Comscore Tracker

Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? 

Mobil diesel kini lebih canggih dan nyaman

Jakarta, IDN Times - Sempat diprediksi bakal kehilangan peminat, mobil-mobil bermesin diesel kini justru semakin memikat. Buktinya pabrikan mobil terus melahirkan mobil-mobil diesel dengan fitur terbaru dan terkini.

Bahkan mobil-mobil diesel tak hanya diadopsi mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) tapi juga mobil keluarga multi purpose vehicle (MPV). Nah, berikut mobil-mobil diesel SUV dan MPV yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin membeli di akhir tahun atau awal tahun depan.

1. Toyota Kijang Innova/Fortuner

Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? toyota.astra.co.id

Selain versi bensin, Toyota juga mengeluarkan versi Kijang Innova dan Fortuner diesel 2,5 liter. Mengusung mesin mesin 2KD-FTV D4-D Common Rail, Innova dan Fortuner dikenal 'badak' alias tahan banting.

Selain itu turbocharger yang telah disematkan ke mesin diesel terbaru mereka juga membuat versi diesel ini lebih agresif, bahkan jika dibandingkan dengan versi bensinnya.

Satu lagi, meski menggendong mesin diesel, Kijang Innova dan Fortuner juga dikenal nyaman dan kedap.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Bersihkan Jok Mobil yang Berbahan Beludru

2. Isuzu MU-X

Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? ISUZU MU-X (IDN Times/Dwi Agustiar)

Sejatinya Isuzu MU-X ini masuk kategori SUV. Namun kenyamanan yang diusung mobil bermesin 2.500 cc ini membuatnya juga asik untuk membawa keluarga.

Seperti mobil-mobil diesel lain, Isuzu MU-X ini cukup tangguh melalui jalan-jalan terjal. Maklum, mesin 2.500 cc-nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 136 ps pada putaran 3.400 rpm. Dan nama Isuzu merupakan jaminan keawetan mesinnya. 

3. Chevrolet Captiva

Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? olx.co.id

Tak hanya pabrikan Jepang yang bermain di mesin diesel, tapi juga pabrikan Amerika seperti Chevrolet. Tampil dengan konsep SUV, Chaptiva mengusung mesin diesel 2.400 cc.

Tenaga mobil ini termasuk buas, yakni 171 ps pada putaran 6.400 rpm dan torsinya mencapai 225 nm pada putaran 4.00 rpm. Meski begitu, Captiva termasuk salah satu mobil yang tergolong irit, lho!

4. Suzuki Ertiga

Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? IDN Times/Yohanes Nugroho

Suzuki sempat membuat kejutan saat merilis Ertiga versi diesel. Diluncurkan pada 2017, Ertiga diesel ini mengusung mesin 1.300 cc. Seperti versi bensinnya, Ertiga diesel juga bermain di wilayah LMPV. 

Seharusnya ini menjadi pasar yang menggiurkan karena tidak banyak pabrikan yang mengeluarkan LMPV diesel. Hanya Chevrolet yang pernah menelurkan Spin bermesin diesel. Namun Suzuki sepertinya tak begitu serius menjual Ertiga diesel. 

5. Mitsubishi Pajero Sport

Mobil-mobil Diesel Semakin Menggiurkan, Pilih MPV atau SUV? Dok. IDN Times/Istimewa

Bagi pecinta otomotif, nama Pajero Sport tentu sudah tidak asing. Sebab mobil keluaran pabrikan Mitsubishi ini memang sudah melegenda.

Versi tertinggi mobil ini mengusung mesin 2.4 L 4N15 Mivec VGT yang mampu melontarkan tenaga hingga 181 HP !Tak mengejutkan jika Pajero Sport menjadi primadona.

Baca Juga: Ini 7 Mobil Terbaru yang Bakal Mejeng di GIIAS 2018

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya