu diperhatikan. Mesin dengan tambahan turbo akan lebih bertenaga. Sebisa mungkin memilih mobil yang hemat BBM, apalagi jika dipakai sehari-hari.

6. Harga dan perawatan berkala 

6 Tips Memilih MPV untuk Keluarga Tercinta, Seperti Apa? Wuling Confero (youtube.com/Kendara)

Harga akan menentukan apakah mobil akan dibeli atau tidak. Jika kemahalan tentu konsumen akan berpaling ke mobil lain. Semakin murah dan fitur lengkap membuat mobil memiliki value for money yang bagus.

Tidak hanya harga, biaya perawatan, suku cadang, sparepart juga perlu diperhatikan. Satu hal yang perlu kita sadari, mobil akan butuh perawatan dan akan mengalami kerusakan seiring bertambahnya umur, jadi memastikan biaya perawatan murah akan meringankan beban di kemudian hari.

 

Kesimpulannya, kita butuh kabin yang lega, bagasi luas, harga mobil yang murah, fitur yang lengkap, keamanan yang mumpuni, mesin yang handal siap dibawa kemana-mana. Itu merupakan kebutuhan dasar bagi mobil keluarga. Mungkin masih ada lagi yang dibutuhkan dan bisa berbeda tiap-tiap orang.

Memang tidak semua mobil mampu menjawab semua kebutuhan kita. Pasti ada saja kekurangannya, bahkan mobil mewah sekalipun. Di sini keahlian kamu dalam mencari mobil benar-benar diuji. Menonton review akan sangat membantu. Semoga membantu, cheers!

Baca Juga: Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? 

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya