TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Penyebab Kaca Mobil Berembun dan Cara Mengatasinya

Berkendara jadi lebih nyaman

ilustrasi kaca mobil berembun (Pxhere.com)

Jakarta, IDN Times -  Kaca mobil berembun dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Selain itu, hal ini berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu, kamu perlu tahu  penyebab kaca mobil berembun untuk meminimalisir ketidaknyamanan saat berkendara.

Untuk itu, simak penyebab kaca mobil berembun pada ulasan berikut. Ada pula tips menghilangkan embun di kaca mobil dengan mudah.

1. Perbedaan suhu

ilustrasi dashboard mobil (pexels.com/garvin st. villier)

Penyebab kaca mobil berembun yang sering muncul ialah perbedaan suhu pada kabin dan luar mobil. Biasanya, kabin mobil mempunyai tingkat kelembapan tinggi, karena partikel air yang bercampur dengan AC. Nah, hal inilah yang membuat kaca mobil berembun.

Baca Juga: Kenali Tiga Jenis Kaca Spion Mobil dan Fungsinya

2. Hanya menyalakan blower AC

ilustrasi AC mobil (pexels.com/minhle17vn)

Fungsi blower AC ialah menghisap udara lalu mengeluarkannya ke kabin mobil. Nah, saat blower AC menyala, kaca mobil bisa berembun, karena suhunya cukup lembap.

3. AC mobil terlalu dingin

ilustrasi dashboard mobil (pexels.com/riccardo)

AC mobil yang terlalu dingin juga bisa membuat kaca mobil berembun, lho! Ini akan makin parah, apabila AC diarahkan tepat ke jendela mobil. Terlebih jika kamu menyalakan AC dengan kaca mobil tertutup, terutama saat hujan.

4. AC mobil bermasalah

ilustrasi mengendarai mobil (unsplash.com/Luigi Manga)

Bila kamu sudah menghindari aktivitas di atas, tapi kaca berembun tetap ada, besar kemungkinan komponen AC mobilmu rusak. Untuk itu, sebaiknya hindari parkir di lahan yang terkena sinar matahari langsung, ya. 

Baca Juga: Cara Mencegah Kaca Mobil Berembun saat Hujan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya